Pho Bo, Mie Kuah Sapi Vietnam

Jadi waktu mau bikin tom yam kemarin itu kan saya beli daun ketumbar seiket, sisanya banyak banget itupun udah dicemplung-cemplungin ke masakan-masakan kuah maupun nasi goreng atau taburan di bakso. Trus mitha ngetwit suruh cobain bikin pho bo (pho= mie, dalam bahasa vietnam), ah iya bener juga pernah coba ini suatu waktu tapi lupa di mana, cencunya blog mitha jadi referensi dong, jaminan mutu, dan kalo Asian food, bahan-bahannya pasti gak sulit.

Tapi ternyata ada aja yang ketinggalan, bunga lawang alias pekak alias star anise lupa dibeli, mana ga ada di warung atau tukang sayur pula. Padahal itu semacam kunci rasa, gak lucu banget kalo diskip. Tapi dimana ada kemauan, disitu ada kemudahan..haha. Iya mudah karena ada Asian Home Gourmet "Vietnamese Pho"

Err, sebenernya si bumbu instan ini disusupkan waktu beli bahan-bahan, barangkali frustrasi masakan gagal ada pelipur laranya gitu, at the last resort *ya emang ga niat masak sendiri juga kali, rel* 

Resep aslinya sih pake kwetiau atau mie thailand, atau udon juga kayanya enak. Tapi biar Arraf bisa ikutan makan akhirnya saya pake misoa aja buat mie-nya. Contek sana, contek sini, jadilah si pho bo hangat teman makan malam di musim hujan.

Resep Pho Bo, Mie Kuah Vietnam

Bahan (untuk 2 porsi) :
250gr daging sapi, rebus dengan 1 liter air, pisahkan kaldunya. Bagusnya sih pake tulang iga sapi buat ngaldu, tapi kalo gak ada air rebusan dagingnya juga ok. Biar daging cepet empuk, setelah diblanch saya iris-iris daging seukuran daging sukiyaki. 
Kwetiau/mie thailand/misoa sebungkus, direbus hingga matang, tiriskan
100gr toge, rebus sebentar 

Bumbu untuk kaldu :

1 sendok teh ketumbar
8 butir cengkeh
2 buah pekak/kembang lawang
Garam dan merica secukupnya
2 potong kayu manis
1/2 sendok teh jinten 2 ruas jahe, iris tipis
6 butir bawang merah, iris kasar 1 buah bawang bombay, belah 4
daun bawang dan seledri

Atau, semua itu bisa digantikan oleh bumbu instan pho :D

Cara membuat : 
1. Cara instan : 
- Rebus kembali kaldu dengan bumbu, tambahkan rempah-rempah, kecap ikan, daun bawang/daun ketumbar hingga aromanya sedap
- Tata mie, toge dan daging di dalam mangkuk, tuang kuah yang mendidih di atasnya. Tabur seledri/daun ketumbar dan jeruk nipis. 

2. Cara non-instan
- Sangrai ketumbar, cengkeh, pekak, kayu manis dan jinten sampai kecoklatan. 
- Rebus air, tulang iga/daging, bumbu sangrai, jahe, bawang merah dan bawang bombay hingga air mendidih, kecilkan api, beri garam-merica lalu teruskan merebus sampai dagingnya empuk
- Ambil daging, iris-iris. 
- Rebus kembali kuah, tambahkan daun bawang/daun ketumbar, kecap ikan. 
- Tata irisan daging, mie dan toge di dalam mangkuk, siram dengan kuah kaldu panas.

Cara non-instan memang lebih banyak langkahnya, tapi mudah aja kok dan pastinya bisa dibikin lebih enak. Simply yet delicious :)
Next Post Previous Post
2 Comments
  • AstyNNS
    AstyNNS 23 Februari 2013 pukul 19.11

    Emang pas hujan2 makan yg kuah2 panas, maknyosss...btw kalo aku mak msh ada kelebihan daun ketumbar gitu, aku biarkan dia layu dan akhirnya dibuang. See, bedanya emak2 rajin dgn yg amatir dan pemalas ;)

    • Rella Sha
      Rella Sha 24 Februari 2013 pukul 14.58

      itu tuh aku kalo daun bawang suka gitu, layu di kulkas -__-" daun ketumbar abis sayang susah nyarinya jadi dipetikin ampe pucuk hehe

Add Comment
comment url