Pages

Random Holiday

Beberapa waktu ke depan, main-main ke Malang bukan lagi dianggap traveling, tapi pulang ke rumah. Karena di sanalah rumah kami berada, tempat kita menjalani hidup sebagai keluarga utuh, orang tua dan anak. Perjalanan ke Malang kali ini cukup seru, karena mutusin buat pergi pake kereta Malabar barengan sama @ikarahmavioleta dan Piyo yang juga mau mudik ke Kediri. Travel playdate ceritanya, buat Ika ini udah biasa..buat saya dan Arraf, ini kali pertama kita naik kereta jarak jauh. Kenapa berani? selain karena akhir tahun tiket pesawat udah menggila, kita juga kan liburan lama, gak diburu-buru harus nyampe, also rail trip might be fun..lagian ini kereta malam, Arraf udah punya jadwal tidur pasti jadi sebagian besar waktu bakal dihabiskan sama tidur, trus berangkat juga sama sesama ibu-ibu, bisa minta ajarin suhu Ika buat persiapan perlengkapan di jalan dan kondisi-kondisi yang mungkin dapat memicu crankyness dan cara mengatasinya. Berpegang pada mantra sakti para mobile mama: kalo kitanya santai, anak juga santai...rempong akan mengarah pada kesulitan, sedangkan santai akan memudahkan segalanya :D

Malabar eksekutif emang gak terlalu bagus dibanding kereta Argo Willis yang biasa Ika tumpangi kalo dia mudik. AC nya gak terlalu dingin dan kursinya juga kaya udah lama, tapi lumayan dikasih bantal sama selimut trus space kursinya juga lega, bisa naro-naro barang di bawah kaki, bisa duduk di bawah dan bisa di-recline. 

Berangkat dari Stasiun Bandung jam 3.30 sore, ibu-ibunya makan nasi bakar Cimandiri sementara anak-anaknya ikutan mangap...beres makan, keluarin berbagai macam cemilan, ada cookies, jeruk, cornflakes, pizza mini, roti, apel, semua deh dicobain satu-satu, pake selingan nenen trus makan lagi, loncat-loncat, saling nyuapin, saling rebut makanan masing-masing, hahaha kelakuan bocah emang menggemaskan. Sampe akhirnya jam 8an udah mulai ngantuk, Vio udah nenen beberapa kali dan mulai nyerah di pangkuan emaknya. Arraf masih terang benderang aja doong, dia masih acak-acakin sedotan, turun naik kursi dan pengennya berdiri di alley *duh, nak... Tapi akhirnya jam setengah 10an dia ketiduran sambil nenen setelah bosen ngawur-ngawur sedotan sebungkus di lantai. 

Jam 12 kebangun, udah sampe Jogja...trus tidur lagi. Jam 4 bangun lagi karena kedengeran hiruk pikuk penumpang lain yang buka pintu gerbong, surprisingly, udah nyampe Kediri. Wew...waktunya Ika dan Vio turun dengan mata yang masih terkantuk-kantuk. Arraf juga kebangun, melongo dadah-dadah sama Vio habis itu dia agak merengek sekitar setengah jam-an, ealah..ternyata dia masih ngantuk, terbukti tidur lagi sampe mau turun di stasiun Malang jam setengah 8.

*kali ini tidurnya direbahin di kursi, pake selimut dan bantal*
Dijemput ayah di stasiun, langsung meluncur pulang ke rumah buat istirahat. Ihiii, rumah ini udah 2 minggu ditempatin sama ayah jadi lumayan udah beres beberapa barang-barangnya. Trus mulai hari itu sampe beberapa hari kemudian, aktivitas kita yah seperti biasa aja kalo bertiga..banyakan kruntelannya. Pengen sih eksplor dapur, berkebun, dekor rumah, bikin ini itu apalah, tapi apadaya rumahnya belum selesei hehe halaman masih banyak batu-batu sisa renovasi, dapurpun masih ala kadarnya, cuma ada satu meja buat kompor dan space sedikit buat ngolah dan naro bumbu-bumbu.

Akhir tahun menuju awal tahun Malang mendung setiap hari, cenderung hujan malah..cucian gak kering-kering  padahal udah 2 hari dijemur. Makanya nggak banyak juga pergi-pergian, selain hujan juga banyak yang mesti diurus di rumah, lapor sama pak RT, kenalan sama tetangga, ngukur lay out rumah, coret-coret gambar, dsb. Satu hal yang saya inget pesan dari bu RT, "enak kan kalo sudah bisa ngumpul, kalo dua dapur malah lebih berat..keliatannya aja gaji dobel padahal habis di jalan...kalo sudah ngumpul pasti ada rezekinya" ih bener banget, buuu...semoga ya, Amiin. 

Sore menjelang tahun baru kita jalan-jalan keliling kota, liat aktivitas kota Malang merayakan Tahun Baru. Beberapa alun-alun punya acara sendiri-sendiri, rame juga sih...malah pinggir kota udah macet abeeys, tapi entah sejak kapan gak tertarik ikutan acara-acara tahun baruan, mending di rumah aja, apalagi udah ada keluarga. Ini di jalan belakang rumah juga ngadain acara tahun baruan seRT, diundang sih..tapi maluuuu hihihi, malu sebagaimana orang baru, juga males keluar rumah...sebagai kesopanan warga baru, habis Isya ayah sama Arraf aja mampir kesitu sebentar buat setor muka, trus ga lama balik lagi ke rumah nonton tv.  

Di Malang udah pasti saya jajal kuliner, tapi enggak membabi-buta sih, nanti lagi juga bisa, yang udah pasti dicobain bakso bakar dan iga bakar, must try in town. Sempet mampir juga ke Bu Kris di Jalan Citarum, woo..ternyata Bu Kris di sini tempatnya gede, parkiran luas dan area makannya juga kaya gazebo besar diisi meja-kursi dan dikelilingi hiasan batu-batuan, kolam beserta ikan-ikannya, nggak ketauan tempat masaknya di mana karena gazebo kecil-kecil tempat nyiapin makanan rada tertutup, pokoknya begitu dateng, mas-masnya langsung nyamperin dan kembali datang bawa pesanan makanan. Arraf diicip-icipin cingcau, ih dia doyan..habis segelas cingcaunya doang, seger kali yah.



Weekend juga kita jalan-jalan ke Jatim Park 2, ke Batu Secret Zoo..puas banget! Niat  melarikan diri dari penatnya Bandung saat liburan panjang, eh ke Malang juga sama..berasa keluar mulut macan masuk mulut singa deh. Macetnya gila-gilaan, ditambah hujan, pegel pool duduk di atas motor, si bocah udah beberapa kali tidur-bangun di jalan tapi gak tau ya, nelongsonya bertiga di perantauan itu masih lebih nyaman dibanding nelongso berdua aja sama anak di kampung halaman hihihi #LDRSucks ;p



Buat menghibur Arraf yang tertarik sama binatang, dibeliinlah burung kecil sama sangkarnya. Wah girang bukan main, langsung ketawa lebar sambil ngulurin tangan ngetrekin burung. Tiap pagi minta diturunin sangkarnya, ditongkrongin, diajak ngobrol, saking gemesnya sangkarnya digubrak-gubrak atau jarinya dimasukin ke sela-sela sangkar pengen megang si burung.



Kadang kalo malem juga pengen liat burung dulu, suka nangis kalo udahan, dibilang burungnya bobo dulu, malah nunjuk-nunjuk kamar minta burungnya dibawa. Oh big no no darling, mommy gak suka!

Hari Minggu kedatangan tamu dari jauh, si Ika..hahaha. Dia habis dari Secret Zoo juga, terus pulangnya mampir ke rumah, aduuh gak kepikiran bakal ada tamu jadi gak ada persiapan apa-apa di rumah hihi. Untung Ika bawain jeruk baby Pujon...ini jeruk seukuran baby jaffa, seger banget loh airnya banyak, orange dan maniiis. Arraf sekali minum satu biji, dan cepet banget habisnya. Harganya? 4rb saja sekilo...*kecup jeruk* 

Eh iya, ini juga Arraf tiap pagi baru coba sarapan pake cornflakes + susu UHT. Kalo dicampur sih dia mau aja, tapi pas dicobain susunya doang dilepeh, hhh...aneh deh. Yaa, gak maksain supaya mau UHT juga sih, toh bentar lagi juga full sama saya, cuman kok bisa beda aja gitu reaksinya susunya doang sama yang dicampur. 

Waktu baru nyampe sini Arraf susah pup, kasian banget udah ngeden hebat tapi yang keluar cuma sedikit, bulet-bulet, warnanya gelap. Tiap pup kesakitan sampe harus dibantu ngeluarinnya karena nyangkut gak keluar semua, sehari ada 3-4x pup. Selama itu dibanyakin minum air putih, makan pir, dan habis lahap makan cingcau di bu Kris itu, malemnya pupnya membaik..semakin hari warna dan teksturnya normal lagi, frekuensinya juga mulai teratur. Masa sih gara-gara cingcau?? 

Sayangnya, menjelang pulang Arraf malah kena cacar air...huhuhu. Nyesel banget deh gak memprioritaskan imunisasi anak dulu. Dulu kontrol 12m pas lagi diare jadi imunisasinya ditunda dan minggu depannya keburu berangkat jadi gak sempet kontrol lagi. Nyampe Bandung virusnya masih tumbuh, blisternya makin banyak. Huhuhu jadi ngerasa bersalah banget pulang liburan bawa anak sakit. Note to myself : segeralah mengimunisasi anak sesuai jadwalnya, kalo kecolongan sakit itu nyeselnya bukan main.   

4 comments:

  1. ehemmm.. jadi... kalo merencanakan liburan ke malang, ada akomodasi gratis nih nampaknyah... mwehehehhehe

    ReplyDelete
  2. mariii, nanti kalo kesini pangbawain saya peyeum sama hui cilembu nyaa...hehehe

    ReplyDelete
  3. yeee...situ juga alesannya ke Lawang jauh toh? :p

    pulang dari Batu udah malem, ntan..itu juga maksain pulang hujan-hujanan..

    ReplyDelete

 

Blog Template by BloggerCandy.com