MPASI 7 bulan


Bulan kedua MPASI, sebetulnya relatif mudah karena tinggal lanjutin menu sebelumnya ditambah bahan-bahan baru yang mau dikenalin. Kalo liat food chart di atas ; usia 6-7 bulan, meskipun masih terbatas pilihannya tapi bisa bikin varian menu yang banyak banget. Kuncinya trial and error aja sih, dan Alhamdulillah trial selalu sukses di Arraf, kalo saat 6 bulan fave nya jeruk dan pear. 7 bulan ini dia hobi banget makan grapefruit dan melon. 

Ini tambahan list dari menu sebelumnya saat 6 bulan

Buah 
1. Mangga
Excited ngasih makan Arraf mangga soalnya saya pun suka banget sama mangga waktu hamil. Mangga ini rich of vit A dan beta karoten, less alergenic tapi masih mungkin juga menyebabkan alergi sebagaimana tropical fruit lainnya. Mangga yang saya kasih mangga gedong gincu, sehubungan dengan teksturnya yang soft dan rasa yang relatif manis walaupun mahal. Cukup di potong-potong lalu saring, hasilnya lembut, pure, juicy. Arraf sukaaaaa.... 


2. Grapefruit 
Grapefruit ini dagingnya sama persis spt jeruk bali tapi ukurannya lebih kecil dari jeruk bali, lebih besar dari jeruk biasa. Mungkin jeruk bali versi bule kali ya. Pertama beli di Total tertarik aja sama kulitnya yang kuning-orange merona gitu trus sering denger grapefruit oh ternyata kaya begini, pas dibuka juga bulirnya besar-besar dan bersegmen-segmen kaya jeruk bali. Rasanya manis-kecut gitu, tapi Arraf sukaaa..awalnya dia meringis tapi selanjutnya lahap bener. Dimakan langsung sama bulirnya aja kaya jeruk bali, dikunyah, nanti pup nya ada ampasnya bulir jeruk, hihihi.  

3. Melon
Mohon izin saya agak lompat menu, menurut panduannya, melon baru bisa dikenalkan umur 8m, karena bisa menyebabkan 'rash' dikarenakan asam yang ada pada melon, tapi rash ini bukan alergi loh. Melon ini kaya vit A, vit C dan kalsium dan ampuh buat mengatasi sembelit. Ada macem-macem melon kaya cantaloupe, sky rock, japanese red, red sweet, dan melon golden. IMHO, yang paling manis itu melon golden, airnya juga lebih banyak. Pertama kali Arraf coba waktu akhir 7 bulan, makan melon red sweet..beneran rasanya maniiis banget dan lahapnya minta ampun sampe ngambek kalo telat dikasih. Melonnya cuma diserut aja, dulu sempet disaring sekali, selanjutnya gak disaring lagi dia udah bisa ngunyah pake gusi. Tapi kalo dikasih potongan melonnya saja, cuma kegigit bagian atasnya yang lebih lunak, sisanya dihisap-hisap aja cuma ninggalin bekas gigitan doang :p    

4. Peach 
Dulu saya kira peach baru bisa dikasih mulai 8m, ternyata udah bisa dari 6m, hwaa..telat tau padahal udah penasaran dari lama cuma kirain peach itu asam jadi pemberiannya ditunda dulu. Peach ini selain kaya vit A dan C, juga berserat tinggi jadi bagus buat melancarkan pencernaan (jadi, sudah ada pepaya, pear, melon dan peach ya buat senjata lawan sembelit). Daging peach itu lembut dan juicy, cocok banget emang buat bayi mulai 6 bulan karena dibikin puree hasilnya bener-bener melted. Arraf dikasih puree peach mulutnya gak berhenti-berhenti mangap, malah sendoknya dijilat-jilatin. Penyajian berikutnya dicampur sama oat, hwiii..tetep lahap makannya :* 

5. Tomat
Actually, saya rada ambil risiko ngenalin tomat umur 7m ini (kayanya dari atas udah kebanyakan ambil risiko deh). Kalo kata primbon sini, tomat punya risiko alergi begitu pula dengan tingkat keasamanya yang terlalu keras untuk immature tummy. Tapi, jika mau mengenalkan tomat lebih awal boleh-boleh saja dan biasanya dimulai umur 8m (tuh kan saya ngelangkahin guidance lagi). Siasati dengan tidak memberikan tomat mentah langsung untuk menghindari rash di area mulut karena gatal atau asam. Saya pilih tomat merah, belah jadi 4, buang bijinya lalu kukus. Ngukus tomat sebentar banget udah lembek dan berair, kulitnya pun ngelupas sendiri. Tinggal saring, beres...teksturnya udah mirip sambel Belibis, hehe. Tomat ini kandungan vit C nya besar banget loh, dan disarankan diberi bersamaan dengan iron rich food supaya penyerapan zat besinya bisa maksimal. 

Sayur
1. Pakcoy
What was in mind waktu saya pengen kenalin pakcoy ke bayi umur 7 bulan? Hehe, gak tau sih karena bingung aja mau kasih sayuran apa setelah gagal dengan brokoli dan buncis. Akhirnya mencoba dedaunan kaya pakcoy, ambil 3-4 batang, habis dicuci dan dibersihkan, lalu dikukus sampe layu, trus saring. Hasilnya memang akan lembek banget, serupa kaya puree. Dicampur ke mashed potato atau beras merah/putih. Tapi pernah coba campur sama pepaya, anaknya mau-mau aja tuh, hehe

2. Wortel
Generally, wortel, spt halnya brokoli baru dikenalkan di umur 8m, due to nitrate concentration. Tapi setelah baca-baca lagi soal nitrat, there's no risk being poisoned by nitrates becoz baby's tummy should be developed enough to handle 'normal' nitrate exposure, apalagi makanannya homemade, possibility-nya boleh dibilang 0%. Oke, i'll take it in moderation. Wortel kukus lalu puree dikenalin sebagai campuran mashed potato atau beras merah/putih (sebagaimana campuran sayur biasanya). Gak ada tanda-tanda alergi pada Arraf tapi juga gak ada tanda makan lahap, plain. 

3. Bayam
Bayam itu kaya banget kalsium, potassium dan fosfor, kaya mineral banget deh! Seperti halnya makanan bernitrat tinggi, bayam biasanya dikenalkan mulai umur 8m, tapi lagi-lagi alasan untuk membantu penyerapan zat besi, i take it in moderation. Penyajiannya sama persis dengan pakcoy. Oh ya, buat makanan yang mengandung nitrat spt wortel, brokoli dan bayam ini saya cuma mau masak 1x untuk sekali makan aja, gak pake disimpen-simpen karena salah-salah storing, level nitratnya makin tinggi yang malah bikin bahaya. Plus, kenalinnya 1x seminggu aja udah cukup. 

Grains 
1. Ubi madu cilembu
Yakin banget pasti Arraf suka sama ubi-ubian berhubung waktu hamil saya seneng sarapan sama ubi jalar merah kukus jadi pede dia pasti udah kenal citarasanya kaya gimana. Karena seringkali salah sangka ubi merah taunya dapet ubi putih atau yang dagingnya abu-abu, diputuskan untuk coba ubi cilembu aja yang udah pasti bentuk dan rasanya kaya gimana. Dikukus sampe empuk, trus disaring, hasilnya sama banget kaya mashed potato tapi ubi lebih juicy jadi  gak perlu campur cairan apa-apa lagi. Awal pengenalan puree ubi, lahap, selanjutnya campur apel, lahap juga, campur jeruk makin lahap. Dicoba lagi ubi cilembu panggang, hwaaa...habis setengahnya dimakan langsung. 

Protein
1. Daging giling
Banyak banget pertanyaan soal pemberian red meat buat mpasi, apakah dimulai setelah 8m atau di 6m. Silakan baca-baca dulu atau browsing ttg kebutuhan zat besi untuk anak yang mulai mpasi. Niwey, saya baru kasih daging ke Arraf mulai 7.5m, beli daging giling di spm dengan positif thinking tanpa asumsi dagingnya pake campuran ato lainnya, haduh udahlah mau giling sendiri juga gak bisa toh. Cara penyajiannya memang agak tricky, daging ini di-blanch terlebih dahulu (bisa godok atau siram air panas) airnya pasti jadi warna merah karena darah, please note bahwa air jadi merah artinya daging itu fresh kalo udah bening ya gak fresh lagi. Cuci terus sampe airnya gak merah lagi, baru setelah itu dikukus atau direbus. Saya milih kukus biar vitaminnya gak banyak kebuang. Selama ini baru coba campur sama mashed potato atau sup labu kuning. Selain itu dibuat kaldu, dagingnya direbus bareng wortel, daun salam, sereh, bawang putih, bawang bombay, bawang daun, seledri. Kaldunya bisa diambil, dagingnya bisa, wortelnya juga bisa ikut dibuat puree. Inget, tetap NO GULA GARAM ya!


0 comments:

Post a Comment

DailyRolla. Template images by klosfoto. Powered by Blogger.

© 2011 ♥ ..Our Daily Rolls.. ♥, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena