Random Post #123

Berhubung gak yakin bisa konsisten posting tiap bulan, cerita tentang kehamilan ketiga ini direkap aja dalam random post sekarang. Meski kurang terkonsep due to tight schedule sebagai ibu negara alias banyak cucian, tapi kalo dilewat kan sayang ya setidaknya ada sedikit dokumentasi buat third utun.

DSOG fave baru
Seperti yang pernah ditulis bahwa kita baru ngecek kandungan pas usianya udah 13w..berarti pertemuan saya dengan DSOG juga gak bakal lama-lama amat dong (mudah-mudahan gak ada pertemuan insidental karena kasus khusus).

Trus berdasarkan pengalaman yang Alhamdulillah lancar aja sebelumnya, saya balik kontrol ke Melati Husada, tapi sekarang nyoba ke dr.Maria Ulfa, SpOG. Pertimbangannya, dokter ini reputasinya juga sama baiknya sama dokter yang dulu, konon katanya beliau emang sengaja dikader sama dr. Nuke, dan dr.Nuke sendiri sekarang buka prakteknya di rumah, masih dengan no booking minimal 2 minggu sebelumnya. Bagi yang hamil ketiga mah yang penting dokternya enak lah karena (mungkin) kali ini saya nggak akan bawel karena awam tapi lebih karena kekurangan pengalaman yang sudah-sudah.  

Jadwal prakteknya juga siang, lebih efektif dan efisien kalo pergi kontrol bawa anak-anak ataupun harus sendirian. Ternyata iiihh yaaa....dr.Maria ini menyenangkan banget, komunikasinya lancar jayaa, saya bisa curhat lama tentang dua kehamilan sebelumnya, kasus-kasus yang dihadapi dan dia nanggapin semuanya dengan santai dan tenang. Termasuk juga membebaskan mau minum vitamin apa aja yang ada, karena menurut dia vitamin yang didapat secara alami sudah cukup, gak usah dilebih-lebihkan. Minum susu juga ya kalo suka silakan kalo engga, gapapa. Dia menaruh perhatian atas beberapa kekhawatiran saya, termasuk ada riwayat UDT, tapi juga menenangkan bahwa selama dalam pantauan semua akan baik-baik aja. Trus berulangkali dia meyakinkan saya meskipun ini kehamilan ketiga dengan jarak hanya 2tahun-2tahun, everything is fine, tetap bisa melahirkan normal dan tidak ada kendala yang serius atas keluhan-keluhan selama ini selain kecapean aja.  

So, this is her. Udah gak mesti ganti-ganti dokter lagi deh kalo gitu...

Another him.
Anak-anak saya kebetulan gak pernah malu-malu nunjukkin gendernya, hihi...selalu ketahuan dari usia 4 bulanan dan gak berubah sampe lahir. Yang ini juga di 18w udah mamerin 'monas'nya meskipun baru setitik, baru pas 22w keliatan lebih jelas lagi dan lebih yakin.

Heu, yaa..gimana yaa..akibat dadakan juga kita jadinya gak sempet memprogram kehamilan anak cewe dari awal, padahal dulu udah diniatin kalo dikasih rezeki anak ketiga mau diprogram aja biar gak penasaran. Sekarang apa ya, gak bisa berkata-kata jugaaa.. 

Seneng ya tentulah seneng, karena yakin Allah pasti udah menakar semuanya buat saya, emang kebayang lah gue bakal sebawel apa kalo punya anak cewe, jadi mungkin ini yang terbaik yang saya sanggupin. Antara khawatir gimana ngurus tiga calon pemimpin keluarga, tapi juga mellow mikirin kalo gak ada anak cewe, nanti gue siapa yang ngurus di hari tua huhuhu.

Que sera sera. Ya takdirnya mungkin udah gitu ya, wallohualam, berusaha aja, apapun itu juga pasti udah ketakar sama Allah.          

Apa kabar kakak-kakak?
Waktu disounding udah gak boleh lagi main kuda-kudaan di punggung ibu, gak boleh loncat-loncatan di perut ibu karena isinya ada dede bayi, kelihatannya sih mereka excited dan nurut-nurut aja. Biasanya kalo Ali mulai naik ke perut ibu, Arraf ngingetin  "de, jangan de, ibunya sakit...kasian" trus Alinya nurut aja gitu turun lagi sambil membeo "ibu, takit...bayi (ibunya sakit, ada bayinya)"

Kayanya anak seumuran kakak Arraf (3.5y) udah cukup ideal yah kalo punya adik lagi. Udah bisa diajak ngobrol dan cerita tentang bayi. Tiap kontrol dia antusias banget dan bercerita sendiri lewat hasil USG, trus dia nanyain foto kakak waktu di dalem perut ibu mana. Trus dia kepikiran aja gitu bahwa di perut ibu ada lubangnya tempat keluar dede bayi. Trus mungkin sering liat gambar atau tayangan ibu hamil dengan ilustrasi bayi di dalem kandungan, dia jadi suka ngarang-ngarang cerita di dalem perut bayinya lagi nungging, lagi jungkir balik, lagi bobo ngorok, dll....  

Suatu saat dia ngingetin saya, "ibu..jangan lupa minum susu ya. Minum Engmum (anmum)" :')

Sedangkan kakak Ali (22m), yah gitu deh..ngikut-ngikut aja gimana kakaknya. Tapi dia udah bisa bedain antara bayi sama dirinya sendiri, dia nyontohin kalo bayi tuh jalannya merangkak, nangisnya oek-oek, trus yang suka ngompol itu bayi.

Nanti jarak Ali ke adiknya sih pas 2th, masih lebih tua dari Arraf ke Ali. Bedanya dulu Arraf udah lancar ngomong jadi bisa ngasih pengertian lewat komunikasi verbal, sedangkan Ali saat ini belum terlalu fasih ngomong tapi secara sikap dia cepet ngerti dan cukup mandiri.

Soal weaning atau tandem, belum mutusin enaknya gimana. Apakah weaning dulu, atau toilet training dulu, keduanya sama-sama challenging. Ali udah jarang nen sih sekarang-sekarang, hanya kalo mau bobo siang-malem aja. Kadangpun bobo dikelonin ayah juga bisa, baru tengah malemnya nyariin nen, atau kalo awalnya nen, malemya kebangun digendong ayah bobo lagi, atau blas gak bangun-bangun sampe pagi.

Ah, semoga toddler-blues dulu gak kejadian lagi sekarang...kalo diinget-inget lagi berasa bersalaaahh banget. They're just babies, mudah-mudahan bisa lebih bijak lagi jadi seorang ibu.

Keluarga + sosial 
Ya terus terang aja sejujurnya rada sungkan mau woro-woro hamil ke temen-temen, kok ya basi aja gitu si rella hamil lagi, yaelah subur, hahah...dan iya gitu persis komentar mereka, antara lain "subur banget, ceu..", "emang gak kb ya?", "emang sengaja direncanain rapet-rapet rel?", atau "dulu KB apa? ooh pantes kebobolan..."

Tapi secara gak langsung juga dari status-status BBM, atau postingan di sosmed, khalayak akhirnya tau juga dan beberapa nanya langsung...nah lebih enak jawabnya kalo gini hihi. Ada sih yang berupa nyinyiran semacam "ya ampuun, kerjaan lu..gak ada yg lain ya selain bikin anak mulu?" atau "indonesia udah padet ciin, nambah-nambah penduduk ajaa". Ya udah. Aku rapopo. 

Bagian yang paling susah adalah ngasih tau ortu sendiri, ortu ya, bukan mertua....banyak galaunya, terutama kalo menyangkut harapan dan kekecewaan. Mau gimana ngasih taunya, gimana atur kata-katanya, gimana jawabnya, trus gimana nyikapinnya kalo responnya begini begitu. Agak lucu sih ya mengingat biasanya kabar punya cucu itu adalah kabar menggembirakan, sementara lidah dan tangan saya kelu tiap kali mau bilang baik lewat telepon atau bbm. Cuma kan gak mungkin disimpen lama-lama juga, cepat atau lambat keluarga harus jadi yang paling tau daripada pihak lain.

Ya memang seperti yang diduga respon pertama sangat dingin, ini saya paham betul alasannya, cukup bikin sedih dan kepikiran terus sih.. Syukurlah ke sini-sininya suasana mulai mencair dan udah hepi ending.  


Kalo tetangga-tetangga sini berhubung mereka menyaksikan langsung hidup saya kaya gimana...yah, bisik-bisik aja paling "kasian ya kakaknya masih pada kecil-kecil..". Kok peduli banget ya gue sama omongan orang? hehe...ya sebisa mungkin saya berusaha gak terlalu ansos, suatu saat saya pasti butuh bantuan mereka, jadi meski jarang keluar rumah ya jangan sampe lah tetangga baru tau setelah perut saya udah gendut banget. Cukup kasih tau satu tetangga aja kok, sorenya juga udah menyebar sampe ujung blok, as simple as that ;p


What is it like having three kids? Asli lah gak kebayang juga kaya gimana...

Kita mah berusaha jalanin semua ini dengan santai dan nggak banyak memikirkan yang berat-beratnya aja... *walo teteup kepikiran*

But mostly kita pikirin yang seneng-senengnya aja :
Rumah ntar jadi rame...
Tiga bujang loncat-loncatan di kasur...  
Bikin kamar buat bertiga
Meja makan kursinya harus lima
Satu PG, satu TK, satu SD.... *yang ini puyeng*
Dan akhirnya, 5-6th ke depan....
Kita udah bisa punya sofa buat leyeh-leyeh
Kasur rapi selalu...
Bobo nyenyak tiap malem...
Nontonin anak-anak lanang yang maen bola di tengah rumah sambil selonjoran..

Baca-baca Having Three Kids atau 3 Children and It di kala senggang cukup menghibur dan lumayan ngasih clue sedikit-sedikit. Seenggaknya gak ngerasa terlalu complicated sendiri lah..ada jutaan ibu lain yang sama-sama galau juga punya anak tiga.

Sekarang lagi latihan masak stok temen nasi biar gak kebiasaan grasa-grusu tiap jam makan, amateur in da kitchen. Doakan sayaaahh...

Next Post Previous Post
15 Comments
  • Arman
    Arman 17 Juli 2014 pukul 21.20

    Wah seru dpt jagoan lagi... Mamanya asik nih ntar banyak yg jagain... :)

    • Rella Sha
      Rella Sha 18 Juli 2014 pukul 12.37

      Heee iya nih tetep yang paling cantik di rumah. Semoga rukun semuanya deeh...

    • Elkilani Kurnia
      Elkilani Kurnia 24 Mei 2016 pukul 19.31

      Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

  • ecy noverto
    ecy noverto 17 Juli 2014 pukul 21.49

    rellaaaaa...lama gw ga blogwalking eh ada kabar happy..moga lancar buat kehamilannya, dan jauh2 dari toddler blues yaaa *been there before* kecp buat kk arraf n kk ali.

    • Rella Sha
      Rella Sha 18 Juli 2014 pukul 12.40

      Makasih cyy...iya agak parno nih gue ngalamin gitu lagi, aduh semoga gak terulang ya, kebangetan deh kalo gak belajar dari yang lalu..

      Kecup juga buat kakak Zoya sama Kean :*.

  • ReyLia
    ReyLia 18 Juli 2014 pukul 09.26

    Cameeer... Subhanallah selamat yaaaa, tak usah didengeeer yaa omongan orang2x ituh, justru berarti kamu beruntung karena dipercaya sama Allah untuk melahirkan, membesarkan 3 khalifahnya :) *asiiik jadi banyak pilihan calon minantu euuuy :D Smoga sehat2x sampe lahiran ya neng :*

    • Rella Sha
      Rella Sha 18 Juli 2014 pukul 12.44

      Makasih bubun sayaaang...aamiin doanya. Boleeee nok Chacha bolee piliiihh, sebaya atau brondong xixixi.

  • forkoss
    forkoss 8 Januari 2015 pukul 13.44

    aaahhh daku mah iri sama yang anaknya banyak. kepngeeeennn nambah tapi ga berani banget..cuma bisa iri saja..huhuhhu

  • Unknown
    Unknown 15 Desember 2015 pukul 13.25

    Bun dr.maria buka pRaktek juga ga di rumah? Td pergi ke melati husada tp pRaktekx ternyata kamis dan jum.at saja. . .udah terlanjur sampai malang. . .

    • Rella Sha
      Rella Sha 16 Desember 2015 pukul 08.14

      wah saya kurang tau kalo sekarang jadwalnya gimana. dicoba tanya ke melati husadanya gmn? atau dsteng ke hermina, tempat prakteknya yg lain.

  • Unknown
    Unknown 15 Desember 2015 pukul 13.27

    Bun dr.maria apa pRaktek juga ya dirumah? Tadi udah terlanjur ke melati husada eh ternyata pRaktekx kamis sama jum.at. . . Memang bAgus d0kternya ya bun

  • Unknown
    Unknown 15 Desember 2015 pukul 13.28

    Bun mau tanya dr maria apa juga buka pRaktek drumah ya????

  • Unknown
    Unknown 15 Desember 2015 pukul 13.29

    Bun apa dr maria juga buka pRaktek di rumah ya?

  • Unknown
    Unknown 28 Agustus 2018 pukul 14.07

    bunda bisa minta info tempat praktik dr. Maria Ulfa, SpOG di depok?

    • Rella Sha
      Rella Sha 5 September 2018 pukul 18.54

      nggak tahu, Pak..DSOG saya nggak di Depok

Add Comment
comment url