Posts

Showing posts from May, 2013

Yang tersisa dari sebuah kegagalan....

Image
Kalo ngikut resep All Recipes, harusnya jadi kaya gini 

Kalo dari resep Kitchen Lullaby, lebih ciamik lagi penampakannya 
Crust udah renyah, filling apel+cinnamon+palm sugar gak pernah salah....
Nah terus gue salahnya dimana? 
Ini gegaranya si crumbleee, aaacckk. Curiganya sih menteganya yang kurang beku, jadinya begitu diaduk sama tepung, malah jadi lembeeekk mirip adonan kue. Huaaah bete. Dicoba masukin kulkas lagi, ya gak jadi keras juga, akhirnya sudahlah dioles aja macem topping ke atas filling apel. Panggang, trus dinginkan di kulkas. 
Dimakan pas masih dingin semi beku bareng teh hangat, enak. Tapi kalo udah suhu ruang, berasa makteuh menteganya rasa lemak dan kolesterol lah yaaa....jadi cuma berani motong dikit-dikit aja sebelum ilfil. 
Biarpun begini tetep aja ludes buat sarapan dan snack sore.  Better luck next time.

Ali, 7-8 bulan

Image
Bukan maksud kehilangan antusiasme ke anak kedua, tapi keterbatasan waktu dan ingatan yang sering bikin telat report milestone. Lagian buat record pribadi ini lah, gak dikejar deadline...

BB Ali selama 2 bulan ini, stagnan! TB nya aja yang naik terakhir waktu 7.5bl kemarin 69cm. Gak ngerti lah kenapa, anggap aja konsekuensi dari kemajuan aktivitas motorik yang lumayan pesat. 
Dari merayap-rayap dia lalu cari pegangan untuk angkat badan dan berdiri, seringnya sih manjatin meja laptop yang lagi dimainin kakaknya, trus ikut-ikut pencet keyboard, kakaknya ngamuk, didorong ke belakang atau rebutan mouse, tapi sekarang kalo didorong udah bisa langsung duduk, nggak ambruk lagi. 
Duduk sendiri udah bisa, dari posisi onggong-onggong atau berlutut trus mundur dudukin bokongnya. Udah gak betah banget digendong, apalagi dibawa duduk pasti meronta minta turun, diberdiriin, diajak jalan apalagi tambah seneng banget.  Motorik halus seperti memindahkan barang dari tangan satu ke tangan lain, memegan…

Sisa seminar...

Dari seminar ParenThink kemarin, banyak pertanyaan yang belum terjawab karena keterbatasan waktu. Ini saya dapet dari catatan Mona hasil rangkuman pertanyaan seminar di Sby dan Mlg. Untuk referensi kita semua.

Bagaimana mengkomunikasikan ke pengasuh supaya tidak men-cap anak dengan kata negatif, seperti “nakal” atau “rewel”?
kebutuhan utama ortu akan bantuan pengasuh adalah keselamatan anak scr fisik. Jadi fokus di situ aja. Kalau tentang perlakuan non-fisik, cukup di-iklan-in. ga perlu masuk dalam uraian kerja. Kalau yang bersangkutan setuju, itu rejeki ortu. Kalau yang bersangkutan ga setuju, tidak apa-apa karena memang bukan itu tujuan ortu mempekerjakan yang bersangkutan.

Bagaimana komunikasi dengan anak usia 13 bulan supaya bisa jadi dasar untuk hidup bahagia kelak?
caranya dengan teknik merasa. sampaikan pesannya lwt rasa. itu kenapa bergaulnya perlu lahir batin.

Bagaimana siasatin beda pola asuh ortu n kakek-nenek, karena kalau nginep di tempat kakek-nenek, susah buat balik lagi …

Seminar ParenThink : Komunikasi Asik dengan Anak

Orangtua penggiat dunia maya pasti udah sering (atau setidaknya pernah) liat lah ya akun @Parenthink, @sigoloktoge, @mratuliu. Salah satu dari sekian banyak akun yang berbagi ilmu tentang pengasuhan dan pendidikan anak.

Syukurlah kemarin dapet kesempatan buat ikut seminar Mona-Toge di Malang, sekalian deh saya geret ayah juga biar ikut meskipun galau dari dua bulan lalu adalah "anak-anak mau dikemanain?", karena sejujurnya nggak enak bawa anak ke seminar, bukan hanya kitanya terdistraksi tapi juga barangkali ada orang lain yang terganggu. Jadinya 2 seat yang udah dibooking baru saya bayar satu, rencananya mau nyemplungin ayah aja yang pergi sendirian, dengan alasan saya jagain Ali yang gak bisa minum asip. Bukan karena ngerasa saya udah banyak ilmunya daripada ayah, cuma kalo saya kan punya waktu buat baca-baca di twitter, browsing, dll...sementara ayah sehari-hari sibuk ngantor, dan dia last tweetnya aja 2th lalu, isinya pun cuma "tes" "halo ibu" -____-…

Arisan!

Image
Baru pertama kali nih nge-host arisan komplek...

Grogi banget. Secara gak punya pengalaman nyata yang bisa dicontoh.
Nyokap gak pernah ikutan arisan di rumah, dese maennya di kantor, rekan bisnis, dll.
Pengalaman terjun langsung ke lapangan ya baru di sini. Ada untungnya juga selama setahun ini selalu hadir berkeliling dari rumah ke rumah buat pertemuan dasawisma bulanan plus arisan, pas kebagian ketempatan kurang lebih udah ada lah gambaran tradisi arisannya kaya apa di sini.

Meskipun pas kebetulan lagi ada makmer sama pakmer di rumah, yang artinya tukang-tukang masak available (ini bukan sarkas, mereka emang tukang masak kok), tetep aja bingung mau bikin apaan buat arisan, yang jumlahnya bisa banyak tapi gak makan biaya gede. Padahal ini dipikirin udah dari sebulan lalu, tapi besokannya arisan aja masih galau bongkar-bongkar menu. Sebagai warga baru, posisi saya serba salah, kalo dikit gak enak, kalo banyak sini yang tekor.

Budget dari kas dawis sendiri gak banyak, malah kurang bu…

Eco Green Park : Fun & Study

Image
From The Urban Mama - Eco Green Park Malang

Eco Green Park Malang THURSDAY, 09 MAY 2013 0:01:48 by Rella Shaliha in Activities for ChildrenToddler Ada berbagai cara menumbuhkan cinta lingkungan hidup pada anak. Salah satunya melalui pengenalan. Itulah tujuan kami sekeluarga mengunjungi Eco Green Park, yang berlokasi di Jatim Park 2, Kota Wisata Batu, Malang, masih satu area dengan Secret Zoo. Anak-anak memang masih batita, tapi mengisi memori mereka dengan nilai-nilai positif seperti mencintai bumi dan makhluk hidup seisinya bisa melekat hingga dewasa. Nanti, kalo mereka sudah agak besar, sudah bisa mengingat dengan jelas, pasti saya ajak ke sini lagi biar makin cinta alam. Sesuai tagnya, fun and study, Eco Green Park (EGP) menyajikan petualangan alam yang menyenangkan tapi juga mendidik. Suasana alam langsung terasa begitu memasuki area ini, ada persawahan mini, kolam ikan koi besar di depannya, lalu di belakangnya ada miniatur candi-candi se-Indonesia, yang lucunya, ada ‘robot-ro…