Posts

Showing posts from January, 2013

Weaning With What...?

LEGA, sumpah, L-E-G-A.

Menyapih Arraf itu ternyata gak sesulit dan sedrama yang selama ini dikhawatirkan, tadinya kalo liat dari intensitas dan kondisi saya yang di rumah terus dipikir bakal agak lama mengingat biasanya yang ibunya SAHM suka pada susah disapih, tapi juga gak gampang-gampang amat sih yang paling jelas berat mah masalah hati.

Saya pribadi pengennya menyusui cukup sampe 2 tahun aja, gak tertarik untuk extended breastfeeding. Bukan masalah tega atau enggak, ya kalo Al Baqarah aja tertulis penyusuan sempurna itu dua tahun, pastilah ada tujuan dan manfaatnya dibalik itu.

Weaning itu kan butuh kesiapan dan kesepakatan ya, kita tau kalo pada saat prosesnya, pasti akan lebih banyak tangisan dan crankyness yang keluar, maka, syarat kesiapan ortunya adalah : stok sabar bertumpuk dan peran ayah yang dominan. Sedangkan buat ngeliat kesiapan anak, saya berpatokan pada intensitas Arraf nenen sama perkembangan mentalnya. Ini abstrak ya, beda-beda sih pada setiap anak. Jadi kalo Arraf…

Tom Yam

Image
Harus diakui kalo saya sering jiper duluan mau masak sesuatu, apalagi liat penampakan masakannya aja udah rumit bawaannya kalah sebelum berperang. Trus resep-resep yang seliweran di internet itu kadang suka takjub sendiri ih kok bisa sih ribet tapi menghasilkan masakan sekelas hotel berbintang gitu. 
Tapi seiring kenal sama temen-temen yang jago masak, sayapun belajar..dan jadi saksi hidup kalo merekapun mencoba dari nol dulu sebelum jadi masterchef. Nah, tadinya sayapun menganggap sebelah mata sama si tom yam ini, ahh pasti susah. Tapi kemudian inget kalo sekarang jaman serba mudah, ada bumbu instant buat pemula yang takut gagal kaya saya. 
Terngiler sama resep tom yam idola-nya teh Dinni, dese emang oke deh urusan meng-simplify resep-resep rumit jadi user-friendly trus browsing resep-resep serupa ya ternyata tom yam ini bikinnya simpel aja, yang gak simpel mungkin bahan isiannya yang banyak, tapi bisa customize sesuai selera kita juga sih. And yes, daun ketumbar (cilantro, coriande…

Ali, 3-4 bulan

Image
Ada yang kelewat, postingan 3 bulannya Ali. Baiklah, lets summarize.

Usia 3 bulan kemarin, setengahnya dihabisin di Bandung. Dari mulai naik pesawat perdana, ketemu banyak orang yang ngajak ngomong, jadi Ali lumayan terangsang buat ikutan 'berbunyi' juga. Sekalian ngenalin dia sama anggota keluarga lain, gak cuma ngeliat ayah-ibu-kakaknya doang. Ngocehnya udah banyak, hau hau, khhhngg, huaaa, dada, ayaaaah, udah panjang-panjang. Kadang sampe malem ngoceh terus saya udah ngantuk banget, ditinggal tidur trus diliat lagi masih ngoceh aja sambil main tangan.




Pas di umur 4 bulan ini, BB Ali nyampe 6.8kg, TB 55, atau naik 1.6kg dari dua bulan lalu. Presentase kenaikan per bulannya terus turun, kenapa ya. Pe-er deh.

Hmmm, 4 bulan udah bisa apa ya. Belum bisa tengkureeeeppp, kayanya bukan karena kegendutan deh tapi emang kurang saya stimulasi aja sepertinya. Badan Ali emang keliatan gendut dan gede, sekarang aja kalo disandingkan sama Arraf orang-orang bilang "ini besarnya pasti …

Rumah manis rumah...

Image
Be grateful for the home you have, knowing that at this moment, all you have is all you need. --- Sarah Ban Breathnach  Gak kerasaaa, udah setahun tinggal di rumah ini...Alhamdulillah, biarpun kecil, berantakan, banyak cucian,
tapi here we start our little family.


Sebagaimana biasanya rumah bekas, gonta-ganti penghuni dalam kurun waktu 7th, tentu rumah ini memiliki
"jejak-jejak hunian" macam lantai retak, toilet tak terawat, atau kusen-kusen yang aus dimakan rayap. Instead of bangun kastil yang mana butuh galleon berkarung-karung, pe-er kita habis akad ya perbaiki yang begini-begini ini. Belum ada rencana penambahan ke atas, baru nambah benteng ke belakang dan samping aja, biar bisa lari-lari di rumah *ngapain juga lari-lari dalem rumah?* seenggaknya kan kalo perbaikan-perbaikan gini bisa dicicil mana dulu yang dikerjain sesuai alokasi budget yang ada saat itu.

Dan, udah setahun pula kami jadi warga RT 09/12, dasawisma II. Hidup bermasyarakat itu tricky, ada hal-hal yang cuk…