Pages

Selamat Berkurban!

Selamat Hari Raya Kurban!
Semoga semangat berbagi, bersedekah dan taat kepada Alloh senantiasa tumbuh dalam diri kita.

Tapi tahun ini keluarga kami gak berkurban, bad financial management by miss minister..jadi gak sempet menabung kurban, kalo didadak yah ga segampang ngeluarin kertas bon dari dompet *buang tumpukan struk yang tintanya udah luntur*

Senang juga merayakan Idul Adha di rumah sendiri, meski sholat jam 6, remfongnya cuma sedikit gak kaya Idul Fitri, soalnya antrian mandi cuma dua..yang dua lagi bisa nebeng, itupun gak nyampe 10 menit hehe. Trusnya jalan kaki ke mesjid deket banget tinggal luruusss, sekalian bersilaturahmi sama tetangga-tetangga komplek. Surprise waktu selesei gelar sajadah trus duduk sambil mangku Ali, ibu-ibu di sebelah langsung nyapa "mbak, sampeyan yang taun lalu anaknya masih bayi ya?" wiiii, terharu..ya berarti orang-orang sini cukup perhatian dong satu sama lain, padahal mungkin aja sih ada ibu dan bayi lain yang dia liat, tapi pede aja kayanya beneran saya yang dimaksud deh, kan abis itu jadi ngobrol, nyambung silaturahmi meski rumah kita beda blok agak jauh.

Suasananya emang beda sih dengan Idul Fitri, gak ada tontonan khas lebaran, parodi-parodi ketupat atau film warkop di tv. Di rumah pun saya gak nyiapin apa-apa, no ketupat, no opor, no sambel goreng ati, gak bisa bikinnya :)) jadi pagi-pagi habis sholat langsung ngenasgor aja, pake telor.

Berhubung tanggal merah ada di sela-sela hari kerja, hari itu kerjanya cuma leyeh-leyeh aja di kasur, nunggu pembagian daging abis ashar :P sementara itu kita bolak-balik tabloid masak nyari resep olahan kambing. Kepikiran gule, semur atau sate, tapi semua terlalu mainstream, duileee...kalo dapet kiriman juga gak nolak. 

Emang saya gak pernah sengaja beli daging kambing buat dimasak sendiri di rumah, meskipun suka, kalo mau makan kambing pasti beli di Kairo yang tinggal makan aja, gantian kadang beli nasi kebuli, gule, sate, tongseng atau samosa.

Setelah dapet resep yang dicari, abis tuker kupon daging cuss ke pasar beli bahan-bahan, gak lupa beli buah buat seger-segernya.

Dapet dong: salam-sereh, bawang merah-putih, ketumbar, kemiri, jeruk nipis, bumbu pecel, tusuk sate, cabe rawit, cabe merah, tomat, jahe + semangka satu kepala, mangga sekilo. Hahaha, penting yaaakk ditulis....fyi, mangga udah mulai musim tapi masih mahal cin..  

Mau masak apa? Yang pertama tentunya kita rebus dulu daging kambingnya.
Oh ya, kebetulan di sini lagi gak ada yang kurban sapi, plus ada yang nitip akikahan 13 ekor kambing, jadilah kebagiannya kambing semua. Kambing ama domba beda yah, kalo daging kambing warnanya lebih merah dan aromanya lebih tajam daripada domba. Rasanya juga lebih gurih daging kambing sih tapi buat saya dua-duanya sama aja kalo udah jadi masakan mah.

Tips sajian kambing dari Bango, sebaiknya jangan cuci daging dengan air agar tidak bau ; celupkan daging ke parutan nanas kurleb 5 menit untuk melembutkan daging dan lumer saat digigit. Jadi kemaren saya pake metode dua kali rebus, sekali buat buang kotoran-kotorannya, yang kedua baru dipresto.

Sesi kambing pertama ngambil resep dari Bango. Duh tapi lupa banget nget gak difoto dulu sebelum makan, udah keburu ludes tak bersisa saat itu juga.

Sate Goreng Kambing ala pak Budi *entah lah ya Pak Budi mana..* 
untuk 2 orang

250 daging kambing
10 siung bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
5 buat cabe rawit utuh
3 sdm minyak samin atau margarin
3 buah tomat hijau, iris kasar
5 sdm kecap Bango
Lada
Garam
100ml air
Nanas secukupnya, parut

Bumbu sate 
5 siung bawang putih
2 sdt ketumbar
5 buah kemiri
5 lbr daun jeruk
100gr gula merah
Asam jawa
3 sdm air
2 sdm kecap Bango


Bumbu sate : Haluskan bawang putih, ketumbar, kemiri, gula merah, sisihkan. Campurkan asam jawa dengan air, aduk rata. Tuang air asam jawa ke dalam bumbu yang telah dihaluskan. Tambahkan kecap Bango dan daun jeruk. Aduk hingga bumbu rata.

Sate goreng : Rendam daging dalam parutan nanas 5 menit. Potong daging membentuk dadu. Lumuri daging dengan bumbu sate, sisihkan.

Tumis bawang merah, bawang putih dengan margarin, masukkan cabe rawit dan tomat. Aduk rata. Masukkan daging lalu masak sampai berubah warna dan empuk. Tambahkan kecap Bango, aduk-aduk rata. Tuang air sedikit-sedikit, aduk rata hingga meresap. Masukkan lada dan garam secukupnya. Aduk rata, angkat.

Kalau mau ditambah bahan pelengkap, tambahkan dengan irisan kol dan tomat.

Tadaaaa, sungguh resep ala amatir mwahahaha. Lagian kemarin itu karena punya bumbu pecel jadi daging kambingnya kita lumuri bumbu pecel aja, gak pake bumbu sate seperti resep di atas. Rasanya enak juga, lebih mirip sate tusuk dengan bumbu kacang. Pasti beda sih rasanya, lain kali deh kita bikin yang original recipe.

Sesi kedua, dapet dari Tabloid Nova tgl 23-25 September 2013.

Kua Asang Rusuk (ala Menado)
resep asli saya ganti pake iga kambing



500gr iga sapi, potong-potong
1.5lt air
3 sdm minyak goreng
9 siung bawang merah, iris tipis
5 buah cabe merah, potong bulat
4 buah cabe hijau, potong bulat
10 buah cabe rawit merah utuh
4 cm jahe, iris tipis
2 batang serai, memarkan
6 lbr daun jeruk
2 sdt garam
6 buah belimbing sayur, potong-potong
5 tangkai kemangi, ambil daunnya

Rebus iga sapi sampai empuk.
Tumis bawang merah, cabe merah, cabe rawit, daun jeruk, serai sampai layu
Tuangkan tumisan bumbu ke rebusan iga, tambahkan garam, masak sampai matang
Masukkan belimbing sayur dan daun kemangi. Hidangkan selagi panas.

Aslik, gampang banget ternyata dan gak pake lama. Kuah asamnya segeeerrr berdampingan sama pedes, new fave juga nih secara selama ini gak pernah masak kuah asam, bahkan ini pertama kalinya gue masak pake belimbing sayur *dan baru tau bentuknya! dan ternyata tetangga sini pada nanem di depan rumah!*
Lebih enak kalo dibesokin, karena kuahnya meresap ke tulang-tulang iga, paling mantep disantap saat masih hangat.

Buat netralisir lidah, kita bikin dessert sop buah mangga, semangka, melon, nata de coco.

Anak-anak saya gak ada yang makan kambing sih, bukan gak boleh juga, cuma gak pede aja sama tingkat keempukan kambing yang kita masak. Di kesempatan lain mereka pernah coba gule kambing dan nasi kebuli kok, dan itu kambingnya emang beneran empuk ampe bisa dicincang-cincang halus gitu, kalo yang ini berhubung emak-bapaknya kadung laper akut, more effort di kunyah-kunyah ajalaahh...

Another blessing berlebaran mandiri, jadi bisa ngolah masakan yang gak biasa. Selama ini kan di rumah orangtua terima-terima jadi aja tinggal makan. Gak tau nih ya efek kambing apa bukan, tapi dua hari abis makan kambing gue langsung ngantuk beraatt jam 8 udah ngorok di kasur, tapi kayanya ayah engga deh mungkin guenya aja yang kebluk.

Kambing habis, tinggal sapi...standar aja kalo sapi siihh.

No comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com