Pages

Arisan!

Baru pertama kali nih nge-host arisan komplek...

Grogi banget. Secara gak punya pengalaman nyata yang bisa dicontoh.
Nyokap gak pernah ikutan arisan di rumah, dese maennya di kantor, rekan bisnis, dll.
Pengalaman terjun langsung ke lapangan ya baru di sini. Ada untungnya juga selama setahun ini selalu hadir berkeliling dari rumah ke rumah buat pertemuan dasawisma bulanan plus arisan, pas kebagian ketempatan kurang lebih udah ada lah gambaran tradisi arisannya kaya apa di sini.

Meskipun pas kebetulan lagi ada makmer sama pakmer di rumah, yang artinya tukang-tukang masak available (ini bukan sarkas, mereka emang tukang masak kok), tetep aja bingung mau bikin apaan buat arisan, yang jumlahnya bisa banyak tapi gak makan biaya gede. Padahal ini dipikirin udah dari sebulan lalu, tapi besokannya arisan aja masih galau bongkar-bongkar menu. Sebagai warga baru, posisi saya serba salah, kalo dikit gak enak, kalo banyak sini yang tekor.

Budget dari kas dawis sendiri gak banyak, malah kurang buat bikin 27 pax. Sementara tradisinya harus nyiapin makanan suguhan dan kotakan buat dibawa pulang. Nggak mewah-mewah kaya di kota besar gitu sih, makanan rakyat aja biasa cuman harus diperhatikan pesertanya kan ibu-ibu mid 20-40 yang mana seleranya mungkin beda-beda untuk itu cari aman aja, makanan yang kiranya semua suka. Nggak harus ada acara makan-makan di rumah juga, tapi kalo mau ada ya silakan, kalo enggak makanan berat dibawa pulang, atau ya cukup kue aja...intinya bebas sih terserah tuan rumah mau bikin apa cuma tradisinya dua : suguhan sama kotakan.

Akhirnya yaa dari tuan rumahnya sendiri harus rela nombokin, jadi sejatinya kalo menang arisan tuh duwitnya ya diputer lagi buat nge-host, wkwk. Tapi di sini sistemnya bukan yang menang arisan trus jadi host bulan depan, melainkan list tuan rumah udah dibikin di awal putaran jadi  menang arisannya kapaan, ngehostnya kapan.

Sutralah akhirnya saya ke pasar juga, bawa list belanjaan. Beli sayuran, kulit lumpia, beras 3kg, bahan kue sama bahan puding. Yak, ketebak yaaahh akhirnya bikin apaan....

Mari kita bagi-bagi tugas: urusan isi kotakan bagian saya, urusan suguhan bagian makmer.

Buat suguhan ; 

  • Tahu isi + cengek
  • Pisang aroma, yang ternyata nggak ada di sini, nyari kulit lumpianya pun susah..akhirnya pake kulit spring roll (lumpia cina) yang lebih tebel daripada kulit lumpia basah.
  • Peuyeum ball, mendadak terlintas pas ada tukang tape Bondowoso lewat, makmer ngasih ide bikin ini. Ya udah, bungkus...
  • ....dan aqua gelas
  • dan sari apel Siiplah khas kota Batu 

Masing-masing bikin 30pcs. Suguhan. Beres!



Buat kotakan ; 

1. Nasi goreng ayam spesial, buatan pakmer yang jago bikin nasgor enak. Beneran enak sampe besoknya ibu-ibu pada pengen pesen, ya ngono toh...buka gerobak aja apa ya depan rumah? 

2. Kotak Kue, isi :

 

  • Puding pelangi + vla. Puding instan Haan recommended, sedangkan vla-nya lebih enak pake My Vla
  • Chocolate cake, iniiih sungguh klasik lah yaahh, semua juga bisaaa
  • Risoles sayur, sempet galau dengan pastel, tapi pastel suka jadi kering dan keras akhirnya risol aja deh..maunya isi smoked beef mayo tapi barangkali ibu-ibu ada yang vegetarian ;p -> beneran ada ternyata loh!!
  • Lemper ayam, udah lama banget gak makan lemper dari kotakan, sekalian bernostalgia
  • Pastry kacang. Okay i'm cheating...ini beli di Purimas, buat menuh-menuhin box


Jadi apa effort gue? cuma bikin kue-kue doang ama puding ahahahahahahaha *ketawa ampe selat Bali*

Keliatan lah yang amatir sama yang udah biasa masak, sementara saya keringetan ga sempet mandi ga sempet makan nyiapin ini itu dari subuh. Makmer dengan santainya baru goreng-goreng jam 3 sore, sementara pakmer baru goreng nasi jam 5 sore. Arisannya abis magrib.

Bener kan, apapun yang disuguhin, sama ibu-ibu mah selalu ludes. Dibungkus!

Sambil kita salam-salaman pamit, komentar ibu-ibunya "makasih lho bu, kuenya banyak..". Lega deh, itung-itung house warming ya silaturahmi sama tetangga, gak kikuk lah jadi pendatang anyar.

Bahagia itu sederhana kok buat kita ibu-ibu, bisa bawa pulang banyak makanan buat anak di rumah. Haratis pula...hepinya dobel.

Oh iya, mau cerita juga kalo tembok rumah saya itu penuh coretan cinta dari sang anak, dari mulai benang kusut sampe akhirnya rumah jamur, pesawat terbang dan stiker Cars nempel semua. Mikir keras gimana caranya supaya ini rumah ga keliatan acakadut teuing pas ibu-ibu kemari, mau cat ulang kok ya niat amaatt (baca: medit). Akhirnya diakalin dengan wallsticker yang gambarnya unyu-unyu, pikiran kita ya udahlah mungkin tetangga juga maklum ini rumah isinya anak-anak, sekalian aja temboknya dibikin kaya tembok playgroup..ditempel deh wallsticker gambar zoo, gambar balon dan pesawat terbang, jadi Arraf juga ga perlu nyabutin stiker Carsnya. Cuma, untuk meminimalisasi coretan di dinding, saya pake Magic Eraser Pad-nya Scotch Brite. Lumayaaann, untuk coretan pensil, pensil warna, itu digosok-gosok langsung bersih kok. Mungkin kalo digosok lamaan lagi yang pulpen juga bisa ilang, tapi ngedadak betul kemarin menjelang magrib baru gosok-gosok jadinya memang gak hilang semua tapi gak terlalu kotor juga, dan ibu-ibu juga gak peduli gitu looohh, yang penting makanan sikaaatt.

Sekianlah curhatan saya sebagai warga baru perdana ngehost arisan, ntar bakal kebagian juga ngehost pengajian, ntar lagi aja lah mikirnya... Hehe, gini amat yak jadi ibu-ibu :)

6 comments:

  1. ini sih suguhan ama bawaannya banyak bangeeeetttt....

    ReplyDelete
    Replies
    1. itung-itung nyuap tetangga biar pada baek :p

      Delete
  2. Pakmer dan makmer sungguh datang diwaktu yg tepat ya rell....huahahahaha...*ditimpukMagic Eraser Pad-nya Scotch Brite*

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuull...naaahh ini namanya TIMING! hahahaha

      Delete
  3. Ih mak salut deh sama kerjasama mertua-menantu ini, kalo aku sdh bisa ditebak semua kue2 pasti beli, gak bakal aku bikin sendiri. Pemalas :-P

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gak ada mertua aku juga pasti beli semuaaaa hahaha, ya paling bikin satu lah, puding yg paling guampaaangg wkwkwk

      Delete

 

Blog Template by BloggerCandy.com