Pages

Ali, 6 bulan


Masuk 6.5 bulan, TB 65cm, BB nya 7.5kg, cuma naik 100gr sahajaaaaa dari waktu 5.5 bulan yang 7.4/63.... 

Misteri ? 
Enggak lagi.
Karena ketauan, seminggu kemarin Ali kena cc yang lumayan parah..batuk-batuk kering trus jadi berdahak, tiap batuk nangis, sampee suaranya serak banget. Beberapa hari kemudian baru muncul pileknya, meler. Tidurnya jadi kurang meskipun secara klinis gak lemes. Dan selama itu pula gak saya kasih mpasi dulu, kebayanglah kalo lagi sakit tenggorokan gitu minum aja males apalagi makan. Jadi thok cuma ASI doang sekitar 10 harian, paling ngemil pir doang satu biji ikutan kalo pas Arraf lagi sarapan buah. Itupun awal-awalnya asi agak susah karena mungkin hidungnya mampet ga enak nafas. 

6 bulan ini dia mulai merayap ngesot pake dada dan perutnya, gerakannya cepet banget barusan masih di sebelah tau-tau udah ada di pinggir kasur, tinggal gubrag. Seringkali saya taro aja gitu di playmat di lantai, biar dia eksplor sendiri ngesot ngelilingin rumah, korbannya ya baju jadi lap tapi biarlah, gak kotor gak belajar kan yah *kedipin miss Resik* Jadi sekarang kalo ada barang tergeletak yang menarik perhatian langsung dikejar, dipegang, dihuapkeun. Dan kejadian deh, ujung-ujung buku pada lenyot digigitin dan hape kemasukan iler. 

Mulai bulan ini juga saya biasain cebok dibawa ke kamar mandi, sebelumnya kan dilap pake handuk atau kapas bulat gitu...sekarang karena pupnya udah banyak dan beraroma sedap, jadi dibilas di kamar mandi sambil berdiri. Ya tentu aja berdirinya dikepit paha sambil pegangan ke ember. Anaknya juga seneng kayanya, soalnya sekarang kalo diangkat gitu suka langsung berdiri kakinya menjejak-jejak meski badannya oleng.

Orang tua bilang, kalo sakit itu tanda-tandanya mau pinter. Sekilas emang gak ada hubungannya, sakit ya sakit, kalo pinter itu karena belajar, bukan karena sakit. Tapi ternyata logikanya begini, saat anak mau mencapai milestone tertentu di usianya, secara alami energinya akan terfokuskan kesitu, jadi daya tahan tubuhnya menurun...makannya gampang sakit. Yaa karena emang dulu orang tua belum kepikiran kosakata atau istilah yang tepat aja kali ya buat menjelaskan hal ini secara ilmiah jadi selalu dibilang "gapapa sakit juga, dedenya mau pinter..." yang mana kalimat tsb bikin mamah-mamah muda jaman sekarang sewot dengernya.  

Jadi, meskipun saya di-delik-in kader posyandu karena anaknya cuma naik seons sebulan (dan anak yang satu lagi BB nya disitu-situ terus), ane nyengir ajalah. Ibu itu gak nanya siiihh kenapa alasannya. Ih kenapa sih ya, kejamnya dunia itu sesungguhnya terjadi di peer group macam begini... 

Belajar makannya udah jago kah, Ali? belum. Entah kenapa Ali masih belum handal menelan, meskipun udah bisa kunyah-kunyah tapi giliran nelen masih sambil merem-melek. Jadi selama dua minggu mpasi, porsi makannya sangat sedikit...paling banyak tiga potong aja, itupun saking lamanya akhirnya gak saya tongkrongin full di depannya, kadang sambil ngetik di sebelahnya atau sambil makan juga. 

Kalo udah jago mah namanya bukan belajar makan dong ya.. *adaaa aja buat ngeles* 

Ya sud. Demikian laporan perkembangan Ali di usia setengah tahun ini. Bye bye diariiii...

No comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com