Posts

Showing posts from July, 2012

31w5d

Yaakk, umur kehamilannya mundur lagi dari yang diperkirakan. Kalo hitungannya runut sih, harusnya minggu ini 33w, tapi ukuran janin nunjukin umur 31w5d, dengan statistik :

AC   27.7 cm
FL   58.0 mm
BPD  82.5 mm
EFW  1945 gr
AVE  31w5d

Otomatis due datenya juga mundur lagi dua hari, tapi masih di bulan September. Klo diliat-liat lagi buku kontrol, pas awal-awal tuh dokternya nulis due date sekitaran 25 Agustus, wew..itu kan saya masih mudik ke Bandung. Gegaranya, HPHT yang membingungkan itu antara November yang menstruasi biasa atau Desember yang cuma flek doang. Ternyata klo diliat dari umur janin, dari awal selalu muncul bulan September, kalopun misalnya janin saya kecil, ga mungkin jangkauannya sampe sebulanan gitu.

Enaknya punya dsog yang teliti, pas dijelasin organ-organ tubuh janin saya jadi keingetan buat nanya testisnya udah turun belum. Ternyata udah, dua-duanya. Woo, lega ga ngerasa kecolongan lagi baru ketauan setelah berbulan-bulan. Yah dulu juga bukan karena pemeriksaan yang k…

4 dan 7 bulan

Image
Sejak 5 bulan tinggal di tempat baru ini, minimal sebulan sekali kebagian besek nasi kotak + kue dari tetangga yang selametan. Syukuran rumah, sunatan, lahiran, akikahan, cukur rambut bayi, ulang tahun, empat atau nujuh bulanan, kayanya separo momen-momen dalam hidup dirayakan dengan ngadain selametan, mau cuma bagi-bagi makanan atau ngadain pengajiannya sekalian.
Baru-baru ini dapet besek dari tetangga depan yang 4 bulanan. Aduh, jadi kesindir..saya 4 bulanan gak ngapa-ngapain, malah bisa dibilang baru agak sering keluar rumah. Dulu, waktu di Bandung, mertua juga ngadain 4 bulanan saya hamil Arraf, pengajian biasa, makan-makan, berdoa trus udahnya kita dibekelin sebotol air yang udah didoain yang mana air tsb masih ada aja sampe sekarang dibawa-bawa ke rumah sini, suruhnya sih diminum/dipake mandi...aduh, udah butek..udah dua taun lewat lah. 
Memang, hadits/dalam Al Qur'an dijelaskan, bahwa ruh mulai ditiupkan ke dalam janin setelah 120 hari atau 4 bulan. Maka artinya di dalam r…

O, Parenthood....

Image
Love this poster soooo much! 

Hey, toddler!

Image
Apa kabar si sulung Arraf? Bayi 19mo ini sungguh mewarnai hari-hari gue dan Roby. Literally, bener-bener warna-warni.  Kayanya semua variasi emosional udah pernah kita rasain sejak jadi orang tua. 
Banyak perubahan signifikan sejak gue full sama dia, terus terang, time could change a thing at least a bit. On one side, jelas dia mendadak nempel berat kaya perangko, ngekepin terus emaknya seolah-oleh takut gue tinggal-tinggal lagi. In fact, hal ini menyenangkan sekaligus jadi cobaan buat gue yang biasanya banyak waktu me-time (di kantor atau pas LDR sama dia) mendadak disandera seharian, dikintilin kemana-mana. Awalnya hampir gue gak bisa ngapa-ngapain, kerjaan rumah terbengkalai, emosi acakadut, makanya suka gak sabar nunggu jam 5 di mana gue bisa serah terima Arraf ke ayahnya sementara gue bisa lurusin pinggang.
Butuh waktu 4 bulan buat belajar me-manage kerjaan rumah, manage diri sendiri, manage emosi. Lama-lama gue stabil juga ngadepin Arraf, mulai paham dia dari A sampe Z jadi fre…