Posts

Showing posts from April, 2012

Nanas Bakar Karamel Kayu Manis

Image
Bahan :  1 buah nanas  2 sdm gula pasir  Kayu manis bubuk/2 batang kayu manis Air 
Cara membuat :  Potong-potong nanas sesuai selera, balur dengan garam sedikit supaya rasanya tidak terlalu asam dan memberikan sensasi asin gurih. 
Larutkan air, gula putih dan kayu manis dalam panci kecil hingga semua tercampur dan jadi karamel. 
Sajikan nanas di piring, siram dengan saus kayu manis. Taburi kayu manis bubuk untuk menambah aroma. 

Nasi Bakar Tongkol

Image
Menghapus lara kangen nasi bakar Cimandiri, this is what i call survive :D 

Bahan nasi :
500gr beras, cuci bersih, rendam dalam air 1 jam
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
2 lbr daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 batang serai, memarkan
2 butir cengkeh/cengkeh bubuk secukupnya
2 sdt garam
1 liter santan dari 1 butir kelapa
3 blok kaldu ayam
Daun kemangi secukupnya

Isian :
200gr ikan tongkol, cuci, suwir kasar
1 buah Cabe merah
1 buah Cabe hijau
5 buah Cabe rawit

Pelengkap :
Asin jambal roti, potong-potong kecil
Tempe
Tahu
Lalapan

Cara memasak :
1. Panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum, tuang santan, salam, sereh, garam, kaldu hingga mendidih. Masukkan beras, aduk hingga santan terserap habis dan beras menjadi aron. Setelah itu nasi dikukus 30 menit hingga matang.
2. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe hijau, cabe merah, rawit, lengkuas sampai harum. Masukkan tongkol suwir, tambah garam sedikit, aduk, tuang air, masak hingga air meresap.

Cara lain (jika ingin tongkol…

18w6d Oh, boy!

Image
Kali ini coba kontrol ke dr. Prita Muliarini, SpOG di Hermina Tangkubanprahu. Ahh, emang ya..hari sabtu gak dimana-mana antrian dokter selalu menggila, padahal dateng 1 jam sebelum praktek buat daftar, tapi dapetnya antrian nomer 39 T__T 
Banyak cerita selama sebulan terakhir ini, dimulai dari sensasi gerakan janin yang dirasa lebih cepat daripada kehamilan pertama. 16w si utun gerakannya mulai terasa jelas, dulu waktu Arraf baru 20w kerasa cenat-cenut. Terus perut yang udah membesar, mulai pake celana hamil dan paling bahagia karena teror mual udah hilang, tinggal gembulnya aja nih harus selalu sedia cemilan yang seger-seger di kulkas. Konon, kebiasaan makan ibu akan menurun pada kebiasaan bayi nantinya, terbukti waktu jamannya hamil Arraf saya gila buah begitupun Arraf sekarang gak ada buah yang dia gak suka. Sekarang hampir tiap hari saya makan sayur, mudah-mudahan  nurun juga sebaik kakaknya. 
Dokter Prita oke kok ngejelasinnya detail, ramah dan komunikatif pula padahal pasiennya…

14w2d

Sejak kedatangannya terdeteksi di umur 9w, kita nunggu-nunggu lagi kapan saatnya bisa ketemu calon adik Arraf ini. Saya penasaran banget, terutama karena di kehamilan yang sekarang ini rada direpotin sama mual hebat, kadang sampe muntah yang bikin badan lemes dan mood gak karuan. Tambah lagi mualnya kalo lagi menyusui, kadang lemes sampe otot panggul ke kaki, katanya itu kontraksi..tapi gak selalu muncul tiap menyusui sih, cuma kadang-kadang aja kalo stimulasi terlalu intens.

Diperiksa sama dr. Rahajeng SpOG di RSIA Melati Husada, jl Kawi (hasil membrowsing dan wawancara mb Tifa hehe), ternyata kekhawatiran kita gak terbukti. Dede bayi tumbuh normal, umurnya udah 14w2d dengan berat 741gr. Bongsor juga sih tiga bulan udah nyaris sekilo, ini pastiiii gara-gara saya sering ngemilin sekotak walls dungdung malem-malem, sumpaah seger banget makannya apalagi yang rasa kelapa muda. Trus apa jangan-jangan karena bakso juga ya? huhu. 

Saya curhat soal mual yang merepotkan, terutama kalo lagi meny…

Sayur Daun Singkong

Image
Beli mix daun singkong sama daun pepaya 2rb/3 iket niatnya mau dikukus aja jadi lalap, trus kebayang daun sebanyak itu jadi lalap buat berdua kapan habisnya. Keingetan sayur daun singkong yang di warteg sunda deket kantor (eh, kalo masakan sunda namanya bukan warteg dong ya).
Bahan :  3 ikan daun singkong  4bh cabe merah, cincang, haluskan  4bh cabe rawit, cincang, haluskan  2 ruas lengkuas  3 batang serai 5lbr daun salam/daun jeruk 1 ons teri medan 1 kotak santan instan Gula sedikit  Air secukupnya
Bumbu halus : 2 siung bawang putih 2 siung bawang merah Garam 
Cara memasak :  Rebus daun dengan garam, peras airnya supaya tidak pahit  Tumis cabe dan bumbu halus, tambahkan air, aduk  Masukkan sereh, lengkuas, salam Masukkan daun singkong dan teri  Masukkan santan yang telah dicampur air, aduk rata  Tambahkan garam, gula, aduk kembali hingga airnya menyerap 
Jangan lupa dicobain dulu :D