Posts

Showing posts from March, 2012

Talking Baby

Your baby will learn to talk during his first two years of life. Long before he utters his first word, he's learning the rules of language and how adults use it to communicate. - Babycenter

Milestone puncak lain yang ditunggu-tunggu selain jalan adalah bicara. Kalo jalan tahapannya bisa keukur, lain lagi sama bicara soalnya bunyi-bunyian khas bayi pun udah dianggap sebagai tahapan bicara dari sejak dini, jadi kalo ditanya kapan Arraf mulai bisa ngomong, ngomong yang bagaimana? kan kadang ada satu-dua kata yang muncul pada suatu waktu, trus blas gak muncul-muncul lagi sampe beberapa bulan kemudian dia mengulangnya.   

Ah iya, sex matter on developmental milestone gak selalu saklek kok. Beberapa anak perempuan memang perkembangan bicaranya lebih cepat, lucu dan ceriwis kaya Fayra-nya Bunda Dinni. Sebaliknya anak laki-laki selalu diidentikan dengan motorik kasarnya duluan yang berkembang, sedangkan motorik halusnya lambat. Tapi Arraf perkembangan jalan sama bicara hampir berbaren…

Hello, Malang!

Udah hampir 2 minggu lewat saya resmi melakukan perjalanan dari barat ke timur mencari kitab suci *lah, situ Sun Go Kong?* Dari Jawa Barat ke Jawa Timur, lintas budaya, lintas bahasa, lintas adat dan tradisi meskipun masih sama-sama WIB, tapi di sini waktu lebih cepet setengah jam lho, paling kerasa banget sama waktu sholat dimana adzan magrib di tv baru disiarkan saat kita lagi makan malam dan adzan subuh terdengar di pagi buta banget.

Meskipun cuma geser setengah jam lebih cepet, lumayan mempengaruhi jam biologis juga sih. Jam 8 udah ngantuk berat dan biasanya jam 9 udah sukses pada ngorok, padahal sering janjian sama ayah habis Arraf bobo mau nonton bioskop Trans Tv sambil cemilin isi kulkas, tapi gak pernah sukses. Awal-awal di sini sering heran, kok orang sini tiap malem maenan petasan mulu sih, kan gak tahun baru...oalah, ternyata itu TNI-AL yang lagi latihan nembak, pusdiklat TNI AL emang gak jauh dari rumah, bisa dibilang kompleks ini ada di wilayahnya TNI juga. Tumben2an juga…