Pages

on two years


It's December 7, and my son is turning two today... 

Beberapa hari menjelang dua tahun, emang ujian (buat emak)nya berat banget. Jelas cari perhatian banget, nangis sampe teriak-teriak, nangis dibuat-buat, pengen sambil dipangku ditemenin main ikan (Feeding Frenzy), habis itu ganti main burung (Angry Birds) gak nyampe 3 menit minta pindah main ulat (Galapagos), bangun tidur nangis, makan pengen disuapin ayah, cebok mau sama ayah, ibu harus bobo terus di sebelah buat bacain cerita sambil dipeluk-peluk, pleus....minta nenen terus-terusan, yang tadinya cuma nen sebagai pengantar tidur siang-malem aja, sekarang minta juga di luar jam-jam tidur, saingan sama adenya. 

Subhanallah banget yaahh... 

Menguras emosi, pasti...Arraf belum bisa atur emosinya sendiri, emaknya juga bingung atur emosi yang keluar. Kita sama-sama belajar mengendalikan emosi sendiri. 

Dua tahun, jelas Arraf bukan bayi lagi. Waktu masih gendong-gendong secara manusiawi pengen juga liat Arraf cepet mandiri, bisa jalan, bisa lari, makan sendiri, ngoceh-ngoceh lucu bin kepo. Sekarang semua udah tercapai, saya kangen gendong Arraf lagi...

Ahh, human grows up. Masih banyak PR di usia 2th ini, maka dari itu saya berdoa semoga Arraf bisa semakin mandiri, cepat belajar mengerjakan sesuatu tanpa sedikit-sedikit minta dibantu. Bisa buka-pake baju sendiri, ngancingin baju sama pasang apron sendiri (eh, itu mah iklan susu yak?). Bisa lebih rapi lagi makan-minum sendiri.

Pernah denger, kalo merasa anak belum mandiri juga...itu mungkin kitanya yang gak percaya sama kemampuan anak sendiri jadi semua masih kita urusin. Jeblak! namparabis.    

Semoga Arraf juga bisa beradaptasi sama lingkungannya. Saat ini dia masih soliter dan jago kandang. Semoga di tahun ke depan Arraf lebih bisa ekspresif dan adaptif lagi bersosialisasi. Kalo saya liat nih, meskipun suka didorong atau dirangkul sama anak lain, Arraf gak pernah balik dorong atau mukul, paling dia melepaskan diri trus menghindar, ini patut dipertahankan, sikap tidak suka kekerasan, baik hati dan menyayangi sesama. Tapi ya ada rasa sedikit khawatir juga kok anak gw diem aja yah digituin, ga agresif sama sekali, takut dibully :'( (oh gw lebay yah, maap deh..) 

Kok ini mah lebih harapan pada lifeskill yah? ya gapapa, walopun PR mempersiapkan lifeskill ini ada pada pundak emak-bapaknya, doanya adalah semoga diberi kelancaran pada prosesnya.

Pinter, sholeh, baik, nurut, itu mah udah pasti didoakan....dengan sering mendengar komentar dan pujian, semoga gak menjadikan Arraf tinggi hati melainkan jadi motivasi. Semoga kepala tetap tertunduk seiring dengan bertambahnya kecerdasan dan kemampuan diri. Semoga diberi kerendahan dan kelapangan hati dalam menghadapi tantangan ke depannya.

Satu lagi, semoga Arraf jadi anak yang mudah berbagi dengan saudara dan sesamanya. Rukun dan damai bersaudara sama adiknya. Amiin, insya Allah.  

Dua tahun ini milestone, gak lama lagi saya harus siap melepas Arraf ke area lebih luas lagi alias sekolah. Akan ada lebih banyak sosialisasi, tantangan, pengaruh, dsb. Apa Arraf sudah siap? atau justru saya yang belum siap? kapan kita tahu kalo udah siap?

Well, "we never know, but when they know, you know..." kata dude Crush di Finding Nemo :')


2 comments:

  1. walo udah ngucapin di BBG, blm afdol kalo di blog ga ngucapin juga.. Met Ultah Arraf chayank, smoga makin pintar, sehat slalu, akur sama adek & jd anak sholeh ya.. Gak lupa di Aamiin kan smua do'a emaknya Arraf ^__^

    ReplyDelete
  2. Arraaaaf...calon mantuku yang ganteng, selamat ulang tahun nya kasep.... Turut mengamini doa Ibu :)

    ReplyDelete

 

Blog Template by BloggerCandy.com