Pages

Apple Cake (Apfelkuchen)

Ternyata nyali gue belum cukup gede buat bikin apple pie, pake resep paling mudah sekalipun. Akhirnya dapetin resep ini dari Nisa, katanya ini cemilannya sehari-hari waktu di asrama selama di Groningen (set dah cemilannya beraatt), nyaris serupa dengan apple pie tapi bikinnya lebih mudah. Boleh juga buat pemanasan bikin pie...


Topping:
3 butir apel malang atau Granny Smith, dipotong tipis2
bubuk kayu manis

Mousse:
2 butir apel malang atau Granny Smith, dikupas lalu diblender/parut
1 sdm gula
air perasan setengah lemon
bubuk kayu manis
(seluruhnya dicampur dan dipanaskan sampai warnanya kecoklatan)

Adonan kulit:
250 gr tepung terigu
125 gr margarin atau butter
4 sdm gula
1/2 sdt baking powder
1-2 kuning telur
sedikit bubuk vanili
sedikit garam

Cara membuat 
Campur bahan2 kering
Tambahkan telur dan margarin
Aduk-aduk santai sampai rata dan crumbly (menyerupai remah), pake mixer juga bisa sih biar rata tapi habis itu diaduk lagi pake tangan biar agak padat 
Simpan 30 menit di kulkas sebelum dibentuk loyang
Setelah 30 menit, ratakan adonan di dasar loyang (bisa juga digilas dulu di permukaan datar, tapi kemarin adonan gue malah lengket di penggilesan, ada yang tau kenapa?) 
Tuang apple mousse hingga merata di atas adonan
Susun potongan apel di atas mousse lalu taburi kayu manis
Panggang di suhu 180 celcius sampai warna adonannya keemasan, sekitar 30-40 menit
Tunggu sekitar setengah jam hingga kue dingin supaya bisa dipotong-potong.

Cocok dimakan sore-sore dengan teh hangat. Kombinasi apel dan kayu manis emang gak pernah salah deh...nyummy!! 

1 comment:

  1. rajiiinn.. aku pengen bikin kue tapi ovennya gak punya *alesan, pdhl mah males benernya hekekekeke*

    ReplyDelete

 

Blog Template by BloggerCandy.com