Pages

Senam hamil (lagi)

Agak kikuk emang, ketika seisi kelas adalah ibu-ibu yang baru hamil pertama sementara saya nyingkleung sendirian sebagai yang hamil kedua, bidannya aja kaget "wah, masih langsing ya bu?" atau "masih muda banget ya, anaknya mau dua". Pujian sih ya, tapi kalo dibuntutin pandangan heran dari ibu-ibu sekelas rasanya errrr...

Apalagi kalo misal gerakan senamnya masih amatiran, udah dua kali ikut kelas senam kok ya masih belum gape juga. Haiissh, ternyata ya...gerakan senam hamil, meskipun basicnya sama, tapi metodenya ternyata beda-beda, even itu di satu grup rumah sakit sekalipun. Jadi, kalo misal dulu saya hafal gerakan-gerakan di Hermina Pasteur dari A sampe Z, pas pindah tempat senam ya beda lagi susunan gerakannya.

Pertama senam di umur 30w, di Klinik Bunga Melati tempat biasa kontrol. Tertarik karena metodenya dikombinasikan dengan yogalates (yoga+pilates). Senamnya jam 8 pagi dan sekelas paling banyak cuma 10 orang, bahkan waktu bulan puasa cuma dibatasi 5 orang aja. Di sini pendaftaran pertama bayar 10 ribu, dapet baju bumil warna pink berlogo Anmum. Kalo mau deskripsiin gerakan-gerakannya jelas susah kalo pake kata-kata, tapi emang banyak gerakan semacam meditasi, olah pernafasan, menenangkan pikiran dan relaksasi otot. Diajarin juga cara ngeden secara terlentang dan miring kiri. Kelas diakhiri dengan sesi tanya jawab antara peserta dan bidan. Total durasi sekitar 1.5, dapet Yakult dan kue :D

Seumur-umur saya belum pernah beryoga, pun berpilates. Jadi bener-bener serius ngikutin gerakan yang dicontohin instrukturnya and it works. Suddenly jatuh cinta sama metode ini dan berencana nerusin senam hamilnya di sini aja sampe terakhir. Emang ya, olahraga itu harus diseriusin biar ngefek ke badan. Abis pegel-pegel itu malemnya langsung tidur nyenyak dan badan berasa ringan banget.   

Senam kedua, ambil kelas yang di Hermina Tangkubanprahu. Kenapa pindah, soalnya sabtu-minggu selama bulan puasa ini ayah lembur terus dari pagi sampe siang jadinya harus gantian jagain Arraf. Lagian Arraf bangunnya suka siang, Waktu pertama di Bunga Melati itu saya pergi pagi duluan, trus Arraf ikut ayahnya kerja ke pabrik, baru siangnya jemput emaknya. Kita mikirnya sih kalo metode yoga gitu kan suasana harus silent yah kayanya ga mungkin bawa anak kecil bisa ganggu peserta lain. Tapi ternyata mekanisme kaya gini ribet juga karena aturan di pabrik gak selalu bisa bawa anak kecil ke tempat-tempat tertentu.

Makanya, pas senam kedua saya ambil sesi jam 11 siang di Hermina supaya bisa serah terima. Dengan jadwal ini agak nyaman karena Arraf gak keburu-buru dibangunin, masih sempet mandi, makan leyeh-leyeh dulu sama ayah di rumah sebelum waktunya jemput ibu.

Senam hamil di Hermina sini juga beda sama Hermina Bandung. Kalo dulu kan ada sesi macam hypno-nya gitu, kita tiduran trus ada suara Lanny Kuswandi melancarkan kata-kata sugestif yang menghipno ke alam bawah sadar soal kehamilan, kasih sayang, pentingnya relaksasi dsb (yang mana, gue biasanya ketiduran di sesi itu, maklum perjalanan cibiru-pasteur jauh :p). Kalo di Hermina sini gak ada hipno-hipnoan, tapi tetep ada sesi relaksasi sambil tiduran itu (dan gue pun sukses masih ketiduran, apalagi bulan puasa gini).

Saya sih berharap, ilmu senam hamil ini bisa diingat dan diaplikasikan pada saat melahirkan nanti. Sejujurnya menyesal deh kenapa dulu ngedennya gak bener, jadinya kan kecapean apalagi habis full induksi yang nguras jiwa raga. Hopefully hamil kedua ini bisa lebih tenang, jadi gak perlu diepisiotomi atau dibantu vakum. Sumpeh deh jangan pernah percaya adegan-adegan melahirkan yang di tipi-tipi itu...totally mistake! gak ada tuh kejadian ngeden pake suara jerit-jerit penuh drama dsb..entah kenapa gak ada yang protes, tipi hobi sekali menampilkan drama dan penonton begitu menghayati adegan penuh drama nan lebay itu.   

5 comments:

  1. jadi pengeeen hamiil (lagii) kikikikiii.. sehat-sehat terus ya mama arraf :D jadinya lahiran di malang initeh?

    ReplyDelete
  2. Sok atuh, Lii...mumpung masih muda. Kan nantinya jadi kaya aku, umur 26 punya anak 2 hehehe.

    ReplyDelete
  3. aku ga tau senam hamil kyk gimana, krn skrg disini ngetrend nya yoga, jd lah ikutan yoga

    mau senam hamil, jauh amat yak klu ke pasteur :-)

    ReplyDelete
  4. semga nanti ilmu senam hamilnya bs di praktekkan ya :)

    ReplyDelete
  5. salam kenal sist.... hmmm ngomong untuk ibu hamil tempat jual baju senam nya itu dimana ya sist.... ???

    ReplyDelete

 

Blog Template by BloggerCandy.com