Suddenly Bali (Day 3-4)


Sabtu pagi pengen agak santai, kebetulan lagi ada nenek juga di rumah jadi kita jalan keluarga ke Serangan, ga jauh dari rumah. Serangan ini merupakan dermaga para nelayan juga tempat penangkaran hewan-hewan laut yang mulai punah. Liat kolam-kolam penyu dan kura-kura, Arraf seneng banget tiap megang penyu, penyunya langsung berenang cepet, kecipak-kecipak bikin pusaran air kecil. Ada banyak spesies penyu yang ditangkarkan, emang ya manusia itu suka serakah telor penyu diperjualbelikan secara ilegal padahal populasinya tinggal sedikit, kalo telornya diburu terus kapan regenerasinya. Habis dari kolam penyu terus ke aquarium isi ikan-ikan langka, liat karang yang glow in the dark, keren banget. Dari aquarium lanjut naik perahu keliling danau rencananya mau liat lumba-lumba tapi sayang hari itu ombak lagi gede jadi kita muterin danau aja dari ujung ke ujung, itu juga bocah-bocah sampe ketiduran dimabuk laut ;p Tempat ini cocok lah buat anak-anak, banyak yang bisa dilihat tapi santai.

Oke, kelemahan nginep di tempat sodara adalah kita banyak melewatkan waktu dengan leha-leha di rumah saja, kalo gini apa bedanya leha-leha di rumah sendiri ya, hihi. Kalo stay di public inn kan gak mau rugi pasti jalan-jalan terus seharian di luar, nyampe inn cuma buat bed and breakfast. Tapi gak mungkinlah kita di sini cuma numpang tidur-makan doang, kan niatnya juga emang sambil ngunjungi keluarga yang jarang-jarang ketemu, lagipula budget traveling gini ya enak-enak aja ada tempat makan-istirahat gratisan, numpang nyuci, numpang nyetrika, masak indomie sesuka hati, tidur di kasur empuk, gak dikejar-kejar "billing" kaya di public inn. Trus kan om saya ini juga merangkap breeder kelinci, jadi di rumah ada sekitar 30 kelinci keliaran (gak deng, ya dikandangin lah, cuma sekali-kali dilepas lari-lari di dalem rumah) plus beberapa ekor kucing gede berbulu tebal yang lucu. Poin plus jelas buat kita yang bawa anak kecil mah, hiburan buat dia kan sejatinya yang sederhana aja yang ketangkep sama pandangan dan fokus mereka, yang masuk ke pikiran simpel mereka. Dari satu ekor kelinci udah berarti banget buat anak seusia mereka dengan ngeliat kelinci lari, kelinci mamam, kelinci bobo, kelinci mandi, dsb. Kebetulan sepupu saya anaknya tante ini umurnya juga masih 2.5th, jadi Arraf ada temen main, nafsu makannya juga pelan-pelan pulih karena ada temen makannya meskipun masih meler dan batuk-batuk.

Sabtu sore kita jalan-jalan lagi ke Kuta menikmati sunset, main-main pasir, main ombak. Oh iya baru dapet pelajaran kalo anak mau main air pospaknya dilepas dulu biar gak berat sama air, trus wajib banget bawa baju-celana dan pospak ganti, handuk kecil sama minyak telon. Kalo misalnya lupa bawa pospak, di sepanjang jalan banyak minimarket yang jual pospak satuan, tapi ya better prepare dari awal lah.

Trus kan kita ibu-ibu suka ribet ya ke pantai bawa handbag isi perlengkapan anak, minum, hape, dompet, kamera dsb, mau gak dibawa butuh, mau dibawa riweuh, belum lagi kalo pake motor kan ga ada jalan lain selain dibawa-bawa. Kalo saya sih, bawa tas yang kecil aja yang simpel macam shopping bag trus masukin ke gendongan di belakang, gendongannya bisa nempel di ayah/ibu, pokoknya attached terus ke badan jadi gak membatasi ruang gerak. Kebetulan kalo si Boba ini kan kaya ransel, jadi tinggal masukin, kunci kenceng, gak geser-geser. Hasilnya kaya foto ini, enak kan..handsfree!

 Ya ada juga sih yang gak keberatan buat nyelendang tas, cuma saya sih males pengennya hands-free, gak modis juga bodo amat, siapa siih yang mau merhatiin gitu loh tiap orang sibuk sama kenikmatan liburannya sendiri-sendiri. Setelah main air, bilas, ganti baju, malemnya kita lanjut jalan kaki sepanjang jalan, makan malem di Kuta, foto-foto yah standar lah, pulangnya mampir-mampir ke surf shop dulu.


ini ud hamil 5 bulan, kok perutnya ga keliatan gede yah
Hari minggu, harinya pulang, jalanan Denpasar hari ini udah lumayan sepi, mungkin bis-bis pariwisata yang dari Jawa udah pada pulang dari malem, tiket pesawat juga pasti lebih mahal sore daripada pagi. Hari ini kita rencananya cuma mau beli oleh-oleh sama cium-cium pasir pantai terakhir kali sebelum pulang. Gak tau gak kepengen beli pia Legong, lagian hari itu kita lewat outletnya kok sepi-sepi aja, pintunya juga ditutup gak ada antrian apa-apa, entah udah sold out di bawah jam 12 ya gile bener. Kita nyari pai susu, tapi yang mereknya ASLI karena pertama kali saya nyoba pai susu langsung merek itu dan udah yang paling enak daripada merek-merek pai susu lainnya. Pertama kita cari di toko Bahagia jalan Veteran, ternyata stoknya lagi kosong, terus nyari ke sepanjang toko oleh-oleh di jalan Sulawesi-Kalimantan, lagi kosong juga tapi dikasih tau sama mbaknya suruh nyari ke jalan Nangka atau jalan Wahidin, ke pabriknya langsung. Dang! jalan Nangka kan deket sama rumah, gak nyampe 15 menit kesitu masuk gang-gang kecil akhirnya nyampe juga di pabriknya, wow home industry banget lah, semacam rumah dengan pekarangan luas yang dijadiin pabrik. Ada sekitar 15 pegawai hiruk pikuk bikin adonan, nyetak, manggang, sedangkan packing dilakukan oleh pegawai laki-laki. Ada puluhan fresh pai susu baru keluar dari oven, masih panas dan wangiiii semuanya lagi diangin-angin buat dipacking.
Saya cuma mau pesen 25pcs, tapi kata cici-nya (yes, yang punya cici-cici Bali) dia paling bisa nyediain 20 aja karena dia udah selesai manggang dan semua yang di sini merupakan pesenan orang (sambil lirik tumpukan keresek berkardus-kardus). Bok, itu baru masuk jam 12 siang tapi pesenan udah ratusan dan produksi selesai, mereka emang gak bikin stok lah tahannya aja cuma 3 hari di suhu ruang dan seminggu di kulkas jadi produksi pasti dibuat sesuai jumlah pesanan biar gak ada sisa yang mubazir basi. Alhamdulillah rejeki, si cici balik lagi dengan bawa 25pcs, harga per pcs nya Rp.2000 aja buat pai seenak itu.

Abis dari pai susu kita asalnya mau ke Joger, makan nasi pedes bu Andika tapi apa daya udah jam 1, rencananya jam 3 udah nyampe rumah biar bisa beberes dan ngobrol-ngobrol bentar. Arraf sejajalan teriak-teriak "ikan" mulu, liat danau bilang ikan, tiap parkir dikiranya mau liat ikan, yo wes lah siang bolong ke pantai lagi di Legian. Tuh kan, pantai juga gak seberapa rame hari ini, cuma ada festival layang-layang tambah lagi dia seneng banget karena salah satu layangan bentuknya ikan.



Get tanned in the beach, we're home. Pinginnya leyeh-leyeh dulu sebentar tapi udah gak sempet lagi, mandi, beberes, jam 5 cabut ke terminal Ubung. Cumi, kita ditinggal sama bis Al Mubarok yang udah dipesen dua hari lalu, padahal disuruhnya dateng setengah 6, ternyata bisnya udah berangkat dari jam 5 ini mah pasti kursi kita dijual ke orang untung aja belum bayar. Akhirnya ngedadak cari bis lain, dapet Gunung Harta lagi, seat strategis pula gak kaya bis sebelumnya, emang rejeki ga kemana, berangkat dari Ubung setengah 6 nyampe terminal Arjosari Malang jam 4 subuh. Arraf tidur pules dari jam 9 sampe Malang. Semua teleeerrrr.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url