Pages

23w3d

Sebelum mulai malas nulis (lagi), mariii borongan posting blognyaah. 

Meet the baby again! Kerasa lama dari kontrol ke kontrol selanjutnya, tapi juga menyadari bahwa cuma sekali lagi saya kontrol bulanan, selanjutnya per dua minggu, trus per minggu and then the Day..wew, how time flies.

Kontrol kali ini ke klinik Melati Husada, penasaran sama dr. Nugrahanti Prasetyorini SpOG (dr Nuke) anu kasohor tea seantero kota Malang. Gimana enggak, tiap orang Malang yang ditanyain pasti rekomen dokter ini, browsing kesana sini selalu berujung pada nama dokter ini juga tapi juga ditampar fakta bahwa antrian dr Nuke gila-gilaan, harus daftar seminggu sebelumnya, kalo dadakan sehari sebelumnya ya wassalam. Awalnya memang hamil kedua ini agak santai memilih dokter, karena mungkin sedikit udah tau kunci-kunci penting yang harus ada dalam proses kehamilan dan kelahiran, jadi asalkan konsul nyaman, komunikatif dan telaten udah gak apa-apa gak idealis juga. Tapi lama-lama ya penasaran juga seenggaknya pengen coba kontrol ke dia, mumpung masih dini, antri lama gapapalah kalo keterlaluan banget ya tinggal balik ke dokter sebelumnya.   


Ternyata ya, rumours has it. Dokter ini emang top bangeeuuddhh, kesan menyenangkan udah ditampilkan dari awal dengan teliti nanya-nanya soal riwayat kehamilan, melahirkan, riwayat penyakit dan keluhan-keluhan yang pernah dialami, semua dicatat lengkap di buku kesehatan jadi gak cuma mendengarkan trus nanti lupa saking banyaknya pasien. Momen paling impresif adalah waktu USG, alamakjaaan, belum pernah ketemu dokter yang jelasin mana bilik kiri-bilik kanan otak si bayi, organ tubuh bagian dalam spt ginjal, hati, dsb. Ditelusuri satu-satu dari mulai lingkar kepala berapa, trus dijelasin isi-isinya. Lingkar perut berapa, trus dijelasin dalem-dalemnya. Panca indera, kelamin, kecepatan detak jantung, volume ketuban, dll selengkap-lengkapnya. Jujur, informasi-informasi yang gak kepikiran buat ditanyain juga dr Nukenya udah jelasin sendiri, yang gak ngerti jadi ngerti. Alhamdulillah gak ada kelainan fisik, semuanya normal-normal aja. 

Statistik utun sekarang :
Ave 23w3d
AC 18.8 cm
FL 39.2 cm
BPD 59.9 cm 
EFW 651 g 

Nah, berarti ya, dalam sebulan ini utun naik 300gr, sedangkan emaknya dari 44kg bulan lalu, bulan ini jadi 47kg (utun doang yang gendut, emak mah tetep kuyuuus). 


Pertanyaan selanjutnya cuma apa saya perlu tes darah, macam TORCH dsb tapi kata dokter sih tes darah lengkap aja untuk tau Hg nya berapa. Lupa gak nanyain kalo udah suntik Tetanus masih perlu gak di kehamilan kedua ini, bulan depan deh dikumpulin dulu pertanyaannya. Oh ya, soal penanganan asma yang selama trimester dua ini malah makin sering jadi, kata dokternya harusnya makin besar kehamilan asmanya makin jarang karena tubuh makin hangat, tapi berhubung cuaca Malang belakangan ini yang semakin dingin dokternya memaklum. Treatmen salbutamol inhaler yang biasa saya pake sangat aman buat bumil, cukup dua kali semprot untuk tiap serangan.


Kayanya confirm deh, bulan depan mau ke dr Nuke lagi, semoga lanjut berjodoh sampe lahiran. Suami juga cocok banget, aslinya kan dia sebagaimana bapak-bapak pada biasanya suka pasif kalo di ruang praktek iya iya aja bingung harus nanya apa. Nah, semoga ya dengan proaktifnya dokter ini dalam memberikan informasi, jadi tambah ilmu dan pencerahan juga buat si ayah. Seenggaknya, dia bisa sharing kalo ngobrol sama temen-temennya baik sesama bapak-bapak atau ibu-ibu. Masa udah beranak dua masih a-i-u juga soal hamil dan melahirkan, hehe. 

*dulu kalo posting kehamilan suka di attach sama gambar USG nya, kebetulan di kantor gampang nge-scan, langsung masuk ke email dalam bentuk jpg. Buat dokumentasi lengkap. Sekarang di rumah males motret trus masukin ke kompie nya. Ntar deh kalo udah rajinan baru upload-upload foto. 

2 comments:

  1. ga usah suntik TT lagi rell,kan Arraf baru 1,5 tahun...

    ReplyDelete
  2. oh gitu, Ning? oke siip..
    jaraknya berapa emang kalo perlu suntik TT lagi?

    ReplyDelete

 

Blog Template by BloggerCandy.com