Posts

Showing posts from October, 2011

Floor Plan

Image
Browsing on here and there, combine with reality and limited capacity of drawing and design...here's my floor plan.... *siap-siap diketawain guling-guling sama ayah*


*okay, my civil-engineer-hubby...i know it's very amateur, but you're too busy making one* 

Young House Love

Image
Can't resist it, too lovely to only dreaming of....harus punya dapur kaya giniii...!!!! *pingsan dulu*

Harga Vaksin di Markas Sehat

Dapet infoooo, kalau mau imunisasi di Markas Sehat, berikut price listnya.. Di Markas Sehat, bisa minta imunisasi simultan yang kadang gak bisa dilakukan di RS due to SOP rumah sakit tersebut atau dokternya yang nggak mau.

Harganya gak selalu lebih murah dari RS sih, vaksin kan ada HET-nya sudah tertera di labelnya masing-masing, tapi kalo bisa simultan kan lumayan penghematan. Di Markas Sehat juga dijamin nggak akan dikasih obat-obatan yang gak perlu, pro ASI dan harap diingat di sini semuanya dokter umum yaaa...jadi kalo pingin ke DSA sekalian kontrol bulanan ya perginya ke RS :)

POLIO Rp 50.000,00
BCG Rp 70.000,00
CAMPAK Rp 80.000,00
MMR Rp 110.000,00
TIFOID Rp 140.000,00
HEPATITIS B (ANAK) Rp 80.000,00
HEPATITIS B (DEWASA) Rp 100.000,00
HEPATITIS A (ANAK) Rp 300.000,00
VARICELLA Rp 390.000,00
HIB Rp 220.000,00
DPT (DPaT) Rp 300.000,00
TETRACT-HIB (DPT-HIB) Rp 250.000,00
INFANRIX-HIB (DpaT-HIB) Rp 430.000,00
GARDASIL *) Rp 800.000,00

*) dengan perjanjian dahulu

Alamat …

Mac n Cheese + Tomato (9m)

Variasi dari resep the famous Mac n Cheese, berhubung liat resep ala bulenya agak-agak eneg yah, cuma makaroni sama keju doang, saya tambahin tomat supaya lebih berwarna :)

Bahan :
Setengah pack elbow macaroni/macaroni (saya pake La Fonte, ternyata ada dua jenis makaroninya)
Unsalted butter
Keju cheddar
Tomat, cuci bersih dan buang bijinya

Cara membuat :
1. Rebus makaroni sampai matang, tiriskan
2. Membuat saus tomat keju:
    - lelehkan butter
    - masukkan tomat, hancurkan pake sendok
    - masukkan keju, aduk hingga tomat bercampur rata dengan keju yang mencair
3. Siram makaroni rebus tadi dengan saus tomat keju, bubuhkan oregano/parsley sedikit

* Berhubung saya gak yakin Arraf bisa makan makaroni utuh, jadi ya pas ngasih agak dicincang kecil-kecil..

Kentang Panggang Tuna Saus Keju (9m)

Ini resep modifikasi dari berbagai resep baked potato with yada yada, comot sana comot sini, combine, sesuaikan sama kebutuhan bayi. Tadaaaa....

Bahan:
3 buah kentang tess/10 buah kentang rendang
50gr tuna fillet (bisa diganti salmon/cod, pokoknya ikan berdaging tebal)

Bahan saus:
2 pack Unsalted butter @10gr
3 sdm tepung terigu (Segitiga Biru)
80gr keju cheddar parut (bisa juga diganti cream cheese)
1 cup susu UHT

Cara membuat:
1. Kukus kentang sampai empuk. Kupas lalu tumbuk sampai halus menyerupai adonan perkedel
2. Lapisi loyang/pinggan pakai alumunium foil supaya lebih mudah kalau mau dipindah. Langsung pake mentega juga bisa, bisa juga pake alumunium foil cake cup yang udah jadi.
3. Masukkan kentang tumbuk sebagai lapisan pertama
4. Tumis tuna pakai butter/unsalted margarine, alternatif lain tuna dikukus/dipanggang terlebih dahulu. Tapi tidak disarankan taruh tuna dalam keadaan mentah. Jika tuna sudah matang, taruh di atas lapisan kentang
5. Buat cheese sauce : panaskan butter s…

Very Important Equipment

Image
Never thought would be so dependent on this thing. Very Important Equipment!! 
Kalo masih bareng mungkin bisa cuek, pagi ketinggalan..malemnya bisa catch up. Besoknya jadwal normal lagi..gak masalah.
Kalo lagi e-ping, pagi ketinggalan...siangnya pinjem sana-sini, gantian sama yang punya...malemnya mewek karena PD bengkak tapi mompa ala kadarnya. Besoknya berulang lagi kaya gitu... I'm so in love with Avent. Hisapannya mantep!
Iya, belajar merah pake tangan...bisa kok, bisa...tapi entah gak jago atau salah teknik, hasilnya gak maksimal sebanyak yang dihasilkan kalo pake pompa. Pegel pula pundaknya. 
3 hari bertahan tanpa breastpump. Semoga oleh-oleh asipnya masih kekejar. Bismillah....bantuin Rella, ya Allah.... 

Period!!

Image
Hiiii...setelah hampir 20 bulan bendera merah gak berkibar, kini kembali tegak mengudara. Jetlag juga saking lamanya udah lupa rasanya gimana, gejala PMS, dan treatment pas hari-hari pertama, semua berujung pada kebingungan amat sangat di lorong 'women-diaper', lupa biasa pake merek yang mana. 
Sebenernya sih udah keluar pertama kali waktu bulan Agustus kemarin, tapi bulan depannya gak keluar, dan baru keluar lagi bulan ini artinya ada kekosongan 2 bulan yang mana waktu mau MCU di RSPI, perawatnya berulang kali nanya "ibu yakin gak mau testpack dulu?" Heh, bukannya yakin sih...tapi sebagai perempuan yang udah pernah hamil *cieh* rasa-rasanya sih enggak ada tanda-tandanya yaa dan lagi saya masih aktif menyusui jadi mungkin hormon estrogen masih tarik-tarikan sama prolaktin, yang mana kali ini, estrogen menang...dia 'menghancurkan' dirinya ke dinding rahim, pundung gara-gara gak dibuahi #apeu. 
Dibanding yang sebelumnya, bulan ini kerasa lebih berat karena mengal…

Bragafest 2011

Image
Lokasi : Braga Festival, September 2011. Semuanya jepretan mama Vio




Takut Mandi

Jadwal Arraf mandi tiap hari adalah habis sarapan atau bangun bobo pagi, bisa jam 7, 9 atau jam 11 baru mandi, pokoknya di bawah jam 12 consider as mandi pagi. Sorenya habis makan terakhir jam 4-5an baru mandi lagi biar selesai mandi tinggal main atau bobo, gak belepotan lagi sama makanan.

Bedanya kalo ada saya, kita bangun lebih siang, otomatis sarapan lebih siang, mandinya juga siang (banget). Kebiasaan kalo kita cuma berdua di rumah, saya susah banget gerak karena beranjak dari sampingnya sedikit dia udah merengek heboh, paling bete kalo kebelet ke kamar mandi, harus tega denger tangisannya 2-3 menit, meskipun udah dibilang baik-baik 'dede main ya, ibu ke kamar mandi dulu' tetep aja pas sadar saya gak disitu dia langsung ngacir merangkak ke kamar mandi. 
Baik saya maupun Arraf jadinya sama-sama suka telat makan karena saya gak berani masak-masak sambil gendong Arraf, begitupun Arraf ditinggal ambil popok buat dia sendiripun udah ahak ihik padahal jarak dari kasur ke organizer…

Sembilan - Sepuluh bulan

Image
Dari 9 ke 10 bulan, perkembangan Arraf lagi pesat-pesatnya...amazing how babies are growing rapidly in one blink of an eye. Even 2-3 hari gak ketemu, selalu ada kejutan yang berupa kemajuan atau kabisa baru.

Bulan-bulan ini juga masa paling penuh tantangan buat saya dan Arraf. Berat banget pastinya, harus terpisah mendadak lain kota selama beberapa waktu...pe-er menggunung dari mulai ngurusin mpasi, bebenah manajemen asip dan wajib-gak boleh males pumping. Geez, dulu..duluuu banget waktu awal hamil kepikiran buat titip Arraf di Bdg karena gak suitable buat tinggal nge-kost bareng di Jkt, sampe akhirnya sadar bahwa anak sebaiknya gak dipisahkan dari orangtua, kemudian ngerti tentang pentingnya asi..jadi dibuang jauh-jauh pemikiran mau titip Arraf dan gak kepikiran sama sekali jadi mama e-ping...then suddenly i've become.

How does it feels jauh sama suami dan anak...?? Unspeakable..speechless... Dunno the right word to express the feeling....just....empty....

Anywy...bulan ke 9, Ar…

Butter Rice Salmon (9m)

Ini postingan resep gampang, krn emang keterampilan masak juga cetek walaupun keinginan buat bisa masak tak terbendung. Akhirnya experimen sama makanan anak, karena jauuuh lebih mudah, no complicated-spicies  dan kuantitasnya juga dikit, kalo gak enak gak sayang dibuang :D

Bahan :
Beras putih 1 genggam
Salmon fillet
1 pak unsalted butter
Salam & Sereh secukupnya
Bawang bombay 4 iris tipis

Cara membuat :
1. Tuang beras putih, salam, sereh, dan bawang bombay ke dalam panci, tuang air hingga setengah panci, masak hingga menjadi bubur. Masukkan butter ke dalam bubur sambil terus diaduk. Jika masak pake SC, tuang semua bahan termasuk butter, lalu masak hingga menjadi bubur.

2. Di panci lain, balur salmon fillet dengan butter, taruh di mangkok beserta bawang bombay. Kukus hingga matang.

3. Ambil bubur yang sudah matang, campur dengan salmon kukus, aduk...bisa ditambahkan lemon atau keju untuk menambah selera makan.

MPASI 9 bulan

Ohoo...betapa kacrutnya dunia per-mpasi-an gue, terutama masuk 9 bulan menunya mulai liar dan menggelegar *aposeeehh* Yah, buntut dari berpisah kota sama Arraf, otomatis asupan mpasinya pun udah bukan full authority saya secara udah gak bisa 'turun tangan' lagi setiap harinya, tapi at least memastikan bahan-bahan mpasi cukup tersedia buat diolah plus wejangan apa yang boleh-apa yang nggak boleh dikasih ke Arraf. Praktiknya? wallohua'lam, gak bisa ngawasin tiap menit...tapi Allah selalu melindungi rizki-nya, semoga selalu sehat ya nak.

Sayur
Masih seputaran wortel-brokoli-bayam-tomat-pakcoy-zuccini-buncis. Gak ada tambahan lain, gak ada ide buat ngolah sayuran lain..huhuuu.

Buah

Kiwi
Kiwi kaya vit A, C, serat, potasium dan folat! heyho lengkap banget! Tapi hati-hati, kenapa kiwi baru dikasih umur segini karena sifat acidity-nya bisa bikin rash di area mulut atau pantat. Saya baru kasih Arraf kiwi golden, yang warna kuning karena jauuuh lebih manis daripada kiwi hijau..langsung…