Posts

Showing posts from September, 2011

Home Sketch

Image
Sejumlah sketsa rumah masa depan yang digambar ayah...tetep ya...rumah cuma sebegitu ukurannya dibolak-balik juga membingungkan, hehehe. 







Ini sketsa buat renovasi mendatang, bukan sekarang..catet, bukan sekarang. Untuk semen taun tara, mungkin rumah ini dihuni sedemikian adanya saja sesuai aslinya dulu, mengingat butuh berkarung-karung galleon buat renovasi *banting financial calculator*. Yang dilakukan saat ini cuma finishing bagian depan, kasih atap bagian belakang, ngecat ulang dan bikin dapur. Belum butuh kamar tambahan, secara Arraf juga masih co-sleeping dan gak ada rencana mau ambil ART.

Yup, seumur-umur baru sekali ini kejebak sama namanya kredit bertahun-tahun, called KPR. Hauuhuahauauuu....sempet mengkeret juga sih waktu mau ambil. Hell i'm not a risk taker, apalagi soal uang-utang-cicilan anyway... Tapi mengingat kebutuhan rumah ini mendesak dan harganya masih bisa masuk di celengan, ya oke...kita ambil *dengan segala risiko penghematan di sana-sini*.

Insya Allah...den…

Scrotal Ultrasound

Segitu seriusnya ya saya mendalami soal ini, iyalah..meskipun ini hal yang normal pada 30% angka kelahiran,  juga bisa sembuh sendiri..tetep mesti cari tau ilmunya buat ngikutin perkembangannya gimana. Sekalian, sharing di sini kalo ada parents lain yang butuh informasi penanganan undescended testicles.

Setelah general check up dari DSA, kita mutusin USG aja buat penguatan diagnosa daripada nebak-nebak dimana letak testikelnya Arraf meskipun kalo diraba, sesekali lokasinya ketauan lalu ilang lagi. Menurut Pediatric Urology, penguatan diagnosis melalui radiologic imaging tidak selalu bisa diandalkan karena ultrasound yang dipake hanya bisa mengidentifikasi testis yang tempatnya di inguinal canal (saluran turunnya testis), tapi tidak dapat mendeteksi jika tempatnya di perut (abdomen). Aliran darah di testikel juga gak bisa dideteksi lewat USG karena image yang tergambar biasanya terhalang sama usus.

Tapi karena kita yakin testikelnya Arraf ada, bukan tidak ada atau tidak berkembang (ag…

Harga vaksin 2011 - RSIA Hermina

Inii...harga-harga vaksin sesuai mereknya yang saya dapet dari RSIA Hermina buat tahun 2011. Tahun depan nggak tau ya naik apa enggak, trend kenaikan harga vaksin per berapa jangka waktunya juga saya gak tau.. Saya juga gak tau bedanya merek satu dan lainnya, googling sendiri aja ya?

Bisa sih liat harga vaksin di CDC  cuman kan pake dollar yah, nanti pusing ngitung conversion-nya. Ini lumayan aja buat kira-kira perlu siapin uang berapa sebelum berangkat buat imunisasi :) 

Merek - Vaksin - Harga 

Engerix B - Hepatitis B - Rp 75.800
HB Vax  - Hepatitis B - Rp 79.500
Infanrix - DPT - Rp 307.500
Infanrix HIB - Combo DPT+HIB - Rp 436.200
Okavax - Varicella - Rp 393.250
Polio - polio - Rp 12.500
Pediacel - Combo DPT+HIB+polio - Rp 484.200
Synflorix - Pneumokokus 10 strain - Rp 564.900
Prevener - Pneumokokus 13 strain - Rp 884.400
Tetract HIB - DPT (demam) + HIB - Rp 240.200
Havrix - Hepatitis A - Rp 294.800
BCG - BCG - Rp 40.000
Campak - Campak - Rp 45.000
DPT - DPT - Rp 20.000
DPT…

Alarm

Sanggup gak ya gue nulis ini? Bismillah.. -sengaja pake 'gue' bukan 'saya' karena gak mau kedengeran spt criminal story di majalah-majalah :p 

Jadi, selasa (13/9) habis makan siang, roby telepon ke ext kantor, tumben2an biasanya juga kita whatsapp-an. "ibu pulang ya..mama ada yang nusuk" Hah?!! langsung deg-degan sekujur tubuh, "kok bisa??!" gak ada penjelasan panjang dari suami gue, dia cuman kasih nomer telepon yang cuma gue catet tapi gak nyimak itu nomer telepon siapa. Deg! tiba-tiba gue teriak,  "dede?! dede gimana?" saat itu pandangan n pikiran udah gak karuan sampe sayup-sayup gue denger "dede gak apa-apa, dede sama ibu kost..ibu pulang pake taksi ya". Apapun yang bisa gue beresin dari meja, langsung masuk-masukin tas terus lari kenceng ke luar, ambil taksi. 
Sepanjang jalan rekonstruksi kejadian yang ada di pikiran gue adalah 'arraf mau diculik, ada yang mau culik arraf lagi tidur lalu nusuk mama..culik, arraf, mama...t…

MPASI 8 bulan

Bulan ke-8 ini bisa dibilang jadwal makan berantakan, menunya juga berantakan. Dibanding bulan sebelumnya, bulan ini lebih fleksibel nyobain tekstur dan porsi naik-turun, jadwal makan tetep sama : sarapan - makan siang - buah + cemilan boleh, hanya kalo ada ibu di rumah. Ya bukannya gak percaya ya, tapi segala pemberian yang masuk mulut Arraf masih in moderation saya untuk menghindari kecolongan.

Buah 
1. Buah Naga 
Walaupun rasanya gak terlalu manis cenderung hambar, buah ini kandungan vit C nya bagus banget dan easily digestive. Dimakan dengan cara belah dua, kerok langsung pake sendok atau bisa dipotong dadu. Menarik, karena pup-nya Arraf jadi ada bintik-bintik hitam biji naga, hahaha

2. Plum 
Yakin plum ini rasanya pasti asem kaya peach, bener aja pas dicobain kecut seger gitu tapi spt biasaa yang kaya gini-gini Arraf suka. Plum, spt Prunes, kaya akan serat dan vitamin A dan C. Plum merah, plum hitam, plum hijau udah dicoba..sama semua rasanya kecut tapi apa sih yang kecut yang gak A…

Kiddy Cuts

Image
Terakhir rambut Arraf dicukur habis waktu umur 5bln, sekarang rambutnya udah gondrong lewatin telinga n terlalu tebel, kasian juga kalo kepanasan. Sengaja diniatinnya mau cukur pas libur lebaran aja biar lagi ada ayah jadi ada yang pegangin Arraf pas dicukurnya kalo saya gak berani, pasti tangan tukang cukurnya ditepis mulu ;p

Eh kebetulan, iseng ikut kuis @ParentingINA di Twitter ternyata menang, hadiahnya voucher KiddyCuts senilai 100rb. Alhamdulillah sesuatu banget kan ya, secara dari dulu gak jadi-jadi mau ke salon bayi, other than that..sayang duitnya. Untungnya bisa pilih mau KiddyCuts yang di Istana Plaza aja, tapi waktu itu gak bisa ngambil hadiahnya di BIP, jadi Parenting e-mail tanya alamat mau kirim ke kantor Jakarta aja. Udah berminggu-minggu nunggu belum ada voucher yang nyampe kantor. Baru deh seminggu sebelum libur lebaran nyampe, dan sebagai komplemen keterlambatan mereka, dikirimlah 2 lembar voucher senilai sama, lokasi sama dan tanggal expired yang sama!

Plis deh...s…

Perbekalan Mudik

Image
Ini mudik pertama Arraf, sejujurnya paling susah bawa bayi itu ya masa-masa ini di mana udah gak asi ekslusif lagi, tapi juga belum kuat makan table food, makdarit persiapan buat tetep ber-mpasi homemade pun dijabanin dengan membawa perlengkapan sbb :

1. panci stainless kecil diameter 10cm buat masak bubur, gasol atau oat
2. wadah-wadah storage kecil buat bawa gasol n oat secukupnya (jadi gak perlu sama kotaknya)
3. mangkuk dan sendok makan 2 set
4. dua botol susu dengan asumsi bakal lebih banyak nyusu langsung daripada minum asi botol
5. sabun pencuci botol
6. coolerbox+ice gel buat nyimpen yoghurt n sayuran (kali aja bisa ngukus somewhere)
7. parutan keju
8. baby safe feeder (barangkali mau dicoba makan pake itu)

Udah, gitu aja...no rempong dan ternyata gak semua kepake juga. Dengan jadwal mudik sedemikian ketat saya gak sempet buat masak bubur/gasol/oat karena sibuk bercengkrama sana-sini dan safari dari sodara satu ke sodara lainnya. Practically, kalo dalam perjalanan Arraf makan di mobil…

Ramadhan & Lebaran 1432 H

Image
Alhamdulillah, kembali dikasih kesempatan lewatin Ramadhan dan Lebaran 1432 H bareng keluarga kecil dan keluarga besar. Ini kali pertama Arraf ngalamin puasa-lebaran dalam wujud bayi, setahun sebelumnya kan masih dalam perut ;p

Bulan ramadhan kali ini dijalanin di rumah kontrakan di Bekasi, barengan sama mama mertua dan Arraf. Ayah tetep di tempatnya merantau spt tahun lalu. Kalo tahun lalu Arraf selalu gerak-gerak di perut pas waktunya sahur, kali ini dia udah bangun dari jam setengah 4, colok-colok muka ibunya bangunin sahur dimana kadang saya cuekin aja abis ngantuk. Yaaa, akhirnya sih bangun juga karena saya gak berani nekat puasa tanpa sahur kalo lagi menyusui gini..lah wong sahur aja suka dehidrasi, apalagi gak sahur. Eh niatnya bukan biar gak lemes sih, tapi harusnya karena ibadah ya karena sahur kan sunah Rosul :)

Menu sahur spt biasa aja sehari-hari, sayur dan sayur *sejak menyusui gue jadi monster sayur* yaa sesekali protein hewani walau tetep lebih banyak protein nabati dar…