Posts

Showing posts from July, 2011

Cerita Bali part III

Image
Bangun pagi di Kuta, hmm segeerrr...karena baru kali itu tidur 'beneran' setelah sebelumnya 2hr tidur di perjalanan. Gak pengen bangun cepet-cepet masih nikmat banget ngelingker di bawah selimut tebel, apalagi ada Arraf di sebelah *heaven*. Nih bocah beneran tidur pules banget dari malem, gak kebangun sama sekali *turunan siapa siihh...*

Tapi, berhubung itinerary mengharuskan check out jam 10 jadi kita udah mandi bareng-bareng dari jam 7 lanjut packing dan sarapan. Gak terlalu bingung cari sarapan buat Arraf karena disitu banyak buah-buahan potong sama roti-rotian, Arraf makan roti gandum sama pepaya tapi rotinya cuma diacak-acak aja disobek-sobek, gak ada yang kemakan.

Ah iyaa...kebetulan pas liburan ini timingnya barengan sama Arraf numbuh gigi, pas masuk 7 bulan. Sebelumnya masih titik-titik putih aja, sekarang udah muncul giginya ke atas hihihi. Jadi roti gandum tuh cuma dia sobek-sobek aja sama mulutnya, mungkin giginya gatel penasaran aja kali ya jadi apa-apa cuma digig…

Cerita Bali part II

Image
Selasa pagi (5/7) kita masih bisa bangun siang, santai dan main-main dulu di kost, secara dari kostan ayah ke pabrik cuman tinggal ngesot 5 menit doang. Jadi pas berangkat nyampe pabrik jam 11 langsung duduk di bus gak nunggu lama, udah bekel mainan, makanan, berbotol-botol minuman, cemilan dan mpasi Arraf buat sorenya, puree ubi cilembu+jeruk. Total ada 23 bus berangkat dari Lawang hyuuk kebayang uler iring-iringannya sepanjang apa. Kalo ngobrol sama beberapa temen ayah yang gak bawa anak bayinya sih katanya mereka takut anaknya rewel dan lagi ribet kudu bawa termos buat nyiapin susunya. Yaaa, kita juga punya kekhawatiran yang sama sih mau nempuh perjalanan darat lebih dari 12 jam, tapi Insya Allah deh selama bisa saling bahu-membahu ngatasin anak gimanapun caranya pasti bisa ditaklukan. Gak ada opsi buat titipin Arraf ke rumah mama atau gak ikut gathering. Buat kami, Arraf masih terlalu kecil ditinggal-tinggal lama sama orangtuanya, makanya semuanya kita bawa santai aja...kalo ortu …

Cerita Bali part I

Image
Ehm, sebelum Julinya habis, sempet-sempetin deh cerita liburan keluarga hihi. Berhubung ini traveling pertama kita bertiga, excited banget jadinya padahal perginya cukup mendadak gara-gara selama Juni itu banyak banget project di kantor dan RUPST mepet di tanggal 30 Juni itupun masih tentative ada kemungkinan mundur ke Juli jadinya kalo mau direncanakan jauh hari takut salah beli tiket *ogah rugi*. Galau segalau-galaunya, akhirnya kita baru mutusin mau ikut Family Gathering-nya kantor ayah dua hari sebelum berangkat.

So, malemnya sebelum berangkat, flash packing deh buat seminggu kebutuhan saya sama Arraf, total cuma 1 travel bag sama 1 backpack. Puas banget! Soalnya emang menghindari banyak tentengan biar bisa konsen sama Arraf dan gak ada yang kececer-cecer, jadi di backpack itu isinya kebutuhan2 yang biasanya butuh cepet macam kosmetik ibu-Arraf, mainan, topi, jaket, botol susu, earmuff, sapu tangan, nursing apron, hp, kamera, wet tissue, sanitizer, dsb dan dibawa naik ke kabin.

Se…

Tujuh Bulan

Image
Banyak banget yang terjadi selama 7 bulan ini, mesti mengingat-ingat cukup keras soalnya kecepatan CPU sudah rada menurun nih. Terakhir ditimbang waktu 6m2w kemarin beratnya 7.5kg, naik tipiiis banget ga nyampe setengah kilo, padahal perasaan makannya udah banyak. Sedih juga sih, tapi positif thinking karena sejak sekarang gerakannya udah macem-macem dan banyak makan banyak pup juga. 

Shock juga karena sebulan ini milestonenya cukup pesat makanya kudu kasih perhatian extra biar tumbuh kembangnya maksimal. Yang pertama, duduknya makin mantep. Waktu awal mpasi kan belum bisa duduk sendiri, jadi makan masih di carseat, ditaro di booster punggungnya merosot. Sekarang dia udah bisa duduk sendiri dengan cara nungging dulu baru mundur menghempaskan bokongnya ke belakang, hihi. 


Yang kedua, Arraf kan belum bisa ngorondang (bhs indonesianya apa ya, merangkak sambil merayap gitu?), jadi dia kalo maju ngesot sepatah-patah pake lututnya, biasanya saya rangsang pake mainan atau barang apa gitu yan…

Resep MPASI Arraf 6m

Utensils : saringan kawat, sendok, mangkuk, kukusan, parutan keju, peresan jeruk

Puree Alpukat 
1 bh Alpukat matang (jenis mentega atau biasa boleh, tapi jenis mentega less serat)
ciri-ciri alpukat matang: dagingnya empuk banget dan kalo di-shake bijinya kedengeran 

Belah alpukat jadi dua, buang biji dan kulit biji yang menempel pada daging. Kerok dagingnya, lalu haluskan dengan cara bejek-bejek di atas saringan pakai sendok.

Puree Apel 
1 bh Apel pacific rose/fuji/royal gala

Cuci bersih, kupas kulitnya, potong-potong jadi 6-8 bagian, buang bijinya.
- Taruh di dalam mangkuk, lalu kukus sampai empuk. Setelah empuk, haluskan di atas saringan satu per satu. Sertakan air dalam mangkuk kukusan ke dalam puree.

- Untuk mendapatkan sari apelnya saja, apel tidak perlu dikukus. Setelah dikupas kulitnya, cukup diparut lalu disaring, hasilnya hanya air apelnya saja tanpa daging.

* untuk finger food, apel kukus/tidak setelah dipotong-potong langsung diberikan kepada bayi.

Puree Pear 
1 bh Pear xiang lie…

MPASI 6 bulan

Sejujurnya, menjelang Arraf mpasi, saya udah susun menu sebulan hasil browsing sanasini, termasuk menyesuaikan bahan-bahan puree buat wikday, dan bahan-bahan BLW buat wiken. Seminggu sebelumnya dipantengin terus tuh jadwal, bongkar pasang menu, mikirin AKG (angka kecukupan gizi) dan tahapan pengenalan tekstur.
Implementasinya? blas! Apa aja deh yang ada di rumah dimasak, jadi sistemnya buka kulkas baru mikir mau masak apa dari bahan yang ada. Hambatannya apa buat ngikutin jadwal? gak ada sih..kan sebetulnya tinggal belanja sehari sebelumnya, tapi ya beberapa hal teknis spt hari ini jadwalnya beras merah, tapi Arraf gak mau, akhirnya harus ganti menu lain kan? atau waktu dikasih pisang nyatanya bikin sembelit, ya besoknya langsung ganti lagi, atau lagi kebetulan ada yang ngasih pepaya trus di kulkas ada jeruk, ya dicampur, lain lagi waktu makan alpukat setengah, ternyata sisa setengahnya lagi pas besok udah menghitam/busuk, gak jadi makan alpukat lagi kan, ya pokoknya dadakan banget me…