Posts

Showing posts from June, 2011

Manajemen ASIP a'la moi

IMHO, S1, S2, S3 cuma labelling. Gak ada yang berhak untuk men-judge seorang ibu tidak mampu menyusui, atau seorang anak disebut anak sapi. Saya, dari kecil gak minum ASI, tapi bukan buat disesali, tapi dijadikan pelajaran ke depannya buat anak saya.

Apapun yang kita kasih buat anak, pastilah itu perjuangan, termasuk kasih asi. Disebut perjuangan karena gak segampang buka bra, pencet langsung ngocor..jaman sekarang banyak faktor X nya, apalagi WM. Kalau baca-baca perjuangan ibu-ibu lain, Alhamdulillah...jalan saya dimudahkan Allah, hampir gak ada kendala berarti. Makdarit, saya mau sharing manajemen asi ekslusif ala saya :D

Supply (stok asip)
Saya mulai perah asip buat stok kira-kira sebulan sebelum cuti selesai. Sebelumnya asip dipake buat pergi atau lagi ditinggal mandi, makan, dsb. Pertama kali perah asi, cuma 60ml dan konsisten terus di kisaran 60-80ml tiap kali perah sehingga botol kaca yang kapasitasnya 110ml baru penuh setelah 2x merah.

Saya merah gak pake jadwal, berhubung wak…

little pumpkin

Image
Arraf (6m) makan puree labu parang + pear.  Mukanya sumringah walo belepotan kuning. 
Puree Labu Parang (6m) - Labu parang (labu halloween) 5 kotak dadu
Labu dikukus bersama kulitnya, jangan lupa bijinya buang dulu karena biji ini bikin sembelit. Setelah lunak kupas kulitnya.Taruh satu potong di atas saringan kawat yang telah diberi mangkuk penampung di bawahnya, lalu bejek-bejek (tekan-tekan) sama sendok. Karena labu ini tidak akan langsung menyaring ke bawah, melainkan nyangkut di saringan bagian bawah, maka sendok bagian bawah saringan untuk mendapatkan saring labu halus.
ps: bisa dicampur asi kalau mau

Enam Bulan

Image
Selamat 6 bulan, Arrayyan Agrapana Arraf...Doa kami semoga kamu jadi anak sholeh, membanggakan keluarga, bermanfaat bagi sekitar dan kuat agamanya. Sujud syukur tak terhingga, anak kecil mungil waktu lahir ini menjelma jadi a half-year old baby. Setengah tahun perjalanan dilalui dengan Alhamdulillah lancar dan menyenangkan. Bersyukur pada Allah yang mengamanahi saya rezeki asi, meskipun gak melimpah, tapi dicukupkan untuk memenuhi kebutuhan hidup makhluk ciptaannya. Arraf sudah mulai MPASI, rezeki lain yang gak habis-habisnya buat disyukuri. Milestone 6 bulan ini masih kelanjutan dari bulan lalu, onggong-onggong setiap waktu, mau tidur, bangun tidur, lagi maen, dimanapun selalu onggong-onggong kadang sambil maju atau muter (sekarang udah gak ngesot mundur lagi).

Dia juga suka naikin badan dan lututnya, bertumpu pada tangan dan kaki mirip orang mau start balap lari. Itu tandanya mau apa ya? soalnya kalo merangkak kan tumpuannya ke lutut dan tangan...
Arraf masih belum bisa duduk, tapi …

My First Solid!

Image
Tanggal 2 Juni, Arraf mulai MPASI. 6 bulan kurang 5hr, bukan mpasi dini kaaan? ;p Soalnya emang sengaja nyari waktu dimana ayah-ibunya bisa cuti agak lama buat sama-sama dampingin makan pertamanya dan long wiken ini timingnya pas banget.

Sumpah, malem sebelumnya saya mendadak galau berat, ada dualisme perasaan di dalem sini *nunjuk hati*. Excited sekaligus hepi, tapi tambah haru dan sedih juga. Ada sedikit perasaan gak rela buat melepas Arraf mpasi, ada 'saingan' selain asi yang sekarang menghuni perutnya. Asupannya terbagi dua. Jeles sama alpukat, jeles sama apel, jeles sama pear...jeles sama makanan-makanan itu. Emang sih, 80% asupan makanannya masih asi, dan asi itu tak tergantikan...agak takut gimana kalo Arraf lebih suka makan daripada nenen, gimana kalo dia lebih suka air putih daripada asi, gimana kalo jadi mogok nen, gimana-gimana lainnya yang lebay. Harusnya saya gak gini ya, malah lebih lega karena bisa agak tenang kalo mau titipin Arraf di rumah neneknya, bisa dijej…