Posts

Showing posts from January, 2011

mobile baby

Image
Jalan-jalan sama bayi, ternyata gak selalu bikin ribet. Malah seneng-seneng aja karena kitanya lebih tenang gak kepikiran terus anak di rumah. Kebetulan Araf anteng kalo diajak jalan, mungkin kebiasaan dari dalem perut sering pp jkt-bdg, jadi goncangan mobil serasa lullaby buat dia :D


Araf udah dibawa keluar rumah dari umur 4hr buat imunisasi dan cek bilirubin ke RS. Selanjutnya hari ke 8, 12, 17, trus 31hr.. Gak ngerti sama aturan jaman dulu kenapa bayi baru boleh dibawa keluar setelah lewat 3bulan, apa maksudnya bener-bener gak keluar rumah sama sekali atau maksudnya keluar main..syukurlah keluarga gak ada yang strict soal yang ini.

Saya sendiri penganut 'bayi harus diajak maen' haha, ya berusaha 'memanusiakan' bayi ajalah, kalo seharian selama berbulan-bulan diem di kamar di rumah terus apa gak bosen? dibawa jalan keliling gang sambil dijemur aja anaknya seneng banget, badannya gak mo diem, kepalanya muter sana muter sini liat-liat sekeliling. Sekalian ya buat dilat…

the baby blues

Been there done that! *bangga*


Kayanya emang harus ngelaluin babyblues dulu deh buat saya ngerasa bener-bener jadi ibu! oh well..saat-saat pertama punya bayi itu saat yang paling menakjubkan. Takjub sama perubahan rutinitas mendadak, takjub sama kedatangan makhluk mungil yang sangat demanding, takjub pula sama perubahan bentuk badan jadi kaya emak-emak.. *ini sih guee, hipster jeans nya gak muat lagi* :p

Semua perubahan mendadak itu stressing banget, sadar gak sadar kealamin juga si babyblues atau versi kelanjutannya, post-natal depression. Bawaannya pingin marah-marah, nangis en sensiii berat. Awalnya pede aja gak bakal ngalamin soalnya udah banyak denger n baca soal ini, tapi suddenly falling into that thing juga, dimana *dengan mata hari ini* saya udah bisa menganalisis sebab-sebab dan kondisi babyblues kemarin:

Bingung. Jadi ibu baru bukan hal yang mudah, walau teori udah banyak disimpen di kepala, pada praktiknya masih suka bingung sama hal-hal simpel macam kiri dulu atau kanan…

satu bulan melihat dunia

Image
7 Januari 2010, Arraf udah 1 bulan, beratnya 4235gr, 53cm (naik 1.3kg-5cm dari lahir).

Arraf suka bobo tengkurep (kalo diboboin gini bisa berjam-jam), dari tengkurep udah bisa bolak balikin kepalanya sendiri kalo pegel.
Senengnya bobo nemplok di dada, kalo digendong nemplok alhasil bakal bobo.



Sekarang jago nangis bombay alias nangis boongan cuma mau diperhatiin doang, ini terutama terjadi kalo lagi ditinggal makan atau lepas dari sisinya bentar.

Sok iye angkat-angkat kepala kalo ditengkurepin, atau lagi digendong tegak (kadang kakinya pake nginjek-nginjek segala)

Latch-on nya udah beneerr...udah bisa ngira-ngira posisi mana yang nyaman buat dia termasuk narik-narik puting ibu kalo lagi males nenen, daan sukses teler susu.

kalo mandi udah gak nangis-nangis lagiii...

and...how i will be miss his smile on days ahead...huks.

Aqiqah

Image
Dalam kitab Nailul Authaar V:224, "Aqiqah ialah hewan yang disembelih karena bayi yang dilahirkan". Perintahnya sendiri didasarkan pada hadits Ali ra, bahwa Rasulullah Saw menyembelih aqiqah seekor kambing dan berkata: "Hai Fatimah, cukurlah rambut kepalanya dan bersedekahlah seberat timbangan rambutnya itu dengan perak. Lalu kamu timbang, maka timbangannya sama dengan satu dirham atau setengah dirham". Aqiqah ini hukumnya sunnah muakkad (sunnah yang sangat dianjurkan) yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah SAW yang ditanggungjawabkan kepada orangtua anak yang baru lahir.

Tentang aqiqah ini banyak dalil yang mengatur, tapi diutamakan waktunya pada hari kelahiran ke 7, 14, 21 atau kalau tidak bisa kapan saja bila mampu karena prinsipnya Islam itu memudahkan, bukan menyulitkan.

Aqiqahannya Arraf, dilakukan di hari ke 18 tanggal 25 Desember kemarin, semata-mata karena lagi long weekend bisa kumpul keluarga besar dan udah pasti ayahnya bisa pulang. Acaranya sendiri…

Des'10: I'm a Proud Wife...

Image
Even words cannot express how grateful i am to have him as lovely husband and dad of our son :)

As we grow older together, As we continue to change with age, There is one thing that will never change. . . I will always keep falling in love with you.
- Karen Clodfelder

19 Desember 2010, happy lovely first anniversary my biggest supporter, Roby Hidayat :*