Pages

Nugget Tenggiri (9m+)

Udah sering banget nyari resep nugget, udah dapet-save dari sana sini juga, asalnya mau bikin Nugget Pelangi-nya MPASI Rumahan, tapi beneran deh..tiap kali mo bikin, malesnya kaya apa gak jadi mulu..pikiran saya bikin nugget rempong mesti kukus-guling-kukus lagi, bakal lama masaknya, makanan level tinggi gak yakin bisa bikin sendiri. Tapi setelah liat contoh nugget homemade-nya Bebitang, ngobrol2 sama Renny, trus baca resepnya teh Dinni, keknya mesti dicoba nih...lagi-lagi justifikasinya, buat anak bayi mah gak ada rasa juga dimakan jadi jangan takut gagal :p


Bahan-bahan
200gr fillet ikan tenggiri (ternyata daging tenggiri banyak serat-serat putihnya yang kayanya bakal susah dikunyah)
2 lembar roti gandum (kupas kulitnya)
200gr susu UHT
50gr keju cheddar parut
Sedikit lada would be nice
Bawang putih/bawang bombay, cincang halus
1 sdt rempah-rempah (gak tau kenapa seneng aja bubuhin dedaunan ini)
1 telur ayam
Breadcrumbs/oatmeal/tepung panir

+optional :
- gula dan garam secukupnya
- sayuran (wortel atau brokoli)

Cara memasak
Rendam roti gandum dengan susu sampai layu
Campurkan daging ikan, bawang putih cincang, blender sampai halus
Masukkan adonan ikan ke dalam adonan roti, aduk sampai rata jadi adonan baru
Masukkan keju cheddar, aduk lagi
Bubuhkan lada dan rempah-rempah, aduk kembali sampai rata

Masukkan adonan ke dalam cetakan/alumunium foil supaya berbentuk ketika matang
Kukus kurang lebih 30 menit sampai adonan mengeras
Setelah matang, iris-iris sesuai keinginan
Gulingkan nugget ke kocokan telur, lalu gulingkan di tepung panir, ulangi 2x hingga merata
Bisa dibekukan, langsung goreng atau kukus kembali.

Hasilnya...haiissh, berasa makan pempek. Hahaha. Bau tenggirinya menggoda, sayang kemarin gak punya cetakan nugget, jadi cuma digulung di alfoil aja trus iris bulat-bulat.

No comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com