Pages

Sebelas bulan

At this age, your baby can probably imitate word sounds and inflections. He may be able to follow simple one-step directions, such as "Please bring me the ball" or "Pick up the spoon." Help him learn by separating multistep commands into easy-to-follow single steps, reinforcing them with gestures. -- Baby Center
Alhamdulillah, anak ayah dan ibu udah masuk 11 bulan :)

Belum ditimbang dan diukur panjangnya lagi, belum ada kesempatan...yah, gak rutin bawa Arraf buat kontrol bulanan juga sih, baru ke dokter kalo mau meriksa yang lain-lain..macam ni 11 bulan, gak ada jadwal imunisasi, gak ada sakit juga..mungkin baru bulan depan kontrol 1th sekaligus konsul ke endokrin lagi. Badannya sih melangsing, gak segendut waktu <6 bulan, mungkin tambah tinggi juga ya dan aktivitasnya makin banyak jadi energinya keluar lagi.   






Seperti kutipan Baby Center di atas, Arraf juga babbling-nya mulai jelas, mamam, nenen, dadah, tuh, tah, mama, dede, dan udah tau banget objek yang ditunjuknya itu apa, sekaligus nama objek tsb..kalo ada anak kecil lain lagi ngoceh, dia juga suka ikutan ngejawab pake bahasa bayi.

Udah mulai ngerti juga sama perintah, misal lagi pegang bola trus suruh lempar sini sambil diperagain cara melempar, ya dia berusaha lempar ke arah kita meskipun lemparnya mah sembarang tapi dia tau tujuannya. Kadang kalo lagi pegang sesuatu trus sama kita diambil juga dia lebih insist pertahanin pegangannya makin kenceng atau rebut balik kalo diambil.

Giginya udah ada 6, empat di atas, dua di bawah. Gede-gede. Setelah tumbuh gigi, Arraf malah makin mirip ayahnya, padahal dari bayi sampe ompong masih mirip saya sekarang muka ibu udah ditinggalin, plek plek jiplak muka ayah :')


dede anak ayaaah
 Selera makan masih bagus, makan banyak 3x sehari (sarapan, makan siang, snack) + cemilan macam biskuit, cookies atau roti gandum. Pup udah 2-3x sehari, boros diaper deeehh :p Kebiasaan makan juga berubah, yang tadinya rapi banget disuapin, sekarang udah pengen pegang sendok nyuapin sendiri. Porsi makan ya jelas lah bertambah, tapi porsi nyusu juga nggak berkurang, masih kisaran 800-900ml/hari. Meskipun begitu, konsumsi air putih tetep seret..gak nyampe 20ml/harinya.


Beberapa anak lain mungkin udah mulai berdiri dan jalan sendiri di usia segini, tapi Arraf belum. Merayap dan merangkaknya sih tambah cepet, gak dalam hitungan menit udah pindah dari satu sandaran ke sandaran lain, pokoknya tiap ada barang yang bisa jadi pegangan ya dipanjatin, termasuk perosotan, dipanjatin dari bawah ke atas. Turun kasur setinggi badannya juga udah bisa, kaki duluan dan ngejejaknya udah ajeg. Bisa diberdiriin tanpa pegangan, tapi begitu sadar ambruk lagi. Arraf pun hobi dorong-dorong bangku atau galon, nah..pas gini dia lancar banget ngelangkahnya, tapi pas disuruh jalan sendiri malah mengkeret. Sempet 1-2 langkah sadar, kemudian merangkak lagiii..    


Heee ya gak apa-apa deh, sabar aja ya, nak...semua proses kok..nanti juga bisa jalan sendiri :)
Kalo anaknya tumbuh sehat dan normal itu, luar biasa senengnya ya..melebihi segalanya. Truly happiness. 

No comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com