Pages

MPASI 11 bulan

Yee...bulan depan nggak bikin lagi review beginian, udah 1th udah table food. Tapi tetep bingung juga sih, se-table-table nya makanan anak, tetep nggak bisa ngikutin makanan aneh-aneh emak bapaknya kan yaah..tetep aja lewatin proses pengolahan sendiri dulu. Fiuuhh *eh kok ngeluh? ya gak masalah kan harusnya?*

Grains and Carbo
Kalo sebelumnya makan nasi icip-icip doang, bulan ini Alhamdulillah, udah full makan nasi biasa. Kesukaannya kalo lagi makan bareng keluarga, Arraf ikutan cukil-cukil nasi pake centong trus dituang ke piring orang dewasa niruin neneknya (padahal nasinya gak kebawa), habis itu dia kobok-kobok panci nasi sambil dicemilin. Lama-lama dia jadi suka nasi, dan sekarang tiap makan tinggal siapin lauknya aja *welcome less rempong!*, nasi kepal hangat jadi favoritnya, diisi ikan, keju atau sayuran.

Sayuran
Mungkin sekarang udah segala jenis sayuran di makan sebagai makanan utama atau cemilan. Sebagai orang Sunda, kami pelahap macam-macam daun, begitu pula yang ditanamkan ke Arraf...hehe. Tapi kangkung belum nih..bingung ngolahnya gimana, daun kangkung kan agak keras.

Sekarang lagi hobi ngemilin wortel sama labu siam kukus, bagus deh nak...

Buah
Sama seperti bulan-bulan sebelumnya, buah potong gigit langsung. Kiwi sudah makan yang hijau, gak ada masalah sama yang asem-asem. Semua udah dicoba, stage selanjutnya adalah berries, dikenalin nanti seudah
1th.

Proteins
Ikan kakap Merah (Red Snapper)
Ini sebenernya dalam rangka pengen ngenalin macem-macem ikan ke Arraf, tapi senemu-nemunya aja yang dalam kuantiti kecil. Kakap merah ini ikan khas Indonesia dan Mexico, negara di mana makanan-makanannyanya penuh bumbu dan kaya rasa. Emang kakap ini rasanya enak banget, gurih, dagingnya juicy dan enak diapa-apain. Sementara ini sih masih diolah kaya ikan-ikan lain aja, dibikin sup, tumis atau kukus. Lebih enak lagi dioles butter, ditetesi lemon, chilli atau rempah-rempah.

*ahh jadi pengen makan kakap asam-manis

Snack
Cemilan lain adalah agar-agar. Agarnya pake Swallow Globe yang plain, karena komposisinya hanya rumput laut saja. Biar ada rasa, saya campur air jeruk atau susu..makannya diserut atau potong langsung, siram susu jadi kaya vla. Berguna lho buat melancarkan pup :)

Ini ada tips makan agar-agar buat balita dari Ayahbunda :

Tip Makan Agar-Agar Untuk Balita
Tekstur kenyal agar-agar sangat menarik indera perasa balita. Namun untuk memberikannya kepada balita, ada aturannya sendiri lho. Selain cara memakannya, Anda juga perlu tahu jenis dan cara mengolah agar-agar.
Selain dimakan begitu saja, agar-agar juga digunakan di banyak olahan makanan, di antaranya pengental sup, puding (jelly), campuran es krim, dan anmitsu (sejenis dessert) di Jepang. Bentuknya pun ada yang bubuk, batangan/serpihan serta kertas. Varian rasanya juga kaya, seperti rasa jeruk, stroberi, leci, mangga, jambu klutuk,  melon, cokelat dan tawar. Saat ini, agar-agar siap makan juga disajikan dengan campuran susu prebiotik sehingga makin sehat saja. Meski demikian, tetap ada aturan makannya lho, Bunda...

•Berikan dalam potongan-potongan kecil agar anak tidak tersedak. Bagi anak di bawah usia 3 tahun sebaiknya dalam bentuk serutan/serpihan.

•Dimakan begitu saja enak, bisa juga dibuat 1001 resep puding, disajikan bersama irisan buah atau vla, dibuat minuman es sarang burung, campuran es buah, atau dibubuhkan saat memasak nasi (agar-agar tawar) untuk mendapat nasi berserat tinggi yang padat dan pulen.

•Kadar gula agar-agar (kecuali rasa tawar) umumnya tinggi, karena itu batasi pemberiannya. Jangan diberikan dekat waktu makan karena bisa merusak selera makan anak.

•Membuat sendiri. Untuk mendapatkan agar-agar yang cukup kenyal perlu 2 sendok teh (agar-agar bubuk) atau 2 sendok makan (agar-agar serpihan) per 600 ml air. Untuk mendapatkan hasil sempurna, biarkan agar-agar 10-15 menit terendam air sebelum dimasak. Memasak agar-agar butuh waktu 5 menit (bubuk), dan 10-15 menit (serpihan). Jangan lupa terus mengaduknya supaya tercampur rata. Simpan agar-agar di kulkas
agar tidak rusak atau tercemar. Agar-agar bisa direbus dan dicairkan ulang jika perlu.

•Membeli jadi (siap dikonsumsi). Pilih produsen bereputasi baik. Pada kemasannya  tercantum kandungan gizi, bahan, zat tambahan (pewarna, pemanis) yang aman dan khusus untuk makanan, dan tanggal kadaluwarsa. Pastikan kemasannya utuh, tidak robek/rusak sehingga tercemar mikro-organisma berbahaya.

•Jangan membeli agar-agar siap makan dari pedagang keliling (disajikan dalam cetakan agar-agar), karena diduga menggunakan pewarna tekstil.

•Tidak semua buah-buahan cocok dimakan bersama agar-agar. Jeruk dan stroberi tercampur dengan baik di agar-agar, namun kiwi tidak. Enzim tertentu pada nanas, pepaya, mangga, dan peach dapat merusak struktur agar-agar. Begitu juga cokelat. Namun ini tidak berlaku jika buah-buahan tersebut diproses terlebih dahulu.

1 comment:

  1. ketemu jg yg dicarii*tentang agar2*Berguna banget infonya.. Makasiihh

    ReplyDelete

 

Blog Template by BloggerCandy.com