Pages

MPASI 10 bulan

Hasiiikk, update lagi makanan yang udah masuk ke perut Arraf selama 10 bulan kemarin. Bulan ini lumayan banyak bahan baru yang masuk, walau tetep aja saya masih cemen ngasih yang menantang-menantang, bukannya apa-apa..karena Arraf nggak 24/7 sama saya, as simple as that ...jadinya petualangan MPASI Arraf tentu nggak melanglangbuana, pembenaran yang bisa jadi alasan: masih ngandelin ASI sebagai kebutuhan utama <1th :)

Buah

Anggur 
Anggur inii...somehow meragukan. Karena ada yang bilang bagus dan tidak bagus, due to safety issue..iya sih, takut bikin tersedak.. Tapi yang pasti, anggur ini mengandung banyak antioksidan, terutama yang warnanya gelap (semakin gelap, semakin tinggi kandungannya!) Biasanya, agar lebih aman, kulit anggur dikupas dulu, dikeluarkan bijinya, trus dipotekin kecil-kecil buat dikunyah...tantangannya di mana? kandungan antioksidannya ternyata ada pada kulitnya! ya piye? by the time we'll learn lah...awal-awal nggak apa-apa dikupasin dulu, dagingnya juga ngandung vit A tinggi kok. Kalo udah gedean baru deh, kasih anggur utuh, yang seedless.

Saya udah pernah kasih anggur red globe, king dan black autumn seedless. Gak kuat cyiin...mehoong...sekilo 50rb :((

Semangka
Maju mundur mau ngenalin semangka dari bulan lalu, soalnya semangka suka bikin batuk, apalagi isu-isu ada semangka suntikan biar warnanya merah merona dan gendut. Haiisssh. Akhirnya diawali dengan bawa Arraf ke kondangan di mana nggak ada makanan yang bisa dia makan, jadi saya suapin buah potong aja salah satunya semangka. Langsung gigit dan kunyah, gak pake lama langsung ditelen kok..percobaan pertama sukses ngabisin 4 potong. Pastikan seedless deh, biarpun biji putih lunak itu gak apa-apa, tapi mendingan nggak usah diikutsertakan juga.

Proteins

Ikan gindara 
Yay, akhirnya nyoba jenis ikan lain. Gindara, atau bahasa Inggrisnya black cod, salah satu jenis ikan berdaging putih yang direkomendasikan buat pengenalan pertama. Susah juga nyari ikan ini, kebetulan nemu di Riau Junction, satu pack beku isi 2 fillet, nggak terlalu mahal..biasanya saya sering denger gindara ini buat isinya sushi atau ya di masakan jepang gitu. Rasa dagingnya sih hambar yaa, nggak tau deh kalo dimasak pake bumbu lengkap, tapi dari segi aroma dan gurih masih lebih enak tuna... Saya masak gindara brokoli saus keju, enyaaakk...

Ikan teri medan 
Bukan teri medan asin loh yaaah...hati-hati buibu. Ikan teri, atau bilis, atau anchovy, mengandung kalsium tinggi meskipun ukuran ikan ini kerempeng kaya kurang gizi.

Humm, nggak tau caranya ngebedain teri kering (asin) sama teri basah. Pokoknya tanya-tanya di pasar atau cari di spm yang nggak ada tulisan "asin" nya. Ada teri medan, ada teri nasi, teri nasi lebih kecil-kecil...tapi yang saya pake teri medan..ah yah, gitu deh...gak gitu ngerti juga sih, jadi bingung jelasinnya *oke, nanti buat PR di postingan lebih lanjut ya*

Masak teri gampang banget, langsung cemplung barengan beras di dalem SC. Atau ikutan dikukus bareng telur sama tempe. As simple as that, gak perlu pake resep lah yaaahh..

Sayuran


Jamur
Jamur ini masuk mana? sayur kan? saya pake jamur champignon, alias jamur kancing yang gede-gede kaya gini, yang tumbuhnya di atas kapas, bukan kayu.

Rasanya sih masih gagal masak ini, soalnya masih kenyal-kenyal nempel di gigi Arraf dan agak sulit juga dihancurkan pake sendok jadi lain kali mungkin masaknya dicincang halus dulu.

Ah iya, ada penjelasan bagus tentang treatment jamur kancing ini, salah satunya jangan dibilas di air untuk menghindari penyerapan berlebihan, trus jangan dulu dikasih garam sampe masaknya selesai untuk menjaga kelembapan konten si jamur ini. Cara masak terbaiknya, tentu saja dipanggang di oven selama 15 menit sampe warnanya kecoklatan *gak kebayang ada jamur panggang, taunya jamur krispi*

Kacang-kacangan

Tempe
Tempe, nggak tahu ada padanannya nggak ya di dictionary makanan internasional. Yang jelas tempe salah satu konten lokal terbaik di Indonesia. Kandungan proteinnya tinggi, baik segala macam lah. Pilihan tempe? gak ada...setahu saya sih semakin banyak raginya, semakin baik kualitasnya..paling suka megang-megangin tempe yang dibungkus daun pisang di pasar, suka agak anget-anget gitu bikin pengen gigit.

Masak tempe buat bayi gak susah, iris-iris, cincang, kukus, hancurkan! Dicampur deh sama nasi tim, teri, dan kacang polong....one dish nutritious meal :D

Kacang Polong  
Nah..ini salah satu challenge yang sering dihindari dari kemarin-kemarin. Padahal semangkuk kacang polong lebih tinggi kandungan kalsium, zat besi dan vit A dan C dibanding satu sendok kacang tanah. Selama ini bingung masaknya, terlebih lagi ada kulitnya yang bikin rempong mesti mitesin satu-satu, sampe terdengar kabar bahwa kacang polong cukup dikukus/direbus sampe lunak lalu dimashed. Tapi kalo mau bikin puree kacang polong, mesti ngerebus berapa biji kacang polong buat jadi semangkuk puree porsi 10 bulan-nya Arraf?

Ya akhirnya dimasak juga sih si kacang polong beserta teri, jamur dan beras dalam satu SC. Though, when it comes to feeding time, i have to peel off the skin one by one!! Pe-Er banget deh looo...

1 comment:

 

Blog Template by BloggerCandy.com