Pages

Milky Way

Sometimes a mother can make more milk than her baby needs. While having too much milk may seem like a good problem to have, the rush of milk from an overfull breast can make feedings stressful and uncomfortable for both mother and baby. Babies can also be very fussy in between feedings when there is too much milk.

Am i making too much milk?

When my baby hasn't started solids, was.

Although pumping can potentially increase your milk production, it is not the best way to increase the milk production in all situations.

When pumping for additional stimulation to increase your milk production, it is recommended that each breast be pumped for at least ten to fifteen minutes, even if there is no milk flowing during some of this time. The amount of milk you pump does not matter at this point; your goal is to stimulate your breasts and tell your body to make more milk than it is making right now.


 

And this is i am now. Udah dua mingguan terakhir ini, hasil pumping segitu-segitu aja, eh bukan..itu masih mending konstan, ini turun naik aja di kisaran 80-120. Sedikit? relatif... Kalo untuk ukuran Arraf yang udah 11 bulan, angka segini harusnya santai..beberapa pumping buddies yang anaknya udah umur 10-11 bulan pas saya mulai gabung abis lahiran, produksinya rata-rata di 100an dan cuman 2x mompa di kantor. Katanya, dua botol @100ml pun udah mencukupi kebutuhan asip anak-anaknya.

Arraf masih minum asip sekitar 800-900ml selama 24 jam. Angka segitu bisa kecapai waktu masih 6-7 bulanan, sekarang dengan frekuensi 6x pumping aja baru dapet 80% dari kebutuhan. Defisit 20% setiap hari, yang mana kian menumpuk berujung pada...stok terakhir ada 17 botol, untuk minum selama Senin-Rabu. Kalo setiap Rabu saya pulang ke Bandung, minimal harus bawa jumlah yang sama yang dihabiskan selama 3 hari itu. Supaya, pas Jumatnya saya pulang lagi ke Bandung bawa hasil perah dua hari (kamis-jumat), digabung dengan sisa stok hari rabu, cukup buat memenuhi senin-rabu minggu depannya. Karena selama weekend hampir dipastikan susah merah, Arraf mau nemplok terus sepanjang hari.

Kenapa Arraf minumnya masih banyak aja? gak mau air putih, maunya asip? mungkin pertanyaan paling tepatnya, "kenapa dikasihnya asip mulu, ya? kan anak bayi belum bisa bilang 'mau susu' "

Well, yes. Challenge #1, membiasakan orang rumah untuk gak sedikit-sedikit kasih asip, merengek dikit asip, rewel dikit asip, habis mandi asip, bangun tidur asip, mau tidur asip (eh ya gapapa sih kalo ngantuk biasanya mau asip dulu sampe teler baru bobo), ya pokoknya terlalu gampang ngasih asip lah..bukannya mau membatasi konsumsi asip ya, tapi seharusnya kan ada jadwal rutinnya kapan aja, misal bangun tidur, habis mandi dan mau tidur. Selebihnya baru deh, kalo di sela-sela itu pingin minum asip baru kasih...tapi bukan ngasih brutal setiap kali minum, minumnya asip gitu. Sayangnya, orang rumah berpendapat "susu mah kasih kapan aja dia mau" iyaaaa, tauuuuu...huuuu

Challenge #2, Arraf masih minum pake botol dot. Hm, klasik ya. Karena bayi itu punya kebutuhan untuk menghisap, maka dia punya kenyamanan tersendiri dengan menghisap dot, jadi berlama-lama dengan dot, menghabiskan asip lebih banyak dari yang dia butuhkan. Sebetulnya, pake dot ini gak pernah jadi masalah saya selama tinggal bareng Arraf, cuma kondisi sekarang ini yang serba mendadak dan dinamis, pe-er ini ya gak dikerjakan, apapun medianya, selama saya masih bisa, yang penting Arraf tetep ng-Asi. Saya juga nggak mau bikin yang ngasuh repot, udah cukup direpotin sama titipan anak, direpotin pula sama nyuapin cairan pake sendok? ahh...kayanya sayang ya, kalo gak sabar itu asip bisa tumpah sia-sia aja sementara saya ngumpulin tetes per tetes dengan peluh *aiih lebaay*

Apa akibatnya? daya hisap Arraf terhadap payudara pun nggak terlalu optimal lagi, payudara tidak terkosongkan secara sempurna, alhasil produksi asi juga menurun. Padahal hisapan bayi itu andalan kalo lagi merasa 'turun', stimulasi cepat dan maksimal nggak tergantikan sama Avent manual sekalipun :D

Challenge #3, harus bikin Arraf suka minum air putih atau jus buah. Yaaah...bukan gak mau, tapi Arraf belum minum air putih banyak-banyak, paling sehabis makan 20ml, setelah itu gelasnya cuma dimain-mainin aja, nggak diminum lagi. Jus buah mau, sedikit. Buah, makan banyak, tapi nggak ngurangin kebutuhan asipnya juga (ini pasti berujung pada teriakan 'dia butuh hisapan, bukan asipnya..' yayaya)

Makan Arraf 3x sehari kok. Sarapan ringan, makan siang berat, makan sore ringan. Plus snack dan buah-buahan. Harusnya kan, kalo Arraf mau minum banyak air putih, seenggaknya rasa hausnya bisa terobati yaa..jadi kenyang sama makan, kenyang sama minum. Baru minum asip kalo butuh nyaman aja, bukan buat minum biasa. Tapi buat Arraf, semua makanan-minuman itu berbeda tingkat kepuasannya dengan minum asip. Ah kasian anak saya, miminya ditahan-tahan. Huhuuu.

Sampe bingung, kurang apalagi sih naak, ibu ngos-ngosan kejar setoran, sayaaaang.... *elus kepala Arraf sambil hipno* Ahh iya, weekend kemarin saya hipno Arraf habis-habisan, "nak, stok asi kita tinggal dikit. Bantuin ibu yaa. Dede makannya yang banyak...bobo yang lamaa...miminya gpp dikit-dikit aja dulu, tapi kenyangnya lama. Nanti kalo ada ibu boleh nenen sebanyak-banyaknya."

Dan dua hari kemudian saya telepon ke rumah, katanya Arraf lagi seneng makan nasi kepal hangat langsung dari panci nasi, susunya nggak mau. Ahhh...kamu memang anugerah luar biasaaaaaa.... :* :* :* 

3 minggu lagi menjelang Arraf 1th, gemes ya...kalo ada UHT lumayan menentramkan hati. Itupuuun belum tentu Arraf mau UHT juga siih. Yaa kalo udah toddler bisa banyak bermain, lupa sama susu, makan banyak, tinggal tunggu ibu dateng boleh nenen banyak.

Sempet kepikiran....dioplos air putih aja apa asipnya..??? apa dioplos UHT??? apa dikit-dikit udah boleh dikenalin UHT aja?? udah 11 bulan ini lah, don't give a damn care sama es satu, es dua, es tiga...in case asip habis, orang rumah gak lantas langsung kepikiran susu-susu lain...

*eh, disclaimer ya..saya bukan mama idealis extrimis yang antipati terhadap susu formula.

Pertimbangan saya simpel aja kok, nanggung. Arraf tinggal selangkah menuju 1th, dan jauh di atas segala kenihilan sebenarnya saya masih bisa mengusahakan asi. Yang mana sebagai komitmen saya dengan Allah, untuk Arraf...saya mau berusaha sampe titik terakhir, dan ini masih jauh pada titik kritis terakhir.

Lagi usaha relaktasi, semoga ilmu hasil pertemuan dengan konselor Laktasi kemarin berguna, atau seenggaknya, mem-boost pede lagi sebagai ibu menyusui. Iya sih, kunci dari semuanya cuma rileks dan sabar. Buat buibu yang punya rasa yang sama, sabar gak ada habisnya ya, bu :)    

2 comments:

  1. anak aku dari umur 7 bulan smp skrg 1 thn susah bgt disuruh minum sufor, maunya asip...
    skrg coba kasi UHT jg susah..tau banget itu tuh bukan asip..
    sempet kepikir kasih uht coklat hmm boleh ga yah...

    Emang kalo disendokin banyak kebuang :( dulu sama suster gatau deh uda kebuang2 percuma brapa banyak..nyendokinnya ngasal..yg penting keliatan habis :(
    tp apa daya anak maunya disendokin...

    aku jg skrg tiap hari cuma bisa kekumpul 100cc. padahal udah 3 kali pompa asi di kantor...

    ReplyDelete
  2. @monic : uht coklat kalo anaknya mau ya gpp, khawatir dgn gula nya? selama makanannya gak banyak bergula, kyny gak masalah juga klo hanya susunya yang bergula.

    IMHO, kalo udah 1th, gak minum susu juga gpp kan..ambil kalsiumnya dari makanan. Tapi kalo masih mau minum susu, ya kaya yg di atas tadi..semangaatt :D

    ReplyDelete

 

Blog Template by BloggerCandy.com