Pages

MPASI 9 bulan

Ohoo...betapa kacrutnya dunia per-mpasi-an gue, terutama masuk 9 bulan menunya mulai liar dan menggelegar *aposeeehh* Yah, buntut dari berpisah kota sama Arraf, otomatis asupan mpasinya pun udah bukan full authority saya secara udah gak bisa 'turun tangan' lagi setiap harinya, tapi at least memastikan bahan-bahan mpasi cukup tersedia buat diolah plus wejangan apa yang boleh-apa yang nggak boleh dikasih ke Arraf. Praktiknya? wallohua'lam, gak bisa ngawasin tiap menit...tapi Allah selalu melindungi rizki-nya, semoga selalu sehat ya nak.

Sayur
Masih seputaran wortel-brokoli-bayam-tomat-pakcoy-zuccini-buncis. Gak ada tambahan lain, gak ada ide buat ngolah sayuran lain..huhuuu.

Buah

Kiwi
Kiwi kaya vit A, C, serat, potasium dan folat! heyho lengkap banget! Tapi hati-hati, kenapa kiwi baru dikasih umur segini karena sifat acidity-nya bisa bikin rash di area mulut atau pantat. Saya baru kasih Arraf kiwi golden, yang warna kuning karena jauuuh lebih manis daripada kiwi hijau..langsung kerok aja dari buahnya. Arraf bisa makan setengah buah sekali makan, itupun masih mangap-mangap. Waktu hamil sih seringnya makan kiwi hijau yang asem, sehari 1-2 buah campur oatmeal atau langsung dikerok.

Protein
Ikan
Yaaayy...akhirnya makan ikan juga!! Soal ikan ini, due to its high allergenic, banyak yang menunda pemberiannya sampe 10-12bln, tapi ada juga yang udah kasih dari umur 6bln. Arraf nggak alergian sama apapun, tapi tetep baru dikasih ikan umur 9m, told you that i'm quite consistent about process, nunggu kesiapan anaknya dulu aja baru kasih. Ikan, mengandung sangat banyak protein dan omega 3. Ikan mana yang pertama dikasih? menurut primbon, ikan daging putih paling baik dikenalkan terlebih dahulu.

Sampe sekarang baru ikan salmon dan tuna yang dikasih, dikukus, dipanggang, atau disayur. Digoreng juga pernah, tapi ternyata menggoreng ikan akan menurunkan kadar omega-3 nya. Berencana sih kasih tenggiri atau teri nasi. Soon, setelah saya menemukan resep cetek buat ngolah keduanya baru deh pede masaknya *ah alesaaan*.

Grains 
Jagung 
Hmm, kalo dari segi kandungan gizi..jagung itu nutrisinya penuh dengan karbohidrat dan protein nabati, bagus untuk memperkuat energi. Tapi nutrisi lainnya kurang, dan tidak lebih bagus dari sumber karbo lainnya. Sejujurnya agak ragu ngenalin jagung ini, terutama karena bentuknya yang berbulir takut menimbulkan choking hazard (tersedak) dan masih memikirkan cara memasak yang lebih aman. Tapi, akhirnya jagung diparut aja instead of dipipil, trus masukin ke SC bareng beras hasilnya lumayan lembut meskipun gak hancur-hancur amat.

Pasta
Sebenernya pasta ini udah dikenalin dari 8 bulan, cuman sekali doang sih. Baru kasih lagi macaroni (baik elbow maupun macaroni biasa, sama aja), direbus dulu sampe lembek trus dimasak sebagai mac n cheese, macaroni saus tomat atau macaroni panggang mulai 9 bulan. Kenapa macaroni? enggak ada alasan khusus sih, cuman ada itu aja di rumah, fussili atau spaghetti juga boleh.. Mereknya gak ada yang khusus, cuman suka beli La Fonte. Tapi pernah juga beli Orgran animal pasta, jadi pastanya bentuk-bentuk binatang gitu..lucu pas mentah, pas direbus ya hasilnya gak berbentuk binatang lagi.  

Roti Gandum
Eh iya, 9 bulan ini juga udah dikasih roti gandum. Mereknya Sari Roti atau Breadtalk. Gak pake tedeng aling-aling, langsung suka.. Roti ini memang mengandung tepung terigu, gula dan garam..well, gak ada larangan juga sih, yang penting kuantitinya dikontrol aja.

Belum berani kasih kacang-kacangan.

No comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com