Pages

Period!!


Hiiii...setelah hampir 20 bulan bendera merah gak berkibar, kini kembali tegak mengudara. Jetlag juga saking lamanya udah lupa rasanya gimana, gejala PMS, dan treatment pas hari-hari pertama, semua berujung pada kebingungan amat sangat di lorong 'women-diaper', lupa biasa pake merek yang mana. 

Sebenernya sih udah keluar pertama kali waktu bulan Agustus kemarin, tapi bulan depannya gak keluar, dan baru keluar lagi bulan ini artinya ada kekosongan 2 bulan yang mana waktu mau MCU di RSPI, perawatnya berulang kali nanya "ibu yakin gak mau testpack dulu?" Heh, bukannya yakin sih...tapi sebagai perempuan yang udah pernah hamil *cieh* rasa-rasanya sih enggak ada tanda-tandanya yaa dan lagi saya masih aktif menyusui jadi mungkin hormon estrogen masih tarik-tarikan sama prolaktin, yang mana kali ini, estrogen menang...dia 'menghancurkan' dirinya ke dinding rahim, pundung gara-gara gak dibuahi #apeu. 

Dibanding yang sebelumnya, bulan ini kerasa lebih berat karena mengalami PMS yang sesungguhnya dari mulai kram perut, lendir berlebih dan low back pain. Jackpotnya, hari pertama period dilanda perut begah luar biasa dan kepala pening, maunya tiduraaan... *ditimpuk dummy kalender 2012* 

Efek signifikan juga dialami sama produksi asi yang turun kira-kira 20%, mengkhawatirkan, mengingat saya dikejar stok sebanyak-banyaknya...ealah malah keluar mens lagi. Sedih sih, kalo menstruasi pada busui itu kan artinya frekuensi menyusui udah berkurang seiring bayi mulai banyak terlelap di waktu malam, waktu dimana hormon prolaktin lagi puncak-puncaknya. Yaaa frekuentatif pumping sih, tapi hisapan bayi tentunya jauuuuhh lebih mantap daripada hisapan Avent manual. Kalo yang saya baca sih ya emang bener kaitan hormonal antara menyusui dan menstruasi itu cara kerjanya yang berlawanan, semakin kenceng ibu menyusui, semakin panjanglah proteksi birth-control karena estrogen (hormon kesuburan) kalah saing dari hormon prolaktin (hormon menyusui), itu kenapa menyusui disebut KB alami. Make sense. 


Heeee, enggak lah...nggak se-sadis itu saya menghukum suami buat melayani efek PMS. Occassionally, si ayah free dari periode galau dan sensitif istrinya...dia udah punya certain flight schedule yang gak matching sama 'my period'. Lagian, sejauh kita pernah kebetulan bareng waktu PMS, ayah gak disiksa kan ya, yah? cuman disuruh mijitin kaki, mijitin punggung, mijitin kepala, beliin pembalut, beliin Kiranti, dan gak boleh protes kalo istrinya mewekan dan pundungan. Silent is gold as long my period. Siap-siap kalo ntar udah tinggal bareng yak, achtung baby!! *ketawa setan*  

Only my chit-chat sambil pijit-pijit perut....tidak ada maksud mengumbar 'dapur reproduksi'.  

No comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com