Pages

Sembilan - Sepuluh bulan

Dari 9 ke 10 bulan, perkembangan Arraf lagi pesat-pesatnya...amazing how babies are growing rapidly in one blink of an eye. Even 2-3 hari gak ketemu, selalu ada kejutan yang berupa kemajuan atau kabisa baru.

Bulan-bulan ini juga masa paling penuh tantangan buat saya dan Arraf. Berat banget pastinya, harus terpisah mendadak lain kota selama beberapa waktu...pe-er menggunung dari mulai ngurusin mpasi, bebenah manajemen asip dan wajib-gak boleh males pumping. Geez, dulu..duluuu banget waktu awal hamil kepikiran buat titip Arraf di Bdg karena gak suitable buat tinggal nge-kost bareng di Jkt, sampe akhirnya sadar bahwa anak sebaiknya gak dipisahkan dari orangtua, kemudian ngerti tentang pentingnya asi..jadi dibuang jauh-jauh pemikiran mau titip Arraf dan gak kepikiran sama sekali jadi mama e-ping...then suddenly i've become.

How does it feels jauh sama suami dan anak...?? Unspeakable..speechless... Dunno the right word to express the feeling....just....empty....

Anywy...bulan ke 9, Arraf ditimbang beratnya 8.5kg, panjang 72cm. Bulan ini diimunisasi campak, iya kepikiran juga sih buat nunda campak dan digabung di MMR pas 12bln, tapi siapa jamin dalam kurun waktu 9-12bln gak bakal tertular campak..udah deh, campak aja sedini mungkin...pas imunisasi ini kebetulan lagi batuk berdahak tapi gak panas jadinya sekalian di-inhalasi aja, hiiww kasian yah kalo bayi di-nebulize tuh, nangis jejeritan sepanjang prosesnya tapi bukan karena menghirup obat sih, melainkan mungkin gak nyaman aja pake masker dan hidungnya basah, tapi kalo nangis justru malah bagus karena lebih banyak oksigen yang terhirup dari setiap tarikan nafasnya... Prosesnya kira-kira 10 menit, habis itu jangan langsung disusuin selama 15 menit.

9 bulan ini mulai bisa berdiri tanpa pegangan lumayan 2-3 detik habis itu limbung lagi, dan explorasinya semakin menjadi apalagi sejak merangkaknya makin cepet tau-tau udah ada di depan pintu atau nyusul ke dapur aja. Udah bisa turun sendiri dari kasur atau sofa yang agak tinggi, kalo lantainya gak kejangkau pake tangan berarti turunnya mundur kaki duluan yang menjejak lantai.. *kecup basah*  Ngocehnya? beuh...Arraf itu gak bawel sih, mungkin karena cowok juga ya, tapi udah bisa mengekspresikan perasaannya misal kalo marah-marah ya dia teriak-teriak atau ngomong panjang gak berenti, nenen aja sambil ngomel.

10 bulan...beratnya masih 8.5kg naik dikit, panjangnya 73cm. Pipinya makin bulet, alhamdulillah ya nak, meski jauh dari ibu makannya tetep lahap. Ini yang amat sangat saya syukurin, biarpun kalo cuma sama saya manjanya minta ampun maunya nemplok terus, tapi kalo lagi dititip dia tetep anteng, mau makan, tidur, main, ngelakuin segala hal seperti biasanya kalo sama saya. Berdasarkan laporan keluarga di rumah, Arraf baik dan bisa diajak kerjasama buat ngikutin jadwal sehari-hari secara teratur tanpa harus banyak berantem atau paksaan..jatuh-jatuh dikit wajar di usia segini lagi lincah-lincahnya. O, how i love you more.... :*

Sampe umur segini, testisnya belum turun juga >.< tapi udah gak perlu diapa-apain sih kata dokternya, tunggu 1th aja..ya gapapa lah, tadinya mau ambil tindakan dari sekarang juga biar tenang trus mumpung asuransi masih ditanggung kantor saya full, tapi ternyata pernah reimburse satu diagnosa 'undescensus testicles' ternyata ditolak dengan alasan 'tidak meng-cover penyakit congenital' sebeeeelll.... Untungnya dari kantor ayah dicover full dan cepet cairnya! *itu yang paling penting!*

Mamamama, papapapa, dadada, bapbapbap, dan segala babble lainnya mulai bermunculan di bulan-bulan ini. Udah bisa lambai-lambai tangan juga dadah-dadah dan tau 'dadah' itu kalimat kalo mau berpisah. Arraf juga udah mulai ngerti kalo malem dia guling-guling gak jelas, trus kita bilang 'matiin lampunya ya?' dia langsung diem dan ngejap-ngejapin matanya mau bobo. Ahhh iya, ada kabisa baru...dia suka ngedip-ngedipin matanya sambil senyum atau ketawa...keturunan dari siapa genit begini? ahh semoga gak mewarisi gen player ayahnya.

Haaa...surprisingly bahwa dua gigi atas udah muncul gede-gede...daaan, jackpot satu gigi seri di samping yang kanan muncul. Gigi apakah ini..?? kok aneh di atas ada 3, di bawah ada 2.

Overall, i miss you a lot, pumpkins.....big hugs lotsa kisses!!

No comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com