Alarm

Sanggup nggak ya nulis ini? Bismillah.. 

Jadi, selasa (13/9) habis makan siang, suami telepon ke ext kantor, tumben-tumbenan biasanya juga kita Whatsapp-an. 

"Ibu pulang ya..mama ada yang nusuk," katanya tenang. 

Hah?!! langsung deg-degan sekujur tubuh, "kok bisa??!" 

Nggak ada penjelasan panjang dari suami, dia cuman kasih nomer telepon yang cuma gue catet tapi nggak nyimak itu nomer telepon siapa. 

Deg! Tiba-tiba gue teriak,  "dede?! dede gimana???" 

Saat itu pandangan dan pikiran udah nggak karuan sampe sayup-sayup gue denger, "dede gak apa-apa, dede sama ibu kost...ibu pulang pake taksi ya."

Apapun yang bisa gue beresin dari meja, langsung masuk-masukin tas terus lari kenceng ke luar, ambil taksi. 

...

Sepanjang jalan, rekonstruksi kejadian yang ada di pikiran gue adalah 'arraf mau diculik, ada yang mau culik arraf lagi tidur lalu nusuk mama..' 

Culik, arraf, mama... terus semuanya berputar-putar di kepala gue sampe sering lupa kasih tau sopir mesti belok mana. 

Lalu gue inget nomer telepon yang dikasih suami. Gue telepon nomer itu, yang angkat anak ibu kost. Gue tanya ini ada apa, jawaban yang gue denger sama nggak jelasnya dari info sebelumnya. Yang kedenger cuma 'nenek ada yang nusuk, tante... sekarang di RS Anna'. 

Gue langsung meluncur ke Anna dulu, berharap bahwa Arraf tertangani dengan baik sama ibu kost berdasarkan info dari anaknya tadi.

Nyampe Anna, mama lagi proses mau pindah ke RSUD Bekasi, udah ada mobil polisi di situ. Sobekan baju mama, luka tusuk yang menganga meskipun udah diperban, dan rintihan kesakitan bikin gue mematung lemas. Nggak pernah nyangka kejadian ini menimpa gue, yang biasanya cuma gue lihat di tv. 

Di mobil tetangga, mama sadar gue udah ada di belakangnya, terus bilang terpatah-patah "arel, si dede ... simpen di Bandung ajaa..." Duh, masih bisa-bisanya mikirin yang lain. Gue cuma bisa bilang "iya bu, iya bu... udah ga usah banyak bicara dulu". 

Sejujurnya gue bingung kenapa harus dibawa ke RSUD di Jl. Pramuka yang jauh dari rumah, nanya-nanya orang di mobil nggak ada yang tahu. Akhirnya gue pasrah mau dikawal polisi ke mana, sementara mama di tengah terus merintih-rintih kesakitan, dipegangin sama tetangga. 

Nyampe UGD RSUD Bekasi, nggak ada petugas stand by dengan drakar. Polisi dan sopir yang gotong drakar, mindahin mama ke situ dan gue sendiri yang dorong masuk ke ruangan-yang-sebetulnya-kurang-layak-jadi UGD. Nggak ada perawat yang nyamperin atau pasang ini itu. Gue mondar mandir nyariin perawat sementara polisi sibuk sendiri juga ngomong sama petugas administrasi. 

Setelah akhirnya diinfus dan lukanya dibersihkan lagi, gue diribetkan oleh petugas yang nyuruh gue urus administrasi segala macem, belum lagi beberapa reserse yang nanya-nanya data korban, data gue, dan minta ktp korban. Sinting! Ya mana sempet gue bawa ktp mama! 

Beberapa orang berbaju rumah sakit (entah perawat atau bukan) malah konsentrasi nanyain mama kejadiannya kaya gimana, doh...tangani dulu aja lukanya napa, orang kesakitan pake ditanya-tanya. 

Walaupun samar-samar gue bisa denger dari mulut mama langsung kejadiannya gimana, i forced my heart freeze... Gue nggak boleh nangis, gue nggak boleh down..di sini cuman gue yang jadi andalan, maka dari itu gue harus kuat dan berhati batu dulu.

Untuk sementara gue nggak bisa nungguin mama di sampingnya, nggak bisa nyaksiin proses hectig dan gue kuatkan kaki lemes ini buat lari kesana kemari urus admin, dorong drakar ke tempat rontgen, cek lab, tebus obat, dll sementara mama masih jejeritan pas diperiksa dalam lukanya. 

Jam 2 sampe jam 4, selesai ditutup lukanya, mama udah bisa tidur efek dari obat bius. Bapak kost dateng, somehow sangat membantu gue dalam memutuskan segala sesuatu dan nebusin resep-resep kecil di mana gue lagi nggak ada di tempat urus yang lain. 

Tetangga juga ada yang datang bawain baju dan nungguin mama di sampingnya. Polisi masih terus berdatangan, silih berganti nanyain data dan kronologis, wartawan juga dateng dengan kamera-kameranya. 

Meskipun mama dari awal sadar dan bisa ditanya-tanya, gue sangat mengkhawatirkan kondisi traumatisnya bakal memperparah luka fisiknya. Gue sendiri bolak-balik angkatin telepon dari sodara dan keluarga, kordinasi sama suami dan gue lupa belum izin pulang duluan tadi sama bos. Sebisa mungkin dalam jawab telepon gue nggak terdengar kalut, karena bakal bikin ribet yang di sana dan gue nggak mau ada prasangka ini itu, sementara gue di sini ngerasa bersalah banget. 

Jam 5-an lukanya kembali bocor, gue nggak tegaaaa...huahauhuuu. Gue harus segera memikirkan langkah selanjutnya...

I was considering buat pindah RS karena ngeliat mama kedinginan (bajunya udah sobek-sobek) tapi dibiarin gitu aja sama pihak RS, entah sampai kapan. Gue tanya perawat situ apa ada selimut, kain, sprei, baju atau apalah buat nutupin badan mama dijawab dengan santai "disini UGD, nggak sedia selimut..harus minta dulu ke ruang perawatan" 

Ooh, apa begini ya pelayanan umum? Kayanya gue beberapa kali masuk UGD rumah sakit pemerintah masih tersedia selimut garis-garis sekalipun. 

Setelah denger penjelasan dokter situ bahwa perlu ada tindakan operasi bedah, pihak RS nyodorin gue form rawat inap dengan beberapa pilihan kamar. Murah sih, tapi mengingat penanganan daruratnya aja kaya gini, gimana nggak darurat. 

Gue udah sanggupin ambil kelas eksekutif aja biar nyaman, setelah gue lari ke atas di sana petugasnya dengan santai malah ngajak ngobrol kejadiannya kenapa, dimana, dsb. Gue bilang "mbak, plis..ada gak kamarnya? mama saya udah kedinginan di bawah kasian.." dan muka menyebalkan kembali menyeruak "sekarang udah di infus kan? ya tenang ajaa..." giliiiiingg, pengen gue jambak rambut si mbaaak!

Gue mantap pindah RS, regardless biaya yang harus dikeluarkan...gue pikir masih ada opsi minjem ke siapalah, kalau perlu ke bos gue kalau emang biaya operasi sangat mahal. 

Pilihan gue RS Mitra Keluarga Barat sama RS Awal Bros, diskusi sama bapak kost mungkin Awal Bros bisa lebih miring tapi tetep bagus. Gue telepon-telepon juga ke situ tanya-tanya harga kamar, minta bantuan temen-temen kantor buat browsing info apapun yang bisa jadi pertimbangan. 

Setelah minta surat rujukan dari RS dan sesuai prosedur pindah rawat, pihak RSUD kudu nelepon orang RS pindahan buat report kondisi pasien, jadi nggak cukup cuma bawa rekam medisnya doang. Jam setengah 7 mama dibawa pake ambulance ke Awal Bros. Well, bukan maksud diskriminasi RS swasta-pemerintah, tapi harus gue akui, pelayanan UGD sana berbeda. 

Keadaan udah lebih tenang di mana gue denger mama cerita lagi ke dokter bedah sambil lukanya ditangani. Setiap gue denger ceritanya, beberapa hal nggak jelas kronologis waktunya tapi whatever lah, yang bisa gue simpulkan adalah begini :

Jadi, siang sekitar jam 1-an, mama habis boboin Arraf ikut ketiduran sebentar sementara pintu belum dikunci dan jendela samping belum ditutup. 

Sayup-sayup kedengeran bunyi sesuatu, trus mama kebangun menemukan laki-laki tanggung lagi berdiri di depan pintu kamar melempar pandang ke sekeliling ruangan. Mama sempet tanya "dek, mau apa?", kaget keberadaannya diketahui, anak itu lari ke tengah rumah terus balik lagi bawa (yang menurut mama) pisau dapur kita sendiri yang ada di tumpukan cucian terus nusuk mama di beberapa bagian (kalo menurut mama, dia ditusuk di perutnya beberapa kali) tapi luka yang paling besar ada di punggung belakang lengan kanan dan beberapa sayatan di tangannya. 

Mama sempet kelahi dulu sama tuh anak, saling berkelit dan rebutan pisau. Nggak berapa lama, Arraf kebangun terus merangkak ke arah mama sambil nangis. Menurut mama lagi, anak itu sempet berbalik ke Arraf entah mau nyelakaian atau gimana (gue nggak berani bayangin kemungkinannya) tapi langsung dihalangin sama mama. Terus anak itu lari kabur dan ngunci mama dari luar kamar. 

Mama teriak-teriak minta tolong, tetangga sebelah dateng tapi nggak bisa buka pintunya. Mama teriak-teriak "ke jendela, pak!" lalu minta tetangga bantu ngeluarin Arraf lewat jendela kamar buat diselamatkan dulu sementara itu mama masih berlumuran darah teriak-teriak minta tolong lagi. 

Nggak ada yang berani cepet nolongin soalnya pada takut ngira penjahatnya masih ada di dalem rumah atau udah keburu pada pingsan liat darah berceceran. Nggak berapa lama kemudian, mama dikeluarin lewat jendela yang sama dibantu tetangga-tetangga setempat. 

................................gue selalu mendadak pusing tiap kali harus cerita kejadiannya lagi.

Setelah mama dipastikan udah bisa istirahat di kamar perawatan, bapak mertua udah nyampe, sodara juga ada yang dateng. 

Gue baru merasa PD gue nyut-nyutan tanda Arraf memanggil. Gue izin pulang dari RS dalam keadaan amat lelah fisik dan mental. Sumpah gue kangen banget pengen segera meluk Arraf, yang meskipun untuk itu gue harus ke TKP, ambil barang-barang yang dibutuhin lalu ngungsi ke kompleks tempat om gue. 

Gue ambil barang sebanyak mungkin supaya nggak perlu bolak balik ke rumah itu lagi yang bikin gue merinding. Yaa, walaupun besoknya gue tetep balik lagi buat beberes total tapi seenggaknya nggak perlu lama-lama ada di situ. 

Suami nyampe Jakarta langsung ke RS, jadi baru ketemu gue tengah malem, itu pun gue mohon-mohon minta dia buat pulang ke rumah lebih cepet, karena mau kita temenin Arraf bobo sama-sama. Gue khawatir tadi dia sempet liat perkelahian atau darah, cuma ingin memastikan kalo kedua orang tuanya selalu ada di sampingnya dan selalu melindungi dia.

Malem itu, baik gue dan suami sama-sama nggak bisa tidur lelap padahal badan udah capek banget.

Ibu kost, bapak kost dan semua tetangga disitu memang baik hati, besoknya kontrakan gue dibersihin sampe rapi banget nggak keliatan bekas TKP or something. Cucian dicuciin sampe kering, barang-barang diberesin, nyaris balik ke kondisi semula (kalo aja hawa kejadian gak menyayat hati). Mama memang bergaul baik sama tetangga-tetangga sini jadi banyak yang merhatiin. Benar adanya kata Rasul bahwa tetangga itu adalah saudara paling dekat dengan kita.

Gue, gak sanggup kalo harus mereka ulang kejadiannya di pikiran gue. Setiap kali mama ngulang cerita itu lagi ke keluarga/sodara/tetangga yang dateng, gue memilih buat sibuk atau menjauh dari situ sekalian nggak mau denger. 

Gue nggak kebayang siapa anak itu (iya anak, remaja tanggung berambut keriting, kulit hitam, dekil dan bawa tas selempang kecil - yang sayangnya, penjahat kelas teri). 

Gue juga gak mau spekulasi apa yang anak itu cari di rumah kontrakan petakan 5x2m, nggak ada barang yang sempet diambil pula. Dugaan mau culik Arraf seperti yang gue pikir sebelumnya kayanya enggak, kalo iya mungkin Arraf duluan udah dibawa sama dia (tapi ya, mungkin aja niat itu muncul pas tau nggak ada yang bisa diambil di dalem rumah tapi ngeliat ada bayi, valued-money).   

3 hari nginep di RS, dengan tindakan penjahitan luka dan perawatan infeksi, mama udah pulih luka fisik, bisa jalan, ngobrol, makan minum seperti biasa. Yang dikhawatirkan trauma pasca kejadiannya karena sampai pulang dari RS pun, masih susah tidur kebayang-bayang sosok anak bawa pisau itu terus. 

Gue nggak ngizinin mama balik ke rumah itu lagi, apalagi buat ngerepotin dia lagi buat jagain Arraf. Udah cukup gue nyusahin sampai membahayakan dia selama ini, jangan lagi ditambah ketakutan yang lain. Gue juga nggak akan balik ke situ, semua barang udah diberesin diangkut lagi ke Bandung. Biarlah gue yang berkorban harus pisah kota sama Arraf demi keamanan semuanya.

Musibah, sebagai cobaan atau teguran...insha Allah gue menerimanya dengan lapang dada. Anggaplah ini sebagai pencuci tumpukan dosa yang selama ini diperbuat, mungkin ini pintu ampunan buat gue. 

Biarkan ini jadi pengingat atas kekhilafan dan kealpaan atas suatu rencana baik yang ditunda-tunda.

Kalau memang ini cobaan yang berat dari Allah, mudah-mudahan kita bisa lewatin dengan baik dan ambil hikmah dari semuanya.

Alarm gue udah nyala. Pertanda gue harus segera menyudahi keadaan ini. Insha Allah.     
    
Next Post Previous Post
8 Comments
  • diananne
    diananne 19 September 2011 pukul 09.17

    ikut deg2an bacanya teh... ampe ngos2an bacanya...

  • Adisty Herdanies
    Adisty Herdanies 19 September 2011 pukul 15.12

    Mba,salam kenal.. maaf kl kenalannya di saat yg gak tepat ya,tapi saya merinding bacanya,RS Anna itu lima menit dari rumah saya di komp.Depnaker, dan saya nitipin bayi saya ke mama jg di rumah, kl blh tau mba tinggal di mana ya? Saya doakan semoga keadaan baik luka fisik maupun trauma yang membekas cepat pulih yaa,hug**

  • Rella Sha
    Rella Sha 19 September 2011 pukul 15.40

    @Adisty : aku ngontrak di pemukiman warga setempat deket PPI, mbak..

    makasih doanya ya, mudah2an kita semua dilindungi Allah swt.

  • Kiky
    Kiky 19 September 2011 pukul 15.41

    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

  • Nissa
    Nissa 22 September 2011 pukul 06.08

    peluk.....ikut netes air mata.....u've through it very well dear,hangin' on there yaa......smoga Allah SWT memberi kita kekuatan selalu dalam mengatasi apapun yaa....-annisa-

  • Anonim
    Anonim 23 September 2011 pukul 08.56

    Thx udah mampir blogku mba..
    Gemeteran baca yg ini, semoga mamanya cepat pulih & selalu dlm lindungan-Nya yah.. *peluk*

  • Reni Rama Relda
    Reni Rama Relda 23 September 2011 pukul 13.50

    Innalillahi ... smp merinding va baca nya.
    Alhamdulillah Arraf ga kenapa2. Trs gimana kondisi mama mertua nya ? mdh2an udah pulih fisik n psikologis nya ya.. Aamiin

    Mdh2an cepet dpt jalan keluar yg terbaik ya, jd ga perlu pisah lama2 sm Arraf :-)

  • Rella Sha
    Rella Sha 23 September 2011 pukul 16.35

    @Reni : jazakillah ya, ren...mama udah di Bdg sekarang, semoga dgn balik lagi ke rumahnya sendiri, psikologisnya juga makin membaik.

    Doaiiin...

Add Comment
comment url