Pages

Resep mpasi Arraf 7m

Utensils : kukusan, saringan, mangkuk, parutan


Bubur beras merah/beras coklat + apel (atau buah2an lain)
Apel pacific rose/royal gala/fuji (atau buah2an lain)
Tepung beras merah/beras coklat organik
Air putih 200ml

Buat puree apel terlebih dahulu.
Tuang satu sendok makan tepung beras merah ke dalam panci, lalu tuang air kurang lebih 200ml, taruh di atas kompor. Nyalakan api, aduk-aduk hingga mencapai kekentalan yang diinginkan. Setelah bubur jadi, tuang ke dalam mangkuk, campurkan dengan puree apel.

Note : kegagalan dalam membuat bubur tepung beras antara lain menggumpal atau terlalu encer, untuk itu disarankan mencampur tepung+air terlebih dahulu sebelum api dinyalakan dan menambahkan air sedikit demi sedikit.

Puree brokoli 
Brokoli, potong-potong kuntumnya

Cuci bersih brokoli, rendam sebentar pakai air garam untuk meminimalisasi jika ada ulat bersembunyi di balik kuntum. Kukus brokoli hingga benar-benar empuk. Haluskan di atas saringan pakai sendok, hasilnya semua daun dan batang brokoli akan tersaring dan lembut.

* untuk finger food, kuntum brokoli kukus/satu bonggol brokoli kukus bisa langsung diberikan kepada bayi.

Mashed potato daging brokoli
Brokoli 
Daging sapi tanpa lemak atau daging giling (beku)
Kentang tess

Daging sapi beku diparut sebanyak yang diinginkan, atau jika sudah berupa daging giling bisa diblender, tuang dalam mangkuk. Siram daging dengan air panas/mendidih hingga keluar kotorannya, daging segar seharusnya menghasilkan air berwarna merah darah. Buang airnya lewat saringan.

Daging di dalam mangkuk, brokoli dan kentang bisa dikukus bersama-sama hingga matang. Setelah matang, buat puree brokoli dan mashed potato terlebih dahulu, lalu campurkan dalam satu mangkuk, baru tuang dagingnya. Air kaldu yang ada di mangkuk daging diikut sertakan.

- Daging bisa juga direbus, ditambahkan air, bawang bombay dan daun salam. Penyajiannya sama seperti di atas.

Kaldu daging
Daging sapi tanpa lemak atau daging giling
Air secukupnya
Bawang bombay, daun salam, sereh

Daging sapi di blanch, caranya langsung rendam air panas/mendidih sampai keluar kotorannya di dalam air atau airnya berwarna merah darah. Setelah airnya bersih, masukan air lagi ke dalam panci, tambahkan irisan bawang bombay, salam dan sereh (bawang putih geprek juga boleh) lalu rebus sampe mendidih.

Tuang air rebusan ke dalam mangkuk terpisah. Biarkan airnya tiris, sampai lemak-lemaknya naik ke atas. Saring lagi. Tuang ke dalam cetakan-cetakan es untuk dibekukan.

Kalau mau langsung dipakai, langsung campurkan air kaldu ke bubur atau makanan lain sebagai kuah sup. Begitu juga dengan daging hasil rebusannya.

Puree bayam/pakcoy/kailan
7 batang bayam hijau organik/pakcoy/kailan 

Cuci bersih bayam, kukus hingga matang dan layu. Taruh langsung bayam di kukusan tidak perlu pake mangkok karena air bayam mengandung nitrat tinggi tidak baik untuk dimakan. Bayam yang matang gampang dipisahkan antara batang dan daunnya, ambil daunnya saja, saring di atas saringan kawat.

Sup labu kuning - daging
Puree labu kuning
2 sdm daging giling

Rebus daging giling dan air kaldu, campurkan puree labu lalu aduk-aduk sampe matang. Baunya sih memang agak anyir, kalo mau dikasih sayuran biar menetralisir mblenek-nya daging, boleh aja.

Puree mangga
1 bh mangga gedong gincu 

Kupas mangga, potong-potong dagingnya, langsung haluskan di atas saringan. Serat akan tertinggal di atas saringan, sedangkan hasil puree-nya sangat lembut dan juicy.

Pure melon 
Potongan melon red sweet/golden/australia 

Kupas kulit melon sampai bagian hijaunya terbuang. Parut sampai habis. Puree melon akan sangat berair dan lebih baik tidak perlu disaring untuk melatih gusinya belajar mengunyah.

Puree peach
1 bh peach hijau/kuning 

Belah daging peach jadi 6-8 bagian seperti memotong apel, kupas kulitnya. Bisa dikukus dulu, bisa tidak. Setelah dikuliti, dihaluskan di atas saringan. Peach rasanya cenderung asam, kalo bayinya gak kuat bisa dicampur buah lain yang lebih manis.

Puree tomat 
1 bh tomat merah/tomat apel 

Belah tomat jadi 4 bagian, masukkan ke dalam mangkuk lalu kukus sampai empuk dan berair. Setelah dikukus, kupas kulitnya lalu haluskan di atas saringan. Biji tomat tidak diikutsertakan, tapi pada saat mengukus dalam keadaan utuh.

Puree wortel 
1 bh wortel lokal (wortel lokal lebih manis daripada wortel impor)

Cuci wortel lalu peel kulitnya. Potong-potong jadi bagian kecil, langsung kukus di atas kukusan (tidak perlu pake mangkuk). Setelah empuk, haluskan satu per satu di atas saringan. Pada bayi yang sudah lebih besar, wortel kukus cukup diparut saja untuk dicampurkan ke makanan lain.

* untuk finger food, wortel kukus dipotong-potong sebesar ibu jari langsung berikan kepada bayi

Puree Ubi Cilembu
1 bh Ubi madu cilembu (ukuran kecil atau standar) 

Cuci bersih, potong-potong jadi 2 atau 3 bagian (tergantung ukuran ubi). Kukus di atas kukusan sampai empuk, tiriskan. Ambil satu potong, kupas kulitnya lalu haluskan di atas saringan pakai sendok. Ubi Cilembu cenderung lebih juicy daripada kentang sehingga hanya ubi saja pun tidak apa-apa.

No comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com