Pages

Tujuh Bulan

Banyak banget yang terjadi selama 7 bulan ini, mesti mengingat-ingat cukup keras soalnya kecepatan CPU sudah rada menurun nih. Terakhir ditimbang waktu 6m2w kemarin beratnya 7.5kg, naik tipiiis banget ga nyampe setengah kilo, padahal perasaan makannya udah banyak. Sedih juga sih, tapi positif thinking karena sejak sekarang gerakannya udah macem-macem dan banyak makan banyak pup juga. 

Shock juga karena sebulan ini milestonenya cukup pesat makanya kudu kasih perhatian extra biar tumbuh kembangnya maksimal. Yang pertama, duduknya makin mantep. Waktu awal mpasi kan belum bisa duduk sendiri, jadi makan masih di carseat, ditaro di booster punggungnya merosot. Sekarang dia udah bisa duduk sendiri dengan cara nungging dulu baru mundur menghempaskan bokongnya ke belakang, hihi. 



Yang kedua, Arraf kan belum bisa ngorondang (bhs indonesianya apa ya, merangkak sambil merayap gitu?), jadi dia kalo maju ngesot sepatah-patah pake lututnya, biasanya saya rangsang pake mainan atau barang apa gitu yang menarik biar dia mau maju dan ngeraih barang tsb, tapi suatu waktu di pertengahan umur 6 bulan dia ngebuka tangannya minta digendong (iyes, dia udah ngerti bisa minta digendong/diangkat), saya julurin tangan biar dia maju ambil tangan saya, eh malah dia angkat badannya sendiri, cuma ditahan telapak tangannya di atas tangan saya. Dia seneng banget, saya pun shock. Walaupun badannya masih goyang tapi kakinya udah ngejejak semuanya ke kasur dan dia ketawa-ketawa seneng. Besok-besoknya dicoba lagi, eh dia kesenengan..bahkan sekarang dia mau manjat-manjat gorden, tembok atau kardus yang setinggi pencapaian tangan dia buat jadi penahan dia berdiri. Awalnya kakinya masih beribet lurus satu garis, lama-lama dia mindahin kaki satunya ke pinggir, jadi lebar..kok dia ngerti ya kalo dilebarin gitu maka badannya bisa lebih seimbang? 

Yang ketiga, menjelang 7 bulan, gigi bawah kirinya muncuul!! Hihihi, akhirnyaaa...gejala selama 3 bulan kemarin ada buntutnya. Yang sebelah kanannya masih putih-putih, tapi belum kerasa kalo dipegang sedangkan yang kiri ini kerasa banget kalo kita masukin jari ke mulutnya langsung digigit. Lumayaaaan, biarpun cuma secuil, krenyes-krenyes juga kalo lagi nen :p Kasian banget liat kondisi kemunculannya, badannya panas dan jadi lebih rewel gampang nangis tapi gak mau nenen dan susah makan. Mau diobatin juga dikasih apa gak ada obat panas tumbuh gigi, jadi ya kalo gak teether dia gigitin telunjuknya sendiri sambil ileran. 
keliatan gak giginya? hehe
Yang keempat, tapi kayanya milestone-nya ini bakal nyambung ke bulan ke 8 (bulan ini), adalah pada saat mulai sering dilatih buat berdiri, saya suka coba-coba mundurin badan ke belakang dan manggil-manggil dia, ajaib bahwa dia bisa melangkahkan kakinya satu dua kali buat maju nyamperin. Subhanallah, karena tumpuannya cuma telapak tangan kita masing-masing, bukan saya pegang dia di lengan atau di ketiaknya.

Yang kelima, ngocehnya mulai ngelantur haha. Maksudnya udah bisa ngoceh panjang gitu, gak cuma 'eh eh' doang, tapi ngoceh ala bayi sekitar 5 atau 6 kalimat. Arraf juga mulai bisa niruin kita kan kalo ditemukan dia udah bangun kita suka bilang "eh? bangun?", nah dia kalo ngeliat kita dari jauh terus manggil juga bilang 'eh!'.

Tapi milestone yang keempat dan kelima ini gak ngoyo lah, belum waktunya juga..jadi santai aja kalo soal milestone mah sepanjang dia catch up.

Soal mpasi, Alhamdulillah so far so good, Arraf bukan jenis picky eater dan relatif lebih gampang dikasih makan kalo bangun tidur. Sedihnya adalah, kalo saya yang nyuapin cuma dapet sedikit sedangkan kalo sama neneknya pasti habis, berapapun porsi yang saya siapin. Daaaan, yakin 100% ngasih makannya pasti sambil digegendong jalan-jalan di luar, tau deh mau sampe kapan dibiasain kaya gitu.. :'(

Ah iyaa..Arraf kenapa ya kalo kita lagi berdua aja dia gak mau banget ditinggal. Yaa kan gak ditinggal kemana gitu, cuma buat cuci tangan atau ambil air bersihin pup dia kan mau gak mau harus ke kamar mandi yang mana kalo saya hilang dari pandangannya dia langsung ahak ihik mewek aja gitu. Bahkan cuma ditaro di kasur dulu aja sementara saya berdiri buat masang sleepywrap dia udah panik kehilangan, padahal kan saya di sebelahnya, cuman gak ketangkep aja sama pandangan matanya yang cuma sebetis saya. Drama banget deh..huuu. Tapi dia tetep mauan kok kalo sama orang, gak nangis, gak takut..kalo misalnya ada yang mau gendong juga dia mau ikut, trus saya dadah-dadah, dia ketawa atau kalo lagi di Bandung, dia main sama neneknya di bawah sementara saya di kamar atas ya dia cuek aja gak nyariin. Drama ini cuma terjadi kalo kita lagi berdua doang..  

2 comments:

  1. ikhh sama bnt sama efra... kl qt pergi buat cuci tangan aja meni riweuh... apalagi kl udh dandan teh meni ky yg sama rasa takut ga diajak... hehe....

    ReplyDelete
  2. iya ne, kenapa yaa...pdhl klo ada org lain dibiarin main sendiri juga mau, tapi klo cuma berdua meni ogoan..

    ReplyDelete

 

Blog Template by BloggerCandy.com