Resep MPASI Arraf 6m

Utensils : saringan kawat, sendok, mangkuk, kukusan, parutan keju, peresan jeruk

Puree Alpukat 
1 bh Alpukat matang (jenis mentega atau biasa boleh, tapi jenis mentega less serat)
ciri-ciri alpukat matang: dagingnya empuk banget dan kalo di-shake bijinya kedengeran 

Belah alpukat jadi dua, buang biji dan kulit biji yang menempel pada daging. Kerok dagingnya, lalu haluskan dengan cara bejek-bejek di atas saringan pakai sendok.

Puree Apel 
1 bh Apel pacific rose/fuji/royal gala

Cuci bersih, kupas kulitnya, potong-potong jadi 6-8 bagian, buang bijinya.
- Taruh di dalam mangkuk, lalu kukus sampai empuk. Setelah empuk, haluskan di atas saringan satu per satu. Sertakan air dalam mangkuk kukusan ke dalam puree.

- Untuk mendapatkan sari apelnya saja, apel tidak perlu dikukus. Setelah dikupas kulitnya, cukup diparut lalu disaring, hasilnya hanya air apelnya saja tanpa daging.

* untuk finger food, apel kukus/tidak setelah dipotong-potong langsung diberikan kepada bayi.

Puree Pear 
1 bh Pear xiang lie (warna hijau) 

Cuci bersih, kupas kulitnya, potong-potong jadi 6-8 bagian, buang bijinya.
- Taruh di dalam mangkuk, lalu kukus sampai empuk.Setelah empuk, haluskan di atas saringan satu per satu. Sertakan air dalam mangkuk kukusan ke dalam puree.

- Jika tidak ingin dikukus, bisa diparut saja dalam keadaan mentah lalu disaring. Hasilnya tidak secair apel, tapi ada dagingnya yang sangat halus.

* untuk finger food, pear kukus/tidak setelah dipotong-potong langsung diberikan kepada bayi.

Air jeruk
1 bh Jeruk baby jaffa madu/valencia mesir/baby brazil

Belah jeruk jadi 2 bagian lalu peras di atas perasan jeruk. Jika ingin membawa serta bulirnya, ambil dari atas perasan tapi pastikan tidak ada biji sekecil apapun yang terbawa.

Mashed potato 
1 bh Kentang tess (atau kentang rendang juga boleh, lebih manis) 

Cuci bersih kentang, belah jadi 4 bagian. Kukus kentang di atas kukusan sampai empuk, tiriskan. Ambil satu potong kentang, kupas kulitnya lalu haluskan di atas saringan pakai sendok. Kentang yang benar-benar matang dikukus akan sangat mudah dibejek-bejek (mirip membuat perkedel).

Karena kentang sifatnya menyerap air, kemungkinan hasilnya akan kering. Jika akan disajikan, campur puree buah atau puree sayur.

Puree Zuccini
1 bh Zuccini (terong jepang) 

Cuci bersih, kupas kulitnya, potong memanjang jadi 4 bagian, buang bijinya. Taruh di dalam mangkuk, lalu kukus sampai empuk.Setelah empuk, haluskan di atas saringan satu per satu. Sertakan air dalam mangkuk kukusan ke dalam puree.

* untuk finger food, zuccini kukus langsung diberikan kepada bayi.

Puree Labu siam
1bh Labu siam mini 

Cuci bersih, belah jadi 2, buang bijinya. Taruh di dalam mangkuk, lalu kukus sampai empuk.Setelah empuk, haluskan di atas saringan satu per satu. Sertakan air dalam mangkuk kukusan ke dalam puree.

Puree Labu Parang
Labu parang 1/4 buah (dipotong lagi sekitar 1/8-nya) 

Cuci bersih, potong dadu 5-6 buah. Buang bijinya. Kukus di atas kukusan sampai empuk, tiriskan. Ambil labu, kupas kulitnya lalu haluskan di atas saringan pakai sendok. Labu parang cenderung manis dan hasilnya akan sangat halus.

Puree Pepaya 
1/2 bh Pepaya bangkok/hawaii/california

Potong pepaya sesuai keinginan, kupas kulit dan buang bijinya. Parut pepaya di atas mangkuk sehingga yang keluar adalah parutan pepaya yang memanjang dan juicy. Saring pepaya parut dengan sendok, hasilnya akan sangat halus menyerupai saus.

* untuk bayi 7m+ pepaya tidak perlu disaring lagi, serutan pepaya dapat langsung diberikan kepada bayi.

Bubur oat
1 sdm Quacker oat Quick Cook (bisa juga merek lain) 
Air 200ml 

Blender terlebih dahulu  oat dalam keadaan kering sehingga teksturnya halus menyerupai tepung. Tuang ke dalam panci, tambahkan air 200ml lalu aduk sedikit. Nyalakan api, aduk-aduk hingga mencapai kekentalan yang diinginkan.

*Oat paling cocok digabung dengan puree buah.

Puree Pisang
1 bh Pisang ambon lumut/cavendish/ambon biasa/susu 

Kerok pisang memakai sendok, pastikan serat putih yang ada di permukaan paling atas pisang tidak diikut sertakan. Setelah mencapai bagian tengah, STOP. Lanjutkan dari sisi lainnya yang masih utuh. Bagian tengah pisang/biji pisang akan menyebabkan sembelit.

Disclaimer : ini resep dan caraku buat anakku ya, kalo gak cocok sama ibu-ibu sekalian, silakan sesuaikan aja sesuai kebutuhan dan cara yang paling nyaman masing-masing :)

1 comments:

DailyRolla. Template images by klosfoto. Powered by Blogger.

© 2011 ♥ ..Our Daily Rolls.. ♥, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena