Manajemen ASIP a'la moi

IMHO, S1, S2, S3 asi cuma labelling. Nggak ada yang berhak untuk men-judge seorang ibu tidak mampu menyusui, atau seorang anak disebut anak sapi. Saya, dari kecil nggak minum ASI, tapi bukan buat disesali, tapi untuk dijadikan pembelajaran ke depannya buat anak saya, salah satunya dengan manajemen asip ini.
 
Apapun yang kita kasih buat anak, pastilah itu perjuangan, termasuk kasih asi. Disebut perjuangan karena nggak segampang buka bra, pencet langsung ngocor ... jaman sekarang banyak faktor X nya, apalagi working moms. Kalau baca-baca perjuangan ibu-ibu, Alhamdulillah ... jalan saya dimudahkan Allah, hampir nggak ada kendala berarti. 

Makdarit, saya mau sharing manajemen asi ala saya, semoga bermanfaat :D

Manajemen ASI Eksklusif ala Saya 

Supply (stok asip)

Saya mulai perah asip buat stok kira-kira sebulan sebelum cuti selesai. Sebelumnya asip dipake buat pergi atau lagi ditinggal mandi, makan, dsb. Pertama kali perah asi, cuma 60ml dan konsisten terus di kisaran 60-80ml tiap kali perah sehingga botol kaca yang kapasitasnya 110ml baru penuh setelah 2x merah.

Saya merah nggak pake jadwal, berhubung waktu nuborn sulit banget cari waktu luang buat merah. Jadi kapan aja baby lagi bobo atau lagi digendong neneknya, segeralah perah, berapapun hasilnya kumpulkan. Rekor paling banyak sekali pumping 125ml, itu juga karena udah berjam-jam nggak disusuin.

Seminggu menjelang ngantor lagi, bekal kurleb 50 botol asip di freezer satu pintu. Yes, saya bisa survive di kulkas satu pintu. Caranya? pasang suhu paling dingin, penuhi freezer semaksimal mungkin berapapun jumlahnya, kalau botolnya penuh, kemungkinan bunga es muncul bisa diminimalisasi gak terlalu tebal. 

Seminggu sekali harus rajin defrost, asipnya dipindah dulu ke coolerbox/coolerbag yang dimasukkin ice gel, ice pack, blue ice dan es batu banyak-banyak. Matikan kulkas, baru bersihkan...biasanya kalo dicokel2 pake air panas lebih cepet lumer :p Gak lama kok, paling 1 jam selesai dibersihkan, kulkas bisa dinyalakan lagi ke suhu semula, lalu susun lagi asip-asipnya ke dalam freezer. 

Suhu dingin memang merugikan bahan makanan lain di bawahnya, misalnya sayur jadi ikut basah dan beku, makanan jadi cepet mengeras...tapi gak apa-apalah, demi asip terjaga konsistensi suhunya :)


Memerah asi (pumping) 

Awal masuk kantor, anak umur 2 bulan, pendapatan merah nggak sedahsyat geng pumping lain yang bisa dapet 2 botol sekaligus. Masih pake botol Avent kecil (125ml), paling banter keisi 100ml alias 1 botol kaca aja.

Sadar bahwa punya pabrik produksinya nggak melimpah, maka saya disiplinkan jadwal perah. Pagi pas nyampe kantor, siang sebelum maksi, sore sebelum pulang, masing-masing jarak waktunya 3 jam. Alhamdulillah, dari kantor bisa bawa 3 botol x 110ml + 2x perah di rumah @100ml. At least impas, masuk 5 botol, keluar 5 botol (500ml).

Sebulanan jadi mama perah, pendapatan mulai ningkat...upgrade botol penampung jadi 260ml. Mungkin juga karena suplemen booster, mungkin juga karena kebutuhan Arraf juga ningkat seiring dia tambah besar. Sekali perah 140ml, upgrade botol kaca ke botol UC-1000, produksi konsisten terus di angka 125-140, nggak pernah kurang, lebih juga jaraaang banget. 

Lama-lama ningkat lagi, jadi 200-220-250, udah bisa dapet 2 botol sekali perah, jarak pumping juga lebih panjang. Konsisten. Bawa 4 botol dari kantor hasil 3x pumping. Udah nggak sempet lagi pumping sebelum berangkat, biasanya kalo Arraf udah bangun disusuin langsung.

Ah iya, Alhamdulillah juga, dengan jobdesk saya yang 'cuma' sibuk saat pagi dan mostly by project, loadnya nggak setiap hari padat jadi bisa ngilang barang 10-15 menit buat pumping beberapa kali. Bos juga sangat pengertian, ngasih kelonggaran sebesar-besarnya, gak pernah nyariin atau nanyain.  

In - Out

Jujur, saya gak nerapin sistem First In First Out. 
Iya, teorinya sih gitu ya..tapi karena males nyodok-nyodok stok paling belakang buat dipindahin ke depan, akhirnya kadang saya ambil sembarang aja, bisa yang paling depan, atau stok yang masih cair yang saya bawa dari kantor hari ini buat minum besoknya (jadi langsung taro di kulkas bawah, gak di freezer lagi). 

Somehow itu menguntungkan juga sih, karena Arraf jadi dapet asip yang lebih fresh, jadi gak terlalu banyak kena perubahan suhu akibat mati lampu atau buka-tutup kulkas. Keuntungan lain pake kulkas 1 pintu, perputarannya jadi cepet karena gak ada asip yang lama banget disimpan, Arraf bulan ini minum asip bulan kemarin, begitu seterusnya. 

Tapi enggak saklek juga sih, ya seperti saya bilang, ambil sembarang aja...

Breastfeeding On-road

Kenapa saya lebih memilih menyusui langsung ketimbang bawa asip dari rumah, karena di jalan Arraf jarang minta minum, dia lebih tertarik lihat-lihat jalan atau tidur. Paling banter bawa satu botol aja isi porsi sekali minum, itupun minumnya gak ditenggak langsung habis. 

Nyokap suka senewen kalo saya ngacir ke nursing room atau lagi nongkrong sama temen-temen kudu kerubungan apron sambil menyusui. Keliatannya sih ribet, tapi sungguhlah jika dibanding botolan asip yang harus kebuang karena gak sempet keminum itu lebih sedih. Bukankah lebih ribet bawa coolerbag+ice gel? berat bok!

Hemat asip

Iyes, banyak jalan menghemat asip. Pertama, karena saya lebay takut asip kurang, menjelang masuk kantor saya hipno Arraf supaya banyak bobo, kenyangnya lama :p Yaah, gak maksud membatasi minumnya sih...saya gak punya jadwal minum asip, kapanpun Arraf mau nen, kasih. And it works, sampe sekarang 6 bulan Arraf minum asipnya segitu-segitu aja.

Kedua, kalau malam, libur, weekend atau cuti, jauh-jauhlah dari bottlefeeding..jauh lebih menyenangkan menyusui langsung, ibu dan bayi sama-sama terus belajar menyusu dan menyusui. Gak apa-apa gak sempet merah juga, lakukan sesempatnya aja. Kasih pemahaman pada anak, bahwa ketika dia nempel ibunya, dia akan menyusu langsung *syukurlah gak ada bingung puting sama sekali*.

Ketiga, itu dia..kalo lagi pergi-pergian jangan kalap bawa berbotol-botol buat di jalan, selama bayi pergi sama ibunya, gentong fresh dan steril siap sedia untuknya. Gak takut asipnya keburu basi, gak takut botolnya terpapar kuman jalanan. Tapi tetep harus bawa asip botol, antisipasi kalau lagi digendong bapaknya atau lagi pada situasi yang gak memungkinkan menyusui eg. di angkot.

But, afterall..tetep harus sedia stok asip in case lagi di rumah kakek-neneknya, banyak digendong diajak jalan-jalan sana-sini, bekali si nenek dengan asip. Gak harus asip beku dibawa dari rumah lah *keburu basi kali*, tapi artinya tetap merah selama di tempat tujuan traveling.

Nearly-expired ASIP

Ternyata, Arraf gak gitu geragas minum asip, konsisten di 500ml/hari sementara supply terus ningkat. Sempet oversupply stok, sejumlah asip diungsikan ke kulkas sodara yang 2 pintu. Berhubung stok di freezer sendiri masih mencukupi, gak pernah dilirik-lirik lagi tuh stok yang di rumah sodara, alhasil pas ngecek kaget karena ternyata ada sekitar 30 botol perahan bulan Februari dan saya ngecek di bulan Juni! 

Untung disimpennya di kulkas 2 pintu, segera angkut ke rumah niatnya mau buat campuran MPASI tapi Arraf gak suka MPASI campur asip, jadi selama belum expired, saya titip asip di kulkas kantor barangkali ada yang urgent butuh. 

Meskipun gak melimpah ruah, Alhamdulillah semua dicukupkan. Perjalanan masih belum berakhir untuk menyempurnakan persusuan [QS al-Baqoroh : 233]. Beberapa kali dimampukan untuk berbagi sama bayi lain yang membutuhkan, alhamdulillah.

Buat saya, menyusui bukan masalah gengsi, bukan masalah gaya hidup, bukan masalah lulus atau tidak, berapapun lamanya saya sanggup menyusui, Insya Allah, hak Arraf sebagai anak akan saya penuhi.
Next Post Previous Post
11 Comments
  • Anonim
    Anonim 14 Juni 2011 pukul 19.03

    tfs mak! :P

  • bunda kanaya
    bunda kanaya 23 Juni 2011 pukul 12.12

    waaah mbak.... mantaaaaps euy manajemen asipnya... baca juga yah pengalaman saya... http://episodekanaya.blogspot.com/2011/06/minuman-masa-depan.html

    salam kenal ^_*

  • Anonim
    Anonim 30 Juni 2011 pukul 12.47

    Mba aku sedang kejar tayang asip, babyku sudah 11 bulan, akhir2 ini aku rada sedikit keluar asinya, mungkin karna kerja n mulai ga teratur merah kalo lagi banyak kerjaan, boleh tahu suplemen tambahannya apa, boleh de email aku di siti1982@gmail.com

  • Rella Sha
    Rella Sha 12 Juli 2011 pukul 15.24

    @ndutyke hai, salam kenal juga..thx ya. Duh kok perasaan familiar ya sama nickname-nya, sering liat dimanaa gitu :D

  • Anonim
    Anonim 22 Agustus 2014 pukul 09.10

    wah trimksh sharingnya ya bund... cocok yg kualami sekarang

  • Unknown
    Unknown 17 Juli 2017 pukul 18.04

    salam kenal .

    thankyou foto sharing your experience mom. lagi nyari referensi cara nyimpen Asip di kulkas 1 pintu

  • autoristic
    autoristic 4 September 2020 pukul 20.37

    Hai bunda, tfs ya... btw bunda simpen asip di kulkas 1 pintu berapa lama, kok ku baca tadi arraf minum asi bulan ini dari asip bulan lalu? Jujur lagi bingung banget ni, asip di kulkas 1 pintu masih banyak bgt daribulan lalu, rencana mau buat stok pas aku kerja tapi baca2 di internet kok asip kulkas 1 pintu cuma tahan 2 minggu ya?

    • Rella Sha
      Rella Sha 12 September 2020 pukul 12.04

      Hai mbak, saya simpan asipnya di freezer jadi beku dan ini bisa pakai sistem FIFO untuk meminimalisir asip yg terlalu lama disimpan. Kalau sirkulasinya lebih cepat, disimpan di rak biasa saja supaya nggak perlu dibekukan dulu.

  • MommyElsha
    MommyElsha 12 September 2020 pukul 11.31

    Wah sangat membantu, baru liat tulisanya mbak, terimakasih banyak lho atas sharingnya

  • MommyElsha
    MommyElsha 12 September 2020 pukul 11.35

    Mbak mau tanya,.smoga dibalas, kemaren sempet stok botol asip berapa buah, dan botol yg uc brp buah, buat gambaran saya nantinya

    • Rella Sha
      Rella Sha 12 September 2020 pukul 12.02

      Hai mbak, wah karena ini sudah lama sekali saya nggak ingat stok botol berapa banyak..pokoknya sebanyak mungkinlah, hehe. Setidaknya untuk awal ada 20 botol untuk seminggu mbak, nantinya kan dirolling lagi botol2 yang kosong diisi kembali.

Add Comment
comment url