Pages

Perlengkapan MPASI

Hepiii, nyiapin perlengkapan MPASI ini kaya yang mau nyiapin perlengkapan perang buat pertempuran selanjutnya selepas asi eksklusif. Yak, belajar makaan!! Biarpun judulnya belajar makan, bukan makan beneran, tetep aja penyajiannya harus higienis, sesuai dengan takaran buat anak bayi. List down!

1. Slow Cooker
Saya pake Takahi 1.2lt. Must have item-nya working mom buat bikin bubur atau nasi tim. Malem masukin beras, bahan-bahan, air..ditinggal tidur, voila! besok paginya udah jadi bubur :D Katanya sih 5-6 jam gitu masaknya, buat SAHM tanpa art juga cocoklah, sambil masak bisa disambi nyuci baju, beberes, ngepel, mandiin anak..beres anak mandi langsung makan.

Slow Cooker ini terbuat dari tembikar (tanah liat), bentuknya semacam panci biasa. Fungsinya, sesuai namanya, membuat makanan lebih lembut tapi tidak merusak kandungan gizinya dengan konsep slow-cooked nya, karena bahan SC ini adalah tanah liat yang bersifat isolator (menahan panas), jadi bukan konduktor (penghantar panas) yang bisa memanaskan dengan instan yang malah berpotensi mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya *aduuh bahasa gw beribet gini*. Katanya bisa buat empukin daging juga nih, bisa kepake buat masak yang lain juga kalo bayi udah gak makan lembek lagi. Ini kalo di olshop harganya sekitar 330rb-an, kalo yang 0.7 liter 204rb-an. Dapet kado dari temen kuliah, lumayaann :D

*udah dicobain bikin nasi lembek tuna. Hasilnya lembuuut banget dan wangiiii..

2. Utensils

a. Sendok. Sampe bingung mo beli sendok yang mana soalnya lucu-lucu. Tapi mengingat awal MPASI masih disuapin dan (rencananya) mau mix sama metode BLW, gak jadi beli sendok yang pendek buntet. Pilihan jatuh pada Munchkin Soft Tips Spoon, lucuuu...dan murah saja, cuma 65rb isi 6 biji (ini juga belinya patungan rame-rame sama temen). Warna-warninya menarik, semoga Arraf suka dan jadi lahap makannya.


b. Gelas. Buat minum air putih, punya Pigeon Mag-mag yang all in one, kado dari onty Ria. Bisa diubah-ubah dari dot, spout, sampe akhirnya kaya gelas biasa. Ada juga sih gelas spout lagi bawaan feeding set-nya IKEA mata. Pengennya ngajarin minum pake gelas sejak dini biar nantinya gak ketergantungan sama gelas-gelas bayi.

3. Feeding set
Buat makan sehari-hari pake IKEA mata warna hijau! Murah-meriah cuma 70rb isinya slaber, mangkok, sendok dan gelas spout. Kalo buat BLW-nya, potongan buah akan disajikan di mangkuk-mangkuk kecil Tupperware.
Buat traveling, udah beli Sassy on The Go. Asalnya gak niat beli feeding set lagi karena cukup puas sama koleksi Tupperware di rumah yang lumayan lengkap dari storage sampe perlengkapan traveling. Tapi pas liat si Sassy ini containernya kecil-kecil dan di-packed dalam satu wadah seukuran misting orang dewasa, praktis banget dan muat juga ke tas makan siang yang bisa saya bawa. Menurut saya ukurannya lumayan pas buat porsi makan anak bayi, per pcs nya bisa diisi puree atau potongan buah. Lumayan deh. 84.900 di olshop maupun di mothercare.

4. Food maker
Sempet mau beli Pigeon yang beken itu, tapi gak jadi karena parutan-saringan-mangkuk-peresan jeruk udah punya sebelumnya. Eh tapi pas liat Baby Set-nya Tupperware lucu juga. Isinya ada mangkuk, peresan, saringan, parutan, sendok, gelas..lengkap, kalo mau traveling di-packed dalam satu tas mungil. Simpen dulu ah kali jadi pengen.
Tupperware Baby Meal Set, gambar diambil dari sini
5. Cooking Set/cutlery
Saya bukan penganut barang serba baru buat MPASI, tapi kebetulan pas pindahan ke Bekasi tuh, beli sejumlah barang-barang baru buat isi rumah, yang mana sebagian belum kepake kaya talenan Claris (kebetulan warna hijau!) trus pisau yang dulu dipake waktu ngekos masih bagus dan jarang dipake.

Blender udah ada di rumah, gak beli hand blender atau food processor, menurut saya sih sayang aja ya karena kepakenya cuma pas Arraf kecil dan pake blender biasapun gak ada masalah dalam tekstur, tinggal atur waktu blendingnya aja.

Kukusan, udah punya yang Tupperware Steam it. Si merah ini saya beli waktu awal-awal nikah (ceritanya nabung bwt isi rumah, bleh). Belum kepake sampe sekarang karena ada kukusan bawaan dari rice cooker. 

Buat panci, nah ini..belum kepikiran mau pake panci apaan secara yang di rumah cuma ada panci buat masak air dan panci indomie (yang udah melengkung-lengkung). Baca-baca katanya kalo mo bikin gasol aja cukup 3sdm, berarti butuhnya panci kecil banget aja dong? yang ini belum dapet..tapi sempet liat di ACE Hardware ada panci Krischef mungil, harganya 49.800, porsinya paas banget buat makanan bayi. Tapi sayang juga yah, ah bingung..apa pake SC aja gitu?

Oh ya, ada lagi panci listrik yang satu set sama kukusannya. Dulu jamannya ngekos masak indomie pake panci listrik ini merek Sayota, harganya cuma 110rb di Hypermarket/Giant/Carrefour. Enaknya bisa dibawa traveling juga. Hmm...

6. Feeding chair
Bulet mau beli booster seat aja, demi rumah yang masih portable alias nomaden pindah-pindah :p demi belum punya meja makan (kalo nanti akhirnya punya, booster-nya bisa di attach ke kursi makan), dan demi kocek yang gak seberapa cuma mampu beli booster dibanding hi-chair. Booster-nya kayanya mau beli Summer deh (by this day, baru mau beli sih).

7. Slaber/bib
Ini mah ya penting ya tentunya. Udah punya slaber dari jaman Arraf masih nuborn. Punya 4, cuman satu yang beli, tiga lainnya kado. Gak perlu merek-merekan, fungsinya sama aja..lebih mahal gak tentu lebih bagus kok. Pokoknya pilih bahan yang enak, gak berat, dan gampang dicuci/dibersihin.

8. Storage
Insya allah semua udah lengkap, dari yang kecil-kecil, lunch box, buat puree atau buat storage daging2an + plastik clingwrap udah ada. Ternyata ada untungnya juga jadi member Tupperware nimbun-nimbun perabotan dari setahun lalu, akhirnya berguna gak cuma buat tempat bekel makan siang. Babycubes yang mehong itu, bisa diganti sama ice tray biasa, tinggal tutup pake clingwrap..toh nantinya juga dibuka lagi kan, ditaro di storage. Ah senangnya kalo bisa efisien.. *emak irit bahagia*.

Udah, segitu aja deh kayanya persiapan perlengkapan MPASI. As simple as that, gak ribet ibu-ibuu...kalo perabotannya udah ada di rumah, gak perlu beli yang baru juga ;)

3 comments:

  1. Mbaak..nyontek listnya yak,hehe..
    tengkiuu

    ReplyDelete
  2. Mbaak..nyontek listnya yak,hehe..
    tengkiuu

    ReplyDelete
  3. Ngiler deh liat baby meal set dari Tupperware ituuuu, mana ada tasnya. Tapi aku udah punya merk pigeon hihihihi. Mesti nahan-nahan diri nih untuk nggak tergoda beli macem-macem yang belum perlu :P

    ReplyDelete

 

Blog Template by BloggerCandy.com