Pages

Empat Bulan.

Iyaaa, Arraf udah 4 bulan sekarang. Berat 7.1kg, panjangnya masih 63cm. Pertama kalinya seumur hidup Arraf, menjelang 4 bulan kemarin kita melakukan perjalanan pulang pergi Bekasi-Bandung cuma berdua naik kendaraan umum (travel). Ribet? uhm, not so..karena waktu perginya jam 6 pagi jamnya dia bobo, sedangkan pulangnya udah keburu siang jam nya dia bangun ya itulah..bagian bosen dijalannya aja yang bikin dia agak rewel dan gampang nangis. Beruntung di travel ada beberapa ibu-ibu yang bantuin gendong, ngajak main, bahkan bantuin saya mosisin badan yang enak waktu nyusuin Arraf.

Sorry to say, untuk ukuran bayi sekecil ini, Arraf harus merasakan pengalaman dibawa kesana kemari ngikutin mobilitas orangtuanya. Kalo liat reaksi orang-orang pas tau berapa umur Arraf, pasti pada kaget karena umur segitu udah dibawa-bawa perjalanan jauh naik umum dan selama perjalanan itu pula dia digendong terus. Sedih sih, karena kita belum bisa ngasih tempat yang nyaman buat dia.. *oh hello apa kabar dua carseat nganggur di rumah?*, bersinggungan dengan hiruk pikuk kaum urban, terpapar polusi udara dan suara, dibawa lari ngejar bis kota, dan hidup setiap hari di kontrakan sempit dan seadanya. Maafin ibu, nak, maaf... *mewek*
ngelamun di Transjakarta
Udah ah curcolnya *lap ingus*, perkembangan motorik Arraf alhamdulillah normal-normal saja. Udah bisa ngoceh panjang kaya orang ngobrol, ketawa ngegakgak, dan udah ngerti cilukba :)
Oh ya, udah bisa ngeguling tengkurep sendiri di umur 3m3w. Sekarang bobonya jarang ditengkurepin dari awal karena nanti dia akan guling ke kiri berakhir dengan tengkurep dan bolak balik posisinya sendiri.

Main sambil tengkurep, tahan 15-20 menit sebelum akhirnya nyungsep atau dusel-dusel kasur karena pegel.

Ah iyaaa, pake clodi! Tapi pembahasan soal clodi ntar aja deh postingan yang lain.

Makin menggila lah hobi ngenyot jempol dan gigit-gigitin jari, pake bonus ngiler dan main-main busa. Dari lahir emang udah ada titik-titik putih dua biji di gusi bawahnya, tapi entah sampe kapan jadi giginya *kok lama banget ya* 
 
Dokter bilang, perkembangan BB anak di atas 3 bulan gak akan sepesat waktu <3bln, pantesan selama 20hr Arraf naik 500gr aja kirain gara-gara minumnya yang gak sebanyak waktu dulu. Oh iya, ini juga Alhamdulillah setengah jalan asix masih diperjuangkan. Stok sampe saat ini masih aman dan mudah-mudahan terjaga sampe bisa jadi campuran MPASI. Konsumsi ASIP sehari-hari gak mengalami kenaikan dari sebelumnya, bahkan mungkin kalo bisa dibilang berkurang, padahal saya kira dia bakal mulai growth spurt dan ngabisin asip lebih banyak, ternyata enggak. 6 botol susu @80-90ml selalu habis, kadang ada sisa kurleb 50ml..ini pasti karena dia lebih banyak bobo dan udah gak perlu dibangunin buat mimi. Kalo kemarin waktu kecil bisa habis 500-600ml sehari meskipun banyak bobo, tapi suka dibangunin buat minum susu.

Ibunya? Sampe hari ini belum datang menstruasi, mungkin karena minum pil KB juga ya? Kalo badan sih eike memang langsing dari sononya bok *boong berat*, yaahh..ngorbanin satu hipster jeans 28 lah gak kepake lagi :p Tapi yang pasti, mengalami kerontokan rambut yang sangat parah. Sampe takjub sendiri liat ceceran rambut yang nempel di bantal, di kasur, di lantai...hiiihh.

6 comments:

  1. Arraf montoook...pengen nyubit... :(
    Alya juga gitu bu, lewat 3 bulan..kenaikan bb menurun...*emaknya nangis liat bayi melangsing...-kenapa bukan bundanya yaa????*

    ReplyDelete
  2. haa arraf..pengen jembel pipinyaaa...
    bo ini anak gue apal pas baru 2 hari, skrg udh segede ini ajaaa...haa..gemeess

    ReplyDelete
  3. yaampun montok pisan Arraf...*lirik emaknya* hehehe kalem rel, masih 4 bulan belom apa2 atuh numbuh gigi mah emg normalnya pas udah makan. Fayra yg numbuh 2 gigi pas 3 bulan aja bikin kaget orang2, itu mah anomali tp tetep aja gaada temennya sampe 9 bln br numbuh 2 lagi. eh gapapa tau kalo dr kecil diajarin frugal living, aku jg gitu.biar bisa survive dalam hidup yg nggak selalu manis #eeaaa

    ReplyDelete
  4. @Merlin : ih ih ih..kamu curcol :p sama nih, udah banyak celana yg jadi 'korban' ibu menyusui.

    @avi: haha iya ya boo, secara pas 2 hari masih mungil banget :))

    @teh Dinni: gapapa ya? katanya klo ibunya bnyk minum kalsium (cdr, caldece, dsb) itu bs mempercepat tumbuh gigi? ah tapi ngeri juga bayanginnya klo nen pake gigi *glek*

    ReplyDelete
  5. Iya Rel, menyusui bocah bergigi itu penuh penderitaan *curcol session 2 :P*

    ReplyDelete
  6. Peluuuuuuuk...
    huhuhuhuhu aku juga... umur 2 bln si ino aku ajak naek kereta api ekonomi malang - bandung,,,
    hiks..
    biarlah anak kita tumbuh jadi lelaki pemberani...
    btw montok amat.. sumpah iri

    ReplyDelete

 

Blog Template by BloggerCandy.com