[Review Produk] Teh Menyusui

Namanya ibu menyusui, apa saja ikhtiar dilakukan dalam meningkatkan produksi ASI demi buah hati tercinta. Dalam khasanah kearifan lokal Indonesia, kita mengenal daun katuk, daun kelor, daun bangun-bangun, sayuran hijau, dan kacang-kacangan yang dipercaya bisa membuat ASI lebih deras dan lebih kental. 

Adapun dalam produk farmasi, kita tahu ada beberapa kaplet suplemen pelancar ASI seperti Asifit, Lactamam, Lactamore, dsb. Nggak terkecuali saya sendiri juga selain makan dan minum yang bergizi, ikut mencoba konsumsi ini itu untuk terus menjaga produksi ASI agar tetap stabil. Maklum deh kalo working mom dikejar-kejar stok biar kerja tenang, bayi pun kenyang. 

Salah satu produk suplemen untuk ibu menyusui yang lagi ramai dibahas adalah teh menyusui/nursing tea. Sebenarnya sih menurut saya ini bukan beneran teh yang berasal dari pucuk daun teh gitu, tapi produk herbal/rempah-rempah/biji-bijian tertentu yang diseduh dengan air jadi kaya minum teh. Dari bahan-bahannya aja memang nggak ada tea leaf atau tea anything sama sekali kok.

Well, anywy...sepanjang perjalanan saya menyusui, saya baru coba tiga merek teh menyusui di bawah ini, yang rata-rata merupakan produk impor. Uniknya, masing-masing punya komposisi bahan yang sama-tapi-berbeda (lhah!). Yang pasti sih ketiganya punya tujuan yang sama: boost mum's breastmilk supply tentunya :) 

3 Merek Teh Menyusui Untuk Booster ASI  


Nursing Time Tea 

teh menyusui

Harga: 125rb/bungkus (6.5oz)
Beli di olshop 

Teh ini impor dari US. Komposisinya: fennel seed, goat’s rue, blessed thistle, alfalfa, anise seed, lemon verbena. Intinya semua bahan-bahannya itu fungsinya buat memperkaya kualitas dan kuantitas ASI, menutrisi dan menambah volume ASI, termasuk juga masalah pencernaan bayi yang mengalami kolik. 

Ini satu-satunya merek yang nggak ada komposisi fenugreek-nya, padahal hampir semua suplemen menyusui mengandung fenugreek, bahkan ada yang minum fenugreeknya langsung. 

Bentuk teh ini kaya teh tubruk, jadi harus sistem seduh dan saring. Minumnya cukup 1 sendok + air panas untuk satu cangkir, tutup, biarkan 5 menit baru disaring. Frekuensi minumnya 2-3 cangkir per hari dan satu bungkus ini dibuat untuk 1 bulan penggunaan. 

Kalau buat saya teh ini rasanya pahit dengan aroma rempah bangeett, khasnya teh-teh herbal gitu deh. Setelah 3x pemakaian, efeknya kelihatan. ASI saya lebih kental dan menguning. 

Mau tau lebih banyak soal Nursing Time Tea, sila mampir ke  Fairheaven Health.

Earth Mama Angel Baby Organic Milkmaid Tea

teh menyusui
Harga: 85rb/kotak isi 16 kantong
Beli di olshop

Sama-sama buatan US. Kayanya merek ini paling beken deh di antara produk teh menyusui, soalnya nyari dimana-mana pada out of stock

Komposisi EMAB ini terdiri dari fennel seed, fenugreek, red raspberry, stinging nettle, spearmint, orange, anise seed, caraway seed, dan alfalfa leaf. Mirip-mirip sama teh yang lain. Seri teh-nya EMAB ini ada macem-macem untuk ibu hamil dan menyusui, ada Morning Wellnes Tea, Heartburn Tea, Peaceful Mama Tea, Third Semester Tea, Monthly Comfort Tea, Milkmaid Tea sama No More Milk Tea, ada yang boleh buat ibu menyusui tapi nggak boleh buat ibu hamil, jadi kudu teliti sebelum membeli. 

Karena teh ini bentuknya teh celup, jadi cara nyeduhnya lebih gampang. Celup sekitar 5-10 menit, take out kantungnya baru diminum. Satu kantung biasanya saya pake buat 3x seduh sehari. 

Rasanya? emm...emmm....paiiitt, bahkan lebih pait daripada Nursing Time dan baunya itu loh...bau rempah banget. Sampe-sampe Tupperware yang buat nyeduhnya udah 2x cuci masih bau EMAB. Beuh...

Efeknya? yak, ASI kental plek plek, asi encernya cuma seuprit keluar pas pertama, sisanya kentaaaal semua. Menyenangkan!!

Mau lebih tau banyak soal EMAB, sila mampir ke Earth Mama Angel Baby. 

Sacred Tea for Nursing Mothers

teh menyusui
Harga: 275rb/bungkus (6.5 oz) Beli di olshop


Lagi-lagi teh buatan US, tapi banyak dikonsumsi sama ibu-ibu Asia, mungkin karena main distributor-nya di Singapore. Kepentok beli ini karena nyari-nyari EMAB nggak nemu yang ready stock, akhirnya dicoba. 

Komposisinya hampir sama kaya teh lain: fenugreek seeds, fenugreek powder, fennel seeds, fennel powder, anise seeds, blessed thistle dan alfalfa leaf. Entah kenapa harganya selangit, yang kebayang waktu beli adalah efeknya yang bisa boost 100-300% volume ASI, ditambah lagi iming-iming yang punya olshop kalau teh ini lebih oke karena efeknya lebih cepat dan isinya juga lebih banyak, alias lebih awet. 

Tekstur teh ini lucu. Bener-bener bukan teh deh. Isinya literally berbentuk seeds! yak, biji! Jadi kumpulan biji-bijian yang dimaksud di atas diambil sebanyak 1 sendok teh, diseduh, biarkan sekitar 5-10 menit sampai air panasnya mulai kekuningan atau biji-bijiannya mulai merekah. Habis itu bisa disaring atau enggak, kalo saya sih nggak pernah nyaring, soalnya biji fenugreek-nya pada turun sendiri kalo udah merekah...

Rasanya lebih plain daripada dua teh lainnya, nggak berbau, nggak pait. Really plain. Mirip teh chamomile tapi lebih tawar dan bening. 

Efeknya? nggak selebay yang saya bayangkan sih, tapi lumayan cepet 'isi ulang' payudaranya. Teh ini juga nggak menyebabkan perubahan warna pada ASI, entah apanya yang beda ya, padahal bahannya itu-itu juga. Oh ya, selain efek ke ASI ibu, komposisinya juga membantu pemulihan kondisi ibu pasca melahirkan dan memperbaiki pencernaan ibu dan bayi. 

Mau tau lebih banyak soal Sacred, sila mampir ke situs Breastfeeding Women ini. 

Masih banyak merek teh menyusui yang belum saya coba kaya Waleda atau Organic Mothers Milk. Nantilah kalo stok yang ada udah abis coba yang lain dan akan saya review lagi. Indeed, semuanya ada pengaruhnya ke produksi ASI saya, dari sisi kandungan mungkin dia nambah kandungan lemak dan perubahan warna ASInya, sedangkan dari sisi volume alhamdulillah bisa ningkat sekitar 60-80ml per sekali perah. 

Sementara konsumsi tiga merek teh menyusui ini, ada beberapa kesimpulan yang bisa saya ambil: 

1. Ketiganya bukan teh yang kita kenal seperti di Indonesia. Di Barat, semua bahan herbal yang diseduh air panas dibilang teh. Sebagai pecinta teh betulan, saya keberatan. 
2. Karena bahan-bahannya mengandung zat yang memperlancar pencernaan, maka hampir dipastikan setiap hari akan pup. Jangan aneh kalo pup-nya berubah warna ya, kehijauan ala herbal banget deh :p 
3. And so the babies...dia akan lebih sering buang angin karena kandungan fennel seed memperbaiki problem gastrointestinal alias masalah perut.
4. Semua teh ini basically punya bahan-bahan yang sama dengan yang digunakan untuk merendahkan gula darah. Jadi buat yang punya diabetes, sila konsumsi satu galon teh ini setiap hari :)
5. Pikiran positif, optimis dan rendah hati. Jangan down kalo misalkan teh ini nggak ngefek di kita, jangan sombong pula kalo ternyata bisa nge-boost 300% :p
6. Suplemen hanyalah suplemen, konsumsi utama ibu menyusui adalah makanan sehat dan bergizi dan air putih yang banyak. Tanpa itu semua, semahal apapun suplemen akan w-a-s-t-i-n-g. 
7. Paling penting: these teas aren't for use during pregnancy!! Please jangan percaya kalo minum suplemen menyusui semasa hamil bisa meningkatkan produksi ASI, salah besar karena hormon menyusui itu berlawanan dengan hormon kehamilan, read about this more carefully!
Next Post Previous Post
9 Comments
  • Trisko
    Trisko 9 Maret 2011 pukul 09.59

    Teh menyusui bagus ya Rel? Huhu..., ga pernah nyobain dulu T_T
    Tar kalo dikasih amanah lagi jadi pengen nyoba nursing tea... :p *amiin...*

    Btw, emang kalo di negara-negara barat sono, yang namanya teh itu ga selalu dari daun teh, jadi istilah tea-nya itu buat seduhan. :D

  • Anonim
    Anonim 2 Mei 2011 pukul 22.59

    Mamasoya sudah dicoba belum bun?

    Asli Indonesia.

    Komposisi:
    Fenugreek
    Daun Katuk
    Kedela
    Jintan Hitam

    Ayo dicoba bun.. dan dibikin review-nya.

    he he he

  • Adisty Herdanies
    Adisty Herdanies 4 Mei 2011 pukul 18.06

    Salam kenal,lagi nyari cool bag yang besar nyasar ke sini deh, nyesel.. kenapa ga dari dulu bacanya? aku barusan pesen teh upss.. minuman herbal yg no.3 itu.. tujuannya biar lebih kental gt,tp ternyata malah kurang ya? *tertunduklemas*. thanks anyway..

  • Li
    Li 3 Agustus 2012 pukul 19.10

    Ada lagi.. ASI Booster tea buatan lokal. Isi lebih banyak, cukup friendly sama kantong.
    Alhamdulillah, puasa ga terhalang PD cepet penuh, beda sama waktu ga minum, baby rewel terus ^^

    • sintia
      sintia 30 Januari 2015 pukul 11.17

      belinya di olshop mana bun?

    • sintia
      sintia 30 Januari 2015 pukul 11.18

      belinya di olshop mana sist?

  • Unknown
    Unknown 18 Juli 2013 pukul 13.46

    beli nursing time tea nya di olshop mana sist? :)

  • Unknown
    Unknown 18 Juli 2013 pukul 13.47

    beli nursing time tea nya di olshop yg mana bun?

  • Yhanthy
    Yhanthy 10 Juli 2021 pukul 21.21

    Untuk banyakin asi, kayaknya oara momy butuh teh ini

Add Comment
comment url