Pages

Product review: Teh Menyusui

Salah satu produk suplemen atau konsumsi ibu menyusui adalah teh menyusui/nursing tea. Sebenernya sih menurut saya ini bukan beneran teh yang berasal dari daun teh gitu, tapi produk herbal/rempah-rempah/biji-bijian tertentu yang diseduh dengan air jadi kaya minum teh, wong ingredients nya aja gak ada tea leaf atau tea anything sama sekali kok.

Well, anywy...sepanjang perjalanan saya menyusui (blagu bener, baru juga 3 bulan), saya baru coba tiga merek teh menyusui. Uniknya, masing-masing punya basic ingredients yang sama-tapi-berbeda, tapi yang pasti punya tujuan yang sama: boost mum's breastmilk supply!

So, lets see how great these milk booster for my breast :p

Nursing Time Tea


Harga: 125rb/bungkus (6.5oz)
Beli di olshop

Teh ini impor dari US. Komposisinya fennel seed, goat’s rue, blessed thistle, alfalfa, anise seed, lemon verbena. Intinya semua bahan-bahannya itu fungsinya buat memperkaya kualitas dan kuantitas ASI, menutrisi dan menambah volume ASI, termasuk juga masalah pencernaan bayi yang biasanya kolik. Ini satu-satunya merek yang gak ada fenugreek-nya, gak tau apa fenugreek itu really matters or not, secara hampir semua suplemen menyusui mengandung fenugreek, bahkan ada yang minum fenugreeknya langsung.

Bentuk teh ini kaya teh tubruk, jadi harus sistem seduh dan saring. Minumnya cukup 1 sendok + air panas untuk satu cangkir, tutup, biarkan 5 menit baru disaring. Frekuensi minumnya 2-3 cangkir per hari dan satu bungkus ini dibuat untuk 1 bulan penggunaan.

Kalo buat saya teh ini rasanya pait dan aroma rempah bangeett, khasnya teh-teh herbal gitu deh. Setelah 3x pemakaian, baru keliatan efeknya, ASI saya lebih kental dan menguning. Kekentalan ASI itu memang dipengaruhi lemak, tapi entah kenapa habis minum ini ASI saya hampir semuanya kuning..apa karena lemak embek?? *goat's rue*

Mau tau lebih banyak soal Nursing Time Tea, sila mampir ke, err..reviewnya ada di sini.

Earth Mama Angel Baby Organic Milkmaid Tea

Harga: 85rb/kotak isi 16 kantong
Beli di olshop

Sama-sama buatan US. Kayanya merek ini paling beken deh diantara ibu-ibu menyusui, soalnya nyari dimana-mana pada out of stock. Komposisi EMAB ini terdiri dari fennel seed, fenugreek, red raspberry, stinging nettle, spearmint, orange, anise seed, caraway seed, dan alfalfa leaf. Mirip-mirip sama teh yang lain. Seri teh-nya EMAB ini ada macem-macem untuk ibu hamil dan menyusui, ada Morning Wellnes Tea, Heartburn Tea, Peaceful Mama Tea, Third Semester Tea, Monthly Comfort Tea, Milkmaid Tea sama No More Milk Tea, ada yang boleh buat ibu menyusui tapi gak boleh buat ibu hamil, jadi kudu teliti sebelum membeli. Saya gak tau bedanya macem-macem teh itu, tapi kalo gak menyusui saya sih prefer minum teh Chamomile ya.

Karena teh ini bentuknya teh celup, jadi cara nyeduhnya lebih gampang. Celup sekitar 5-10 menit, take out kantungnya baru diminum. Satu kantung biasanya saya pake buat 3x seduh sehari. Rasanya? emm...emmm....paiiitt, bahkan lebih pait daripada Nursing Time dan baunya itu loh...bau rempah banget. Sampe-sampe Tupperware yang buat nyeduhnya udah 2x cuci masih bau EMAB. Beuh... Efeknya? yak, ASI kental plek plek, asi encernya cuma seuprit keluar pas pertama, sisanya kenteeel semua.

Mau lebih tau banyak soal EMAB, sila mampir ke sini.

Sacred Tea for Nursing Mothers

Harga: 275rb/bungkus (6.5 oz)
Beli di olshop

Lagi-lagi teh buatan US, tapi banyak dikonsumsi sama ibu-ibu Asia, main distributornya di Singapore. Kepentok beli ini karena nyari-nyari EMAB gak nemu yang ready stock, akhirnya dicoba. Komposisinya hampir sama kaya teh lain: fenugreek seeds, fenugreek powder, fennel seeds, fennel powder, anise seeds, blessed thistle dan alfalfa leaf. Entah kenapa harganya selangit, yang kebayang waktu beli adalah efeknya yang bisa boost 100-300% volume ASI :p ditambah lagi iming-iming yang punya olshop kalo teh ini lebih oke karena efeknya lebih cepet dan isinya juga lebih banyak, lebih awet.

Tekstur teh ini lucu. Bener-bener bukan teh deh. Isinya literally berbentuk seeds! yak, biji! Jadi segala biji-bijian yang dimaksud di atas diambil sebanyak 1 sendok teh, diseduh, biarkan sekitar 5-10 menit sampe air panasnya mulai kekuningan atau biji-bijiannya mulai merekah. Habis itu bisa disaring atau enggak, kalo saya sih gak pernah nyaring, soalnya biji fenugreek-nya pada turun sendiri kalo udah merekah...

Rasanya lebih plain daripada dua teh lainnya, gak berbau, gak pait. Really plain. Oke, close to chamomile tea, tapi lebih plain dan lebih bening. Efeknya? gak selebay yang saya bayangkan tapi lumayan cepet 'isi ulang' PD nya. Teh ini juga gak menyebabkan perubahan warna pada ASI, entah apanya yang beda ya, padahal ingredientsnya itu-itu juga. Oh ya, selain efek ke ASI ibu, komposisinya juga membantu pemulihan kondisi ibu dan memperbaiki pencernaan ibu dan bayi.

Mau tau lebih banyak soal Sacred, sila mampir ke sini.

asih banyak merek teh menyusui yang belum dicoba kaya Waleda atau Organic Mothers Milk, nantilah kalo stok yang ada udah abis coba yang lain dan akan saya review lagi. Indeed, semuanya ada pengaruhnya ke produksi ASI saya, dari sisi kandungan mungkin dia nambah kandungan lemak dan perubahan warna ASInya, sedangkan dari sisi volume alhamdulillah bisa ningkat sekitar 60-80ml per sekali perah. Below my expectation sih, kirain bisa nge-boost ke angka luar biasa gitu, sekali perah bisa dapet 3botol :p Tapi ternyata mentok di angka tertentu sajaahh...ya sudah, gak apa-apa...ikhtiar gak ada salahnya :)

Sementara konsumsi tiga merek teh ini, ada beberapa kesimpulan yang bisa diambil:
1. Ketiganya bukan teh. Surely said. Karena gak ada sama sekali tea-leaf di komposisinya, entah kenapa dinamain teh, semua bahan herbal yang diseduh air panas dibilang teh, sebagai pecinta teh, saya keberatan.
2. Karena bahan-bahannya mengandung zat yang memperlancar pencernaan, maka hampir dipastikan setiap hari akan pup. Jangan aneh kalo pup-nya berubah warna ya, kehijauan ala herbal banget deh *sorry jorok*
3. and so the babies...dia akan lebih sering buang angin karena kandungan fennel seed memperbaiki problem gastrointestinal alias masalah perut.
4. Semua teh ini basicly punya bahan-bahan yang sama dengan yang digunakan untuk merendahkan gula darah. Jadi buat yang punya diabetes, sila konsumsi satu galon teh ini setiap hari :)
5. Pikiran positif, optimis dan rendah hati. Jangan down kalo ternyata teh ini gak ngefek, jangan sombong pula kalo ternyata bisa nge-boost 300% :p
6. Suplemen hanyalah suplemen, konsumsi utama ibu menyusui adalah makanan sehat dan bergizi dan air putih yang banyak. Tanpa itu semua, semahal apapun suplemen akan w-a-s-t-i-n-g.
7. Paling penting: these teas aren't for use during pregnancy!! Please jangan percaya kalo minum suplemen menyusui semasa hamil bisa meningkatkan produksi ASI, salah besar karena hormon menyusui itu berlawanan dengan hormon kehamilan, read about this more carefully!

6 comments:

  1. Teh menyusui bagus ya Rel? Huhu..., ga pernah nyobain dulu T_T
    Tar kalo dikasih amanah lagi jadi pengen nyoba nursing tea... :p *amiin...*

    Btw, emang kalo di negara-negara barat sono, yang namanya teh itu ga selalu dari daun teh, jadi istilah tea-nya itu buat seduhan. :D

    ReplyDelete
  2. Mamasoya sudah dicoba belum bun?

    Asli Indonesia.

    Komposisi:
    Fenugreek
    Daun Katuk
    Kedela
    Jintan Hitam

    Ayo dicoba bun.. dan dibikin review-nya.

    he he he

    ReplyDelete
  3. Salam kenal,lagi nyari cool bag yang besar nyasar ke sini deh, nyesel.. kenapa ga dari dulu bacanya? aku barusan pesen teh upss.. minuman herbal yg no.3 itu.. tujuannya biar lebih kental gt,tp ternyata malah kurang ya? *tertunduklemas*. thanks anyway..

    ReplyDelete
  4. Ada lagi.. ASI Booster tea buatan lokal. Isi lebih banyak, cukup friendly sama kantong.
    Alhamdulillah, puasa ga terhalang PD cepet penuh, beda sama waktu ga minum, baby rewel terus ^^

    ReplyDelete
  5. beli nursing time tea nya di olshop mana sist? :)

    ReplyDelete
  6. beli nursing time tea nya di olshop yg mana bun?

    ReplyDelete

 

Blog Template by BloggerCandy.com