Dec 29, 2010

Des'10: my first breastfeeding experience

Pengalaman breastfeeding pertama saya dimulai pas IMD. Waktu Arraf baru dibersihin dan ditaro di dada ibu, dia masih kebingungan nyari-nyari puting tapi semangatnya gigih sampe diputerin area sekitar pd sampe akhirnya 5 menit nyari, sama suster ditaro miring sama-sama posisi tidur ibu n bayinya, begitu latch-on nya pas langsung Hap! Subhanallah, lucu liat dia udah jago gitu, pipinya kembang kempis walo saya ragu dia minum apa kok bisa semangat gitu. Nanya suster 'emang ASInya udah ada gitu, sus?', kata susternya ibu harus yakin ASInya ada. 45 menit yang paling berharga di saat-saat pertama jadi ibu...

Hari pertama, ASI yang keluar baru kolostrumnya aja (yang mana sebenernya ini ASI juga) warnanya sebelah kuning, sebelah bening, keluar hanya kalo dipencet atau dihisap aja, gak sampe netes-netes. Tapi berhubung mindset orang-orang tua ASI itu adalah cairan putih yang keluar mancer, saya dianggap belum menghasilkan ASI. Tapi saya berusaha tetep tenang, satu-satunya yang saya pegang adalah fakta bahwa bayi masih bawa cadangan makanan dari ibunya, dia tahan gak konsumsi ASI selama 48jam. Dan dalam 48 jam itu saya berharap ASI saya segera banyak keluar memenuhi kebutuhannya.

Sedihnya waktu Arraf nangis-nangis kenceng habis nen, mama mertua sempet bilang "aduuh..dede laper yaa..cape yaa ngenyot terus nen-nya kosong.." boohooo...tamparan keras buat ibu baru kaya saya, cukup bikin manyun. Mama juga sama aja begitu tau belum ada ASI mateng yang mancer, dia langsung panik cucunya mo dikasih minum apa. Tambah lagi hampir dalam 24 jam pertamanya, dede belum pup ataupun pee. Sedih banget plus jadi panik. Makinlah tuh ASI gak keluar-keluar. Dipancing pake breastpump juga nihil dan Arraf masih banyak bobo belum bombastis frekuensi menyusu-nya. Syukurlah belum lewat 24 jam, dede bisa pup n pee juga, sekali.

Ah ya, dan malam pertama kita rooming-in sama dede Arraf jadi pengalaman paling berharga banget buat saya dan suami. Malem itu saya masih lemes n kecapean melahirkan jadi cuma bisa stay on bed ngerasa lebih cepet ngantuk dari biasanya. Pinginnya segera istirahat, tapi sadar sekarang ada makhluk mungil yang menggantungkan hidupnya sama saya jadilah Arraf dibawa bobo di sebelah saya, biar bisa menyusui sambil tiduran. Tapiii..ternyata menyusui tuh gak sesimple itu.. Begitu masuk malem dia mulai nangis-nangis, ditepuk-tepuk tetep gak mau bobo, asalnya mau dinen-in tapi gak lama habis itu dia nangis kejer, perasaan udah bener ngasih nipple pas di mulutnya tapi dianya gak mau n lepas-lepas terus, nafasnya lebih cepet karena ngamuk tapi sambil mangap-mangap.. Kadang kalo pd kanan dia udah gak mau, ganti pd kiri..gitu terus sampe akhirnya dia frustrasi sendiri nangis gak berenti-berenti, mungkin dia juga masih belajar latch-on ya, jadi masih butuh extra effort buat cari nipple. Beneran saat itu saya ma suami sama-sama bingung antara panik, ngantuk, cape, kasian nyampur jadi satu. Bingung harus gimana ngadepin newborn baby yang kejer kaya gini gatau maunya apa, kasian juga liat dia nangis-nangis terus plus buat saya makin sedih karena berpikir jangan-jangan dede kelaperan karena ASI saya belum keluar banyak.

Jadinya semaleman itu dia rungsing nangis kejer gak jelas sementara saya ngantuk berat sengantuk-ngantuknya, jadi kata suami biar dia yang gendong, saya yang tidur, nanti kalo dede mau nen baru dibangunin. Akhirnya dede dibawa keliling, diangetin, barangkali dia nangis karena kedinginan, sesekali berhenti nangis trus mulai lagi, ditepok-tepok lagi, diajak ngobrol, dipindah-pindah posisi, dsb. Segala cara dilakuin buat ngeredain nangisnya. Sempet saya mikir ini mana susternya kok gak dateng ke kamar buat bantu kan pasti kedengeran tangisan dede yang segitu kencengnya. Tapi buru-buru istighfar kenapa mesti ngandelin orang lain buat handle anak sendiri, justru kita orangtuanya yang harus tanggung jawab.

Arraf mulai nangis sekitar jam 1 malem, sampe akhirnya subuh dia mau ditidurin lagi di sebelah saya trus disusuin. Karena saya juga masih belajar menyusui, hidung dede masih sering ketutupin pd n belum nemu posisi yang baik dan benar. Jadinya sambil menyusui sambil tidur, suami jagain hidung dede supaya gak ketutupan n bisa nafas. Malem itu kita bobo bertiga di ranjang pasien, Arraf mungil ada ditengah, dilindungi orangtuanya. Sekitaran adzan subuh akhirnya dede bisa bobo gak nangis lagi..dan kita udah harus bangun lagi jam 6 pagi *mata panda*

Besok-besoknya pas udah di rumah, ASI saya masih biasa-biasa aja (baca: belum keluar mancer), tapi berdasarkan pengetahuan soal perASIan, saya terus nyusuin dede kapanpun dia mau, 2 jam sekali, gak mikirin apa dia masih laper atau udah kenyang, kelangsungan hidup dede tergantung sama saya dan saya membutuhkan hisapan dede buat bikin ASI itu keluar. Keyakinan saya adalah kalo dede bisa pup sampe 8x sehari, dengan tekstur yang bagus berbutir-butir, berarti ada makanan yang masuk ke perutnya secara ini udah lewat 48 jam. Tiap pagi saya makan sayur bayem, sayur katuk, kacang ijo, susu sambil gak lupa breastcare kompres panas-dingin.

Hari ke 4, nanya-nanya juga sama temen2 mahmud gimana caranya merangsang produksi ASI trus dikasih tau Fira dicoba pake teknik mermet (memerah memakai tangan), caranya jempol dan ibu jari ditaro di sekitar aerola atau 2cm diatas puting lalu dimassage keluar dan kedalem puting eh alhasil ada yang keluar cairan putih-putih gitu masih campur kolostrum iih senangnyaa...

Sampe akhirnya di hari ke 6, pas lagi tidur nepok-nepok dede, ngeliat baju basah di bagian dada. Ah, ada yang merembes! ASI! Yippee...malemnya langsung dipompa lumayan dapet 40ml pd kiri, 20ml pd kanan. Sedikit siih..sempet iri juga sama orang-orang kok pada bisa mompa dapet ratusan ml gitu gimana caranya, nevertheless, berapapun hasilnya, ini milestone buat pengalaman breastfeeding saya.

Tapiii, memang selalu ada aja cobaannya. Hari ke 4 cek ke dokter, bilirubin dede naik ke angka 8.7 padahal waktu pulang dari RS ada di angka 5 artinya dalam dua hari kenaikannya signifikan banget. Emang sih dari sejak lahir dede kurang dijemur karena matahari gak muncul-muncul, belum lagi asupan ASI nya mungkin belum gitu banyak. Huhu, broken heart. Dokternya nyaranin buat mencegah bilirubinnya terus naik, coba disinar sendiri aja pake blue light. Saya sebenernya lebih suka dede disusuin terus aja daripada pake sinar-sinar, walo agak kebat-kebit juga karena ASInya gak fantastis. Tapi suami yang panikan gak mau ambil resiko, dia langsung beli blue light sekaligus eye protectornya..dalam 2 hari dede disinar selama 3 jam cuma pake diaper doang, itupun harus didampingi atau sambil disusuin buat menghindari kalo dia bangun trus matanya liat lampu kasian (eye protectornya sering lepas karena kepalanya gerak terus). Hari ke 8 dicek lagi ke lab, syukurlah bilirubinnya turun jadi 8.1 seiring produksi ASI saya yang meningkat n frekuensi menyusu dede juga bertambah.

Cobaan lain adalah nipple mulai cracked n lecet menggila sampe berdarah-darah dimulai di hari ke 5. Tiap kali mau nyusuin dede mesti nangis dulu n begitu masuk langsung kelojotan nahan nafas. Pain. Rasanya pingin kasih ASIP terus aja tapi gimana, produksi ASIP pun belum ngejer kebutuhan dede, masih cuma basahin pantat botol doang n frekuensi mompa juga belum rutin karena dede sering banget nemplok sampe berjam-jam. Sharing sama sesama mahmud, sama temen kantor..mereka terus nyemangatin buat terus disusui karena satu-satunya obat lecet adalah liur bayi itu sendiri n jangan lupa ngolesin asi sebelum n sesudah menyusui. Semua udah saya lakuin, oles asi, oles Purelan, oles VCO, kompres air panas lecetnya kadang membaik tapi pas disusuin jatuh parah lagiii.

Thanks God gak lama-lama sekitar semingguan, setelah tau posisi latch-on yang bener, Arraf juga udah jago nyusu n bisa cari posisi sendiri yang nyaman, lecetnya semakin berkurang. Sampe sekarang belum pulih bener sih, masih ngilu kalo diempeng, tapi sudah bisa diatasi. Mompa juga lama-lama produksinya naik, tipis sih, tapi berapapun itu harus disyukuri :)

Dec 23, 2010

Des'10 : melahirkan...

Kheseus di bulan Desember ini, bulan bersejarah, saya mau bagi postingan jadi beberapa bagian..all about birth, baby, and us :)

Setelah dua kali PD di 36-37w yang menghasilkan kemungkinan 50-50 buat lahiran normal dan sc,saya dateng lagi kontrol pas 38w5d (4/12). Tadinya saya pikir minggu ini bakal PD lagi berhubung tinggal ngitung hari aja, tapi ternyata periksa gak nyampe 15 menit karena dr Tina cuma periksa volume ketuban dan posisi bayi yang alhamdulillah, semua bagus dan normal. Trus saya sampein bahwa minggu ini sering banget pipis bisa sampe 8 kali sehari dan sering keluar cairan berlendir gitu, kirain dokternya bakal panik apa nyuruh buru-buru periksa gitu tapi dengan tenangnya dokter bilang 'bu, pokoknya cairan ketuban itu ciri2nya hangat, gak bisa ditahan dan baunya kaya rebusan daging..kalo udah keluar itu, segera ke RS ya..kemungkinan minggu-minggu ini'.

Oke, berarti signs of labor yang mesti saya tunggu adalah: pecah ketuban, keluar lendir campur flek/darah atau udah mules per 15 menit sekali.

Besoknya hari minggu (5/12), mulesnya mulai menyakitkan rasanya pingin tendang-tendang barang. si Ayah yang lagi siap-siap mo balik ke Malang malah nangis sambil usap-usap perut saya, katanya takut ibu keburu melahirkan dia gak sempet nemenin. Pas udah agak mendingan mulesnya, saya courage ayah buat tetep kerja biarpun seninnya hari kejepit krn selasanya libur Tahun Baru Islam (sebelumnya dia sempet mau bolos hari senin itu), biar nanti bolosnya pas dede udah lahir aja jadi agak lamaan. Hari itu saya beresin packing barang yang mo dibawa ke RS, 1 tas keperluan dede,2 tas keperluan saya. Agak telat sih emang hare gene baru beberes, tapi dari kemaren emang ada aja yang belum lengkap kaya breastpump belum disteril lah, diaper belum beli, dsb. Tapi hari ini semua udah packed siap ambil kalo sewaktu-waktu mau ke RS.

Hari seninnya (6/12) siang-siang gitu lendir yang keluar makin banyak, bukan keputihan biasa, tapi bening dan selalu disertai pingin pipis. Pernah baca di buku Ayahbunda kalo fase persiapan kelahiran itu ditandai dengan keluarnya lendir (mucus plug) yang sebelumnya menyumbat jalan lahir. Udah sms bidan Reni sama dr Tina juga, jawaban keduanya sama: mungkin ketuban pecah bu, segera dicek ke RS saja. Tapi entah kenapa feeling saya waktu itu belum waktunya, jadi agak bandel juga sih males ke RS (males kalo disuruh balik lagi). Masih agak positif thinking juga mungkin ini lendir keputihan kaya biasa waktu hamil tua,lagipula dirumah lagi gak ada sapa-sapa jadi ya udah, tunda niat ke RS sementara sibuk nanya sana sini soal signs of labor. Malemnya masih bisa ngerumpi sampe tengah malem sama nenek yang udah lama gak ketemu,haha hihi sama sodara yang juga lagi berkunjung kerumah.

Selasa pagi (7/12),pas bangun tidur sekitar jam 10an, pas liat CD kok berasa basah banget kaya abis ngompol tapi gak tembus ke baju atau sprei. Udah gak ada lendirnya, basah blas aja gitu dari depan sampe belakang. Sniff-sniff gak berbau apa-apa juga. Waktu nanya mama n nenek itu ketuban apa bukan kata nenek iya. Deg. Apa ini pecah ketuban? kok gak ada yang ngalir-ngalir gimana gitu paginya trus gak mules-mules amat juga. Ya udah akhirnya diputuskan hari itu cek ke RS, tapi kata mama mending langsung bawa barang aja barangkali disuruh langsung rawat jadi gak perlu bolak balik. Sempet sms suami hari ini mau cek ke RS, mungkin ayah bisa siap2.

Abis mandi, bersih2, makan siang, sekitar jam setengah 1 baru berangkat ke RS gak pake panik, soalnya gak ngerasa mules hebat apa gimana trus gak ada cairan yang keluar lagi. Nyampe RS jam 2, langsung bilang ke administrasi kalo saya mau cek ketuban dan udah mendekati due date. Dari situ saya dianter ke ruang persiapan di lt.2, cek kondisi dan rekam jantung dede. Jantung dede waktu itu agak lemah, kata bidannya dia lagi bobo jadi mesti dibangunin pake bel yang ditempel ke perut, belnya cukup kenceng karena begitu dipencet dede langsung melonjak gitu di dalem.

Sampe akhirnya sama bidan di PD, ketauan lah kalo saya udah bukaan 2. Maak, tegangnya bukan main. Saya langsung sms suami buat segera cari tiket pesawat kesini, emang sepanjang saya dirawat itu barang yang selalu dipegang adalah hp...bukannya mo sok eksis atau sok sibuk, tapi emang perlu banget buat saling ngabarin sama suami.

Bolak-balik dicek sama bidan dari mulai wawancara riwayat kesehatan suami-istri,rekam jantung dede sama cek kondisi ibu. Sambil nunggu, dilakukan pembersihan kaya pee dan pup (dikuras), cukur rambut kemaluan, trus disuruh ganti baju batik dari RS. Sekitar jam 3 lewat, salah satu bidan yang ngecek ngabarin kalo dia udah update dr Tina soal kondisi saya dan berdasarkan rekam medis, kemungkinan 50-50 itu makin cenderung ke SC (utamanya karena badan saya mungil,panggul sempit relatif). Saya sih udah pasrah mau apapun caranya yang penting dede keluar dengan sehat dan selamat, tapi mama masih kekeuh kira-kira ada kemungkinan usaha buat jalan normal dulu nggak.

Akhirnya jam 4-an, instruksi dari dr Tina buat mulai di-induksi. Kenapa langsung induksi, gak disuruh jalan-jalan atau ngapain dulu buat nunggu bukaan kaya proses persalinan normal biasanya, karena ternyata cairan tadi pagi itu memang rembesan ketuban takutnya makin banyak sementara dede posisinya belum kebawah betul. Dipindahin dari ruang persiapan ke ruang bersalin, trus dipasang infusan, fungsinya buat memancing bukaan n mengatur jarak mulesnya. Kata bidannya, ini partus percobaan dulu bisa normal apa enggak, kalo ternyata induksi ini berhasil mancing bukaan semakin maju, partus normal bisa dilakukan. Kalo udah abis max 2 labu tapi bukaannya gak nambah, ya mau gak mau SC.

Jam 5, masih bisa update twitter, nonton tv, makan, pipis, sms ngabarin temen2 minta doa. Di ruang partus sendirian, soalnya mama lagi balik dulu kerumah sementara mama mertua belum nyampe RS. Si ayah udah di bandara Juanda, lagi nyari tiket paling cepet buat kesini. Cek terakhir sama bidan, udah maju ke bukaan 4-5 dan mulesnya mulai bikin kelojotan. Buru-buru sms ayah bisi keburu gak bisa ngabarin lagi, saya ada di lt.2 sementara nanti dirawat di lt.4 kamar 409.

Jam 6 habis magrib, mama mertua udah dateng trus ngusapin punggung sementara saya udah mule kelojotan gak karuan. Para nakes udah mulai banyak berdatangan siapin peralatan dll, rame banget deh..beneran kaya persiapan mau SC. Gak lama kemudian mama dateng lagi ke RS, gantian ngusapin punggung. Bukaan diatas 5 itu mulesnya luar biasa, macam gabungan antara mules haid dan mules pingin BAB, tapi tambah sakit-sakitnya. Pingin nungging gak bisa, mau rada lincah juga tangan keiket sama infus, bener-bener cuma bisa balik kiri sama terlentang aja.

Lewat jam 7an, Indonesia vs Thailand udah mulai di tv. Masih bisa liat tapi pikiran udah siweur. Ayah sms katanya udah landing di bandara, kemungkinan sebelum jam 10 udah nyampe ke Bdg. Liat labu infus udah mo abis, kalo sampe abis trus ayah belum dateng, saya bakal mulai dioperasi n kita gak sempet ketemu buat saling menguatkan. Atau, versi optimisnya..saya udah keburu brojol, ayah gak akan sempet mendampingi :(

Jam setengah 8,pas bukaan 6,lagi ditahan-tahan sama bidan buat gak ngeden duluan, tiba-tiba ayah muncul sambil senyum...ajaib efeknya kuat banget sampe lagi mules berat gitu saya masih bisa nyengir lebar, susternya sampe nengok ke belakang n tanya "itu suami ibu?". Ayah langsung gantiin mama ngusapin punggung sambil bisikin kata-kata yang menguatkan (jujur gue lupa karena ingatan udah 10% saat itu).

Sampe bukaan 7-8, ini fase luar biasa...bidannya ngingetin kalo keinginan buat ngeden itu akan makin besar di saat-saat sekarang, tapi tetep gak boleh ngeden dulu..kalo mules banget tarik nafas biar bayinya gak kekurangan oksigen. Beneerr, frekuensi mules sekarang udah 2-3 menit sekali dan berasa ada lonjakan gitu dari rahim yang mendesak ke daerah jalan lahir yang refleks bikin pingin ngeden aja gitu. Tiap kali mulai ngeden, bidannya buru-buru ngusapin kaki sambil didoain, 'sabar ya buu..tahaan..tarik nafaass..', sementara perawat bolak-balik ngecek detak jantung dede dan mulai nyuruh atur nafas begitu detak jantungnya melemah. Samar-samar ngeliat mama lagi baca quran di kursi sebelah sambil terus mondar mandir di sekitar ruang partus. Mama emang memberanikan diri buat terus diem disitu, sementara mama mertua udah minta izin nunggu diluar karena gak kuat lihat yang melahirkan. Semuanya berasa samar, ya penglihatan, ya pendengaran...kaya melayang-layang aja gitu kebawa mimpi.

Sekitar jam 8-an (atau lewat, gak inget pasti), dr Tina dateng. Periksa, siap-siap semua perlengkapan, dan ngecek lagi bukaan. Syukurlah kata dokternya partus normal bisa dilakukan. Udah bukaan 9, mulai gak sadar diri saking sakitnya. Iya bener sih, kalo dibilang induksi tuh sakit ya memang menyakitkan luar biasa karena kita 'dipaksa' untuk mules dalam jarak waktu yang ditentukan. Pas lagi gini kadang keinginan menyerah pun muncul, ampuun..mau SC aja (tapi gak pernah kesebut, cm ada di pikiran). Alhamdulillah biarpun lagi sakit banget saya gak nyampe lepas kontrol kaya jambak-cakar ato ngomong yang enggak-enggak kaya yang orang sering ceritain. Sambil terus dibisikin 'kata-kata cinta dan doa' dari suami, saya ngucap dzikir dari dalem hati saking gak kuat lagi buat ngomong. Tiap kali nutup mata, suami ngingetin buat tetep sadar n jangan tidur. Begitu juga waktu saya nolak buat miring kiri habis terlentang, karena setiap perubahan posisi timbul lagi pingin ngedennya tapi lagi-lagi diingetin kalo terlentang bayinya takut kecekik. Suami juga berulang kali bilang 'inget dede bu..sebentar lagi kok, sabar ya sayang..' cuup *kening dikecup lama dan efek ajaib itu muncul lagi*

Kira-kira setengah 9 atau entah, partus siap dilakukan. Saya masih inget waktu itu suasananya cukup rame, beberapa suster, bidan, mama, suami ada disitu..tempat bayi juga udah disiapin di sebelah ranjang. Err, kaget kok tiba-tiba ada dokter cowo, ternyata itu DSA nya, risih juga sih sementara saya udah lepas jilbab n ngangkang berat gitu tapi ya sutralah emang ga bisa milih juga DSA nya mo siapa. Begitu semua udah siap, dr Tina mulai bimbing buat ngeden. "yak bu, kalo mulai mules ngeden aja ya"....begitu diinstruksi, sensasi sesuatu turun dari rahim dimulai..inget-inget latihan nafas pas senam hamil, tarik nafas..ngeden...keluarkan 3x. Beberapa kali ngeden, rambut dede udah keliatan keluar, tapi masuk lagi karena nafasnya kurang panjang. IMO, dr Tina professional banget ngejalanin tugasnya,dia gak segan-segan negur suster yang kurang sigap atau bidan yang tindakannya kurang tepat. Kaya misalnya waktu bidannya mo dorong perut dari pinggir ranjang, dr Tina berhenti dulu buat nyuruh bidannya dorong perut dari atas ranjang.

Gak tau lah gimana penampakan saya waktu ngeden itu, pasti jelek banget :p Saya emang agak kepayahan atur nafasnya, sampe dr Tina ambil vakum karena saya udah kehabisan tenaga (tenaga udah kolaps duluan pas induksi). Tapi whatever..ngeden terakhir waktu liat ke bawah, tangan dede udah keliatan diangkat sama dokternya jadi semangat n woooowwww....legaaaaaa banget waktu semuanya udah keluar. Darah yang keluar ngalir hangat ke paha, kaki..perut berasa langsung kempes n semua kelelahan gak kerasa lagi begitu bayinya diangkat n ditaro di atas perut. Ngeluarin tangisan pertamanya. Dede bener-bener nunggu waktu yang tepat buat keluar, pas beberes selesi, pas udah ketemu neneknya, pas ketungguin sama ayahnya. Kalo udah gini emak-bapaknya udah gak bisa nangis lagi, cuma ucap syukur Alhamdulillah semuanya lancar. 21.30 (pas peluit panjang Indonesia vs Thailand menang 2-1).

Habis diperlihatkan, bayinya lalu dibawa sama DSA buat diobservasi tes APGAR dll trus dibawa balik lagi buat IMD. Sementara IMD, dr Tina ngejahit bekas-bekas episiotominya, entah berapa jahitan *gak mo tau* tapi lumayan kerasa juga meskipun udah dibius banyak, tiap kali meringis susternya ngalihin perhatian ke bayi, tapi tetep berasa juga sih...

Beberapa saat setelah partus, semua orang beralih ke ruang bayi..saya dilatih buat bisa pipis, semacam potty training gitu lah sambil tiduran dipasang pispot portable dibawah bokong. Gak keluar juga pipisnya, akhirnya dipancing pake mm apa ya namanya..kaya selang gitu lah dan bisa keluar. Oh yaa..tepat saat itu juga saya mulai menggigil dan gemeteran. Kata susternya itu karena tenaga habis jadi lemes dan kedinginan. 1 jam kemudian, selesei jahit dan orang-orang udah pada balik ke ruang partus, dr Tina pamit pulang sambil nyelametin mama dan saya. How thankful i was to her.

Tengah malem, udah bisa dipindahin ke ruang rawat. Masih pake selang infus yang isinya cairan. Alhamdulillah kamarnya privacy banget n pelayanan dari nakesnya prima. Malem itu saya ma suami sama-sama susah tidur, kangen bayi kita yang ada di ruang observasi bayi... (Cntd)

Dec 8, 2010


Arrayan Agrapana Arraf
Selasa, 7 Desember 2010 (2 Muharram 1432H)
2770gr - 48cm
RSIA Hermina Pasteur


Dec 1, 2010

Baby List - It's a Wrap!!

Alhamdulillah, semua persiapan yang ada di list udah ada..we're ready to hug you here, dear :) Walaupun masiiih aja berasa ada yang kurang,tapi kalo liat list yang dibutuhin sih udah terpenuhi..paling nanti dadakan aja yang dirasa butuh kali ya.

Oh ya, tips kalo mau bikin babylist tapi masih bingung awalnya, rajin-rajinlah liatin/kumpulin babylist orang-orang, kenalin dulu barang-barangnya, lalu decide mana aja yang cocok dan kita butuhin, trus susun babylist sendiri. Ini penting soalnya kalo maen ceplok aja list orang lain sebagai panduan hasilnya kita bakal bingung sendiri kegunaannya buat apa dan gak punya prioritas.

Jatoh-jatohnya, list seseorang bakal beda satu sama lain dan gak ada yang salah kalo ada beberapa barang yang gak ada di list lain, karena bener-bener relatif (sama aja kaya kalo grocery shopping, ada hal2 umum yang dibeli, ada juga barang yang customize tergantung kebutuhan). Maka, bijaknya sih pergunakan list orang lain sebagai check list atau perbandingan aja, bukan sebagai daftar belanjaan kita.

Berikut saya share summary sekalian baby list selengkapnya;
Perlengkapan tidur
Baby bed set (semacam kotak tidur gitu terbuat dari busa dan kain, satu paket sama kelambunya)
Bantal & guling
Selimut lurik (beli kain lurik 2kg, dijahit sendiri dapet 10pcs)
Sarung bantal & guling 1 set buat ganti

Perlengkapan breastfeeding
Botol susu Tommee Tippee - 150ml
Botol susu Dr.Browns - 2x60ml
Botol kaca ASIP - 30pcs
Kantung ASIP Crown - 1pak (20pcs)
Breastpump Avent manual
Breastpad Avent dan Pigeon
Sendok silikon ASIP
Gelas sloki Medela 30ml
Cooler bag Allerhand
Cooler box Puku
Ice Pack/Ice gel Rubbermaid - 3pcs
Baby bib plastik
Sikat botol
Capitan botol
Washclothes (saputangan handuk)

Perlengkapan mandi
Munchkin duck tub (bathtub balon berbentuk bebek)
Handuk
Kimono handuk
Bebek mandi
Perlak karet
Washlap

Pakaian
Jumper panjang - 5pcs
Jumper kodok Carter 1 set (5pcs)
Celana panjang kaki - 1 lusin
Celana pendek - 1/2 lusin
Celana pop - 1/2 lusin
Baju lengan pendek - 1 lusin
Baju lengan panjang - 1 lusin
Baju kutung - 1/2 lusin
Popok kain - 1.5 lusin
Popok disposable Mamypoko NB 1pak
Gurita (perekat) - 1/2 lusin
Alas ompol lurik - 1 lusin
Bedong flanel - 1 lusin
Sarung tangan & kaki Fluffy - 4 pasang
Kaos kaki MC - 6 pasang
Shoe-shock - 3 pasang
Singlet - 1/2 lusin
Hooded blanket Carter - 1pcs
Jaket - 1pcs

Buat perbajuan ini, saya gak fanatik sama satu merek sih..mix aja ada Nova, Fluffy, atau yang gak bermerek. Kecuali jumper, hampir semua Carter (soalnya lucu-lucu) tapi ada juga Gerber dan Disney.

Perlengkapan melahirkan
Baju kancing depan - 3pcs
Bra menyusui Sorella - 3pcs
Celana dalam hamil Sorella - 6pcs
Sendal jepit
Gurita tali
Kain samping/sarung - 3pcs
Bengkung/setagen
Pembalut melahirkan 1pak
Medela Purelan 70gr
VCO

Kosmetik bayi
Zwitsal baby bath
Zwitsal baby shampoo natural
Zwitsal baby hair lotion natural
Zwitsal minyak telon
Zwitsal baby oil
Zwitsal baby powder (gak bakal kepake, tapi udah masuk di paket)
Zwitsal baby lotion/cream
Zwitsal baby cologne
Zwitsal baby wipes 1 pak
Pigeon baby wipes 1 pak
Pigeon baby powder (kebetulan dapet waktu senam hamil)
Pigeon baby compact powder
Pigeon tissue bulat 1pak
Cotton bud
Sisir bayi
Gunting kuku

Kheseus buat merek kosmetik ini, saya suka wanginya Zwitsal jadi milih buat make merek itu aja (semoga dede juga suka dan gak alergian). Mau sih nyoba merek lain kaya Jhonson Milk Bath, tapi nanti aja mungkin kalo stok sebelumnya udah abis.

Lain-lain
Baby carrier sling le Monde, ransel Dialogue, babywrap Sleepywrap
Diaper bag - MC sama yang gambar boneka (dikasih temen)

Yep..it's all wrap!! *komat-kamit semoga gak ada yang kekurangan di kemudian hari*

Hari Pertama

Ini puasa hari pertama kami. Dimulai dari sahur yang mepet karena tidur kemalaman dengan menu seadanya.  Puasa itu sederhana, nak. Menaha...