Posts

Showing posts from November, 2010

36-37w pregnancy...

Report pemeriksaan 36-37w selama dua minggu berturut2;
36w
Saatnya periksa seminggu sekali, tapi selang dua minggu setelah periksa terakhir kemajuan BB dede maupun BB ibu naik tipis aja. BB ibu naik 60gr jadi 51.9kg, begitupun BB dede cuma naik 20gr aja jadi 2470gr. Dietnya berhasil, soalnya waktu 34w di 2.4kg kok rasanya agak kegedean ya..tapi pas 36w masih segini-gini juga ya agak khawatir, tapi kata dokternya masih normal. Syukurlah.

Dan untuk pertama kalinya seumur hidup, kali ini diperiksa dalem (USG dalem). Udah tanya-tanya sebelumnya ke ibu2 lain,bahwa nanti dokter akan memasukkan 2 jarinya ke dalem v buat cari jalan lahir. Ngebayanginnya udah ngilu, dan kenyataannya? Yes,indeed! Awalnya udah bilang ke ayah kalo kemungkinan minggu ini bakal diperiksa dalem, makannya minta ditemenin. Huu, pas disuruh buka celana aja udah tegang bukan main, apalagi pas dokternya masukin jari ke dalem, refleks aja gitu defensif nahan taunya kata dokter kalo dikepit malah makin sakit, jadi kunciny…

Senam hamil

Image
Baru pertama kali ikut senam hamil di umur 35w. Telat gak sih? Jadwal senam hamil di Hermina ini cuma ada Rabu jam 5-6 sore sama Sabtu 8-10 pagi sama 11.30-1 siang. Gak ada yang matching sebenernya, karena rabu kesorean, sabtu pagi kepagian, sabtu siang bentrok jadwal kontrol :p

Tempat senam hamil di sini di lantai 4. Ruangannya luas dengan kaca besar di dinding dan beberapa matras+bantal. Dibatasi cuma 20 orang aja per kelasnya. Sebelum senam dimulai, diperiksa tensi dan detak jantung janin dulu sama instrukturnya. Instruktur ini bidan. Kemarin dede detak jantungnya 145/menit tapi katanya kepalanya belum dibawah (aneh lah, beda2 infonya). Sempet sapa-sapa,di sebelah saya ibu hamil 30w dan 34w, oke..i'm the oldest then..tapi ternyata ada juga yang udah 38w baru ikutan, jalannya aja udah ngangkang n kepayahan banget, alhasil supervise ekstra juga buat si ibu itu.

Gerakan-gerakan senam hamil cenderung mudah, posisi pertama duduk bersila dan peregangan otot-otot lengan dan badan, dii…

babyshopping review

Image
Okey..kayanya udah cukup bekel buat bikin review babyshop. Mumpung masih cuti prenatal bisa produktif nulis blog, kalo udah partum gak yakin punya waktu banyak buat nulis-nulis.

Kesimpulannya saya mau tulis di depan; dari pengalaman belanja selama ini, harga Jkt sama Bdg cukup jomplang perbedaannya, terutama buat produk-produk impor (ya rantai distribusinya tentu lebih dekat dan duluan ke Jkt makanya bisa jauh lebih murah). Makanya kalo belanja di Jkt, diutamakan perlengkapan hardware kaya stroller, breastpump, baby bath tub atau botol susu karena harganya bisa beda 200-300rb daripada di Bdg.

Kalo buat baju standar lah, jadi saya gak gitu bikin perbandingan soal ini. Yang pasti sih, baju itu lebih murah beli lusinan, karena jatoh per pcsnya beda 2-3rb dibanding beli satuan, apalagi kalo belinya di Tn Abang atau Ps Baru, yang tanpa merek-merek gitu. Cuma berhubung emak satu ini maunya matching-matchingan dan gak suka baju yang sama terus menerus, jadi belinya cuma baju-baju yang disu…

Booked myself at RSIA Hermina Pasteur

Tepat pas pemeriksaan 34w, memberanikan diri buat booking kamar buat lahiran nanti di RSIA Hermina Pasteur, Bandung dengan dokter Tina Dewi Judistiani, SpOG.

Cukup nekat sih, karena lokasi Hermina ini nun jauh di mato dari rumah..perjalanannya ngabisin 1.5jam belum kalo lagi macet bisa terjebak dari Pasupati, paling parah kalo minggu pagi atau lagi ada acara musik lewat Gasibu. Duh, mudah-mudahan sih gak lahiran pas minggu pagi ya, de.. *elus-elus hipnotis dede*

Beberapa alasan kenapa "berani-beraninya" memilih Hermina, adalah:
1. Lebih percaya sama Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) dibanding Rumah Sakit Bersalin (RSB) atau Rumah Sakit Umum (RSU) karena di RSIA, jumlah obgyn dan DSA nya relatif lebih banyak, di samping poli-poli lain sesuai kebutuhan ibu dan anak.

2. Fasilitas RSIA juga cenderung lebih lengkap, kalau periksa ibu bisa sekalian periksa anak di satu tempat, butuh lab ada, butuh konselor laktasi atau klinik tumbuh kembang juga ada. Bahkan klinik perawatan kewan…

34w pregnancy...

Yak, seperti yang diposting sebelum-sebelumnya. Pertemuan dengan dede bayi lewat media USG adalah hiburan paling menyenangkan, menakjubkan sekaligus ngangenin. Jadi, meskipun minggu lalu udah ke dokter, minggu ini yang emang harusnya jadwal kontrol rutin gak pernah kelewat. Just to make a chronological record buat RS dimana saya bakal melahirkan dan buat dokter yang saya percayakan buat nolong saya lahiran.

Minggu ini (6/11) udah 34w. Whoah, rasanya makin berat aja dede di dalem sini. Nyuci jongkok udah gak bisa, berdiri lama gak betah, ngaji juga suka sambil ngos-ngosan nafasnya. No wonder, karena minggu ini dede beratnya udah 2467gr alias 2.4kg, kontradiktif sama berat ibunya yang turun 1kg dari minggu lalu jadi 51kg lagi *efek cuti kah..?*

Perkembangan dede so far baik-baik aja, posisi tetap dibawah tapi barusan itu tangannya ditaro di kepala, nutupin jalan lahir. Gak tau lagi ngapain anakku, harusnya kan cuma kepalanya doang yang di ada di mulut rahim, ini kenapa ngangkat tangan…

33w pregnancy....dan sukses 3D!!!

Ketemu lagi dede bayiii..!!! Hahaha..padahal baru seminggu sebelumnya kontrol ke Hermina.

Jadi, mumpung si ayah sabtu kemarin (30/10) lagi ada di Jakarta dalam rangka bantuin saya pindahan ke Bandung, setelah selesai angkut-angkut dan pickup diberangkatkan ke Bandung, kita mampir dulu ke KMC yang jaraknya cuma 500m dari kostan :D

Ngapain periksa lagi? Selain pingin tau second opinion dari dokter lain ttg perkembangan dede, menghibur ayah juga yang minggu lalu gak bisa ketemu dede begitu juga jadwal kontrol 2 minggu kedepannya. Daan...semoga bisa 3D!!

Oke, KMC ternyata gak sekosong yang saya kira soalnya biasanya kalo kesini pas hari kerja. Sabtu ini banyak ibu hamil dan keluarga yang meriksain anak-anaknya. Antrian dr.Ridwan juga masih 2 orang sebelum saya, dan cukup lama juga nunggunya.. Unfortunately, lamanya nunggu itu berbayar kekecewaan karena dr.Ridwan saat itu gak lagi praktek di ruangan yang ada fasilitas 3d/4d nya. Bete, jelas..karena kata bagian informasi di depan dr.Ridwa…