Oct 30, 2010

32w pregnancy..

Periksa tanggal 23/10 di kehamilan 32w4d..tanpa ayah dede. Note: Lain kali kalo periksa sendirian mending dateng lebih pagi biar gak kelamaan nunggu, quite hurt to sit there alone.

Ketemu lagi dr Tina, laporan perkembangan dede sbb:
EFW 2067gr
berat ibu 51.2kg
BPD 8.57
HC 30.25
AC 27.62
FL 6.29

Dede posisinya stay still di bawah, Alhamdulillah. Padahal lagi ngeliatin mukanya cukup jelas walo dari pinggir, sayang banget ayah gak ngeliat, he must be very happy seeing this. Kali ini dapet suntikan vaksin tetanus lagi, haduuhh..padahal niatnya pulang dari dokter mau jalan-jalan, cuma mengingat efek setiap kali vaksin suka panas n pusing, jadi cuma ke Galeri Indosat aja bayar tagihan telepon.

Oh ya, mampir juga ke Gramedia bazaar, beli cd-cd edukatif buat dede..hihi, masih kejauhan sih tapi sapa tau nanti gak dapet lagi. Beli Baby Einstein edisi Language Nursery (0-2years), Baby Grow edisi Night Time (isinya lagu dan gambar penghantar tidur buat 6-36mos), sama Bob the Builder edisi Homes & Playground. Kenapa Bob the Builder? itung-itung memperkenalkan dede sama kerjaan ayahnya, soalnya kan kerjaan ayah gak jauh beda sama si Bob..berhubungan dengan bangunan, gedung, infrastruktur, dll.

Cukup sekian ceritanya. Lanjut ke cerita selanjutnya yang lebih seru... :D

Oct 18, 2010

31w3d pregnancy...

Minggu kemarin (9/10), adalah kali pertama dede periksa 2 minggu sekali. Excited sekaligus deg-degan karena artinya kehamilan ini udah masuk masa-masa sensitif, dimana dede sudah sempurna berbentuk manusia kecil yang siap dilahirkan dan kelahiran bisa terjadi kapan aja, dimana aja.

Sabtu kemarin kebetulan dr Tina lagi berhalangan praktek, jadi kontrol ke dr Ifa Siti Fasihah, katanya dokter ini baik, dan ternyata memang baik, sabar dan sedikit pendiam. Periksanya cuma sebentar, soalnya hampir gak ada keluhan dan perkembangan dede juga udah bagus. Eh iya, pas kemarin itu adik saya lagi ikut seminar guru sama mama di hotel Grand Aquila pas depannya Hermina banget, jadi dia sempet mampir ikutan masuk ke ruang periksa. Syukurlah dokternya gak nyangka dia kakaknya si dede, tapi langsung nanya 'ini tantenya ya?' hehehe *secara gak muncin lah ya pasangan muda kaya kita anaknya udah 9 taun* #pedebanget.

Berat dede sekarang PAS! gak kegedean kaya kemarin. Umurnya udah 31w*d. Wiw..gak kerasa ya, tinggal 9 minggu lagi(itupun kalo nyampe 40w). Tulang punggung sama tulang lehernya nampak udah solid gitu, Alhamdulillah gak ada yang kelilit plasenta seperti yang saya khawatirkan gara-gara si dede gerakannya suka over-lincah gitu.



Summary perkembangan dede sampe saat ini adalah:
BPD (lingkar kepala) 8.33 cm
GA (usia janin) 30w3d - 31w1d
EDD (due date) 10/12 - 15/12
EFW (berat janin) 1536g

Kalo berat ibunya sih naik tipis aja 3gr dari 50.2kg jadi 50.5kg selama dua minggu. Total kenaikan dari awal hamil sebenernya gak gede-gede amat, kalo dikurangi berat dede yang 1.5kg, naiknya baru 7kg. Worth enough soalnya dari BB dasar saya yang kecil, range kenaikannya cuma boleh 8-12kg aja. Ya suka denger sih ibu-ibu lain cerita kalo waktu hamil kenaikan dia bisa sampe 15-20kg, makanya begitu tau saya cuma naik segini doang sering dibilang kurang gizilah, kurang makanlah, which in a way offend me a bit.

Ya mo gimana, basicnya aja udah kecil, masa kenaikannya mo dipukul rata, bisa-bisa kaya karung beras dong gue..gak kuat aktivitas sana sini. Justru saya bersyukur gak perlu mengalami kegendutan drastis selama hamil, pastinya kemudahan kaya gini bikin saya lebih dinamis, gak bermasalah naik-turun tangga 3 lantai di kantor dan kostan, keliling belanja keperluan baby atau grocery shopping sendirian. Thx God meskipun sering sebel karena sampe 5 bulan pun, orang-orang suka gak nyadar saya hamil dan masih membiarkan berdiri gelantungan di kopaja, saya masih kuat berdiri gak pake masang muka melas minta dikasih duduk, naik pesawat antar propinsi, pp bandung-jakarta in periodical time...buat semuanya saya luar biasa bersyukur sama Allah.

Meskipun memang susah ngontrol asupan makanan setiap hari, saya usahain ada penyeimbang gizi entah itu dari buah-buahan atau sumber gizi lainnya, dan yang pasti mendisiplinkan diri. Memang gak ada yang ngawasin ato ngasih tau saya harus gimana, tapi dari situlah saya jadi bisa nge-handle masalah sendiri dengan cari informasi sebanyak-banyaknya. Saya jadi tau kapasitas dan proporsi diri. Orang lain boleh mengukur saya dengan standar pengalaman dirinya, but it's conditionally unwise. Ngeliat perkembangan dede yang sehat dan normal, bikin saya cukup percaya diri sama kehamilan saya. #ehkokjadicurcol

Oct 4, 2010

Baby list (part II)

Okay...belanja lagi. Kali ini ngelilingin babyshop di ITC Kuningan/Ambasador. Konon disini emang gudangnya babyshop murmer selain ITC Cempaka Mas, berhubung Cempaka Mas jauh nian dari kosan, ITCK lebih familiar lokasinya dan lebih gampang transportnya. Kayanya sih udah lumayan kumpulan babyshop yang didatengin buat bikin review, tapi ntar deh..di bandung masih belum keubek semua.

Beberapa item yang dibeli sekarang:

Breastpump manual Avent
Sendok silicone
Nipple cream Medela Purelan
Botol susu 60ml 2pcs
Botol susu 150ml 1pcs
Cup feeder Medela (sloki) 1pcs
Capitan botol

Wash clothes alias sapu tangan handuk
Jumper kodok Carter 1pcs
Sarung tangan-kaki 1 pasang
Celana pendek sapi
Bebek mandi (iseng2an aja sih beli beginian, gak ada di list)

Udah, cuma gitu doang? bahkan saya nulisnya aja kaget ternyata cuma segitu aja hasil keliling stengah hari. Kenapa rekening bisa tergesek banyak banget yah...padahal masih banyak pendingan items lain yang belum dibeli,huhu.

Satu lagi barang yang belum nyampe adalah gendongan sleepywrap. Gee,salah satu akibat dari seringnya 'main-main' ke lapak orang dan gabung di forum mama adalah merebaknya kabar barang ini itu yang setelah tau bikin mupeng. Andaikan saya cuma browsing barang pake kacamata kuda dan liat lurus doang sih, gak bakal tau ini macem gendongan. Palingan pake sling, palingan pake kain batik. Ah sudahlah, udah dibeli..kita liat barangnya kaya gimana..semoga memang nyaman sebagaimana yang direkomendasikan.

Ohya, mungkin udah saatnya bikin wishlist. Err..gak baik ah ngarepin dikasih. Yap, mendingan bikin pending items aja deh. Beberapa pending items *dimana ngarep dapet gratis* adalah:
- baby food maker merek Music
- playmate
- stroller Cocolatte Street (ini beneran bakal ada yg ngasih gak yah?)
- slow cooker Takahi
- blender Phillips err..Pumpee juga cukup sih :D
- Carter's baby blanket isi 5
- produk kosmetik bayi Mothercare

Udah ah, gak sopan banget bikin wishlist pake request merek segala :p

Oct 1, 2010

Baby list (part I)

Sebenernya udah browsing-browsing keperluan baby stuff dari lama, udah punya list sendiri juga...tapi belinya satu-satu kalo mampir ke babyshop atau nemu olshop yang kasih lowest price dari yang lain. Rasanya lebih puas aja gitu ngelilingin seller satu per satu banding sana banding sini. So far, sampe hari ini barang-barang dede bayi baru tersedia segini:

Cooler bag
Cooler box
BH menyusui - 1 pcs
Botol kaca asip - 30 botol

Sarung tangan dan sarung kaki - 2 pasang
Baju n celana pendek - 1 pasang
Kaos kaki - 6 pasang
Sweater
Jaket + training - 1 pasang
Celana kaki - 8pcs
Baju panjang - 7pcs
Baju kutung - 2pcs
Baju pendek - 1pcs
Celana pop - 2pcs
Singlet - 9pcs
Jumper kodok - 1pcs
Topi - 1pcs
Baju panjang pergi - 2pcs
Alas ompol flanel - 6pcs
Popok kain - 4pcs

Baby duck Bath Tub
Changing table Organizer
Gendongan sling
Gendongan carrier
Kelambu
Car seat
Gunting
Thermometer
Diaper bag

PR nya masih banyaaakk banget yang belum dibeli; kosmetik bayi, perpopokan (antara dispo atau clodi), baby wrap, breastpump, breastpad, botol susu, cup feeder, dan soal baju-baju juga masih jauuh dari lengkap.

Hari Pertama

Ini puasa hari pertama kami. Dimulai dari sahur yang mepet karena tidur kemalaman dengan menu seadanya.  Puasa itu sederhana, nak. Menaha...