Jul 29, 2010

Susu untuk ibu hamil

Awalnya sih takut minum susu bumil gara-gara denger mitos2nya susu bumil itu gak enak, pait, bau besi dan malahan ada cerita bumil sampe muntah-muntah gitu abis minum susu. Jadi males kan.

Tapi pas kehamilan 9w itu, pas belanja bareng nyokap ke Griya, nyokap narik-narik saya ke bagian rak-rak susu gitu trus suruh milih maunya minum susu bumil yang mana. Yaaa...menolak dengan keras dong saya, secara 9w lagi parah-parahnya morning sick gitu, kebayang enegnya minum susu-susu itu.

Ternyata ada susu khusus mual, susu khusus bumil yang mengalami mual-mual. Merknya Prenagen Mommy Emesis. Bedanya sama Prenagen Mommy biasa karena kandungan zat besinya yang Emesis lebih dikit, konon rasa besi itulah yang biasanya menyebabkan mual. Jadi, vitamin B6 nya yang dibanyakin di Emesis.

seri Prenagen; Esensis - Emesis - Mommy - Lactamom
Pertama kali coba rasa coklat, iih...enak boo! beneran deh rasanya gak jauh beda ama Milo. Gak ada masalah sama sekali sama susu ini, mendingan minum susu daripada minum vitamin :p

Mulai masuk trimester kedua, morning sickness udah hilang saya pindah ke Prenagen Mommy biasa, yang banyak zat besinya. Gak ada masalah juga buat rasa apapun, tapi saya minum yang rasa vanilla soalnya seger wangi-wangi vanilla gitu (ya iyalah, masa wangi melati).

Selain Prenagen Mommy, saya juga nyoba-nyoba merek Nutrima dari Nutricia. Gak ada masalah apa2 sih, cuma pengen nyoba aja rasanya sama nggak. Trus biar vitamin yg masing-masing terkandung di tiap susu bumil juga terpenuhi. Coba rasa vanilla juga ternyata rasanya sama, aman, berarti kalo merek satu gak ada bisa ganti ke merek lain.

Tapi, soal wajib enggaknya minum susu bumil sih balik ke keyakinan masing-masing aja. Nggak diwajibkan karena vitamin-vitamin yang dikasih dari dokter juga sudah mencukupi kebutuhan gizi kita semasa hamil, susu bumil melengkapi semua itu. Tidak ada bukti gak minum susu, janinnya gak sehat ato gimana. Lagipula kalo mau dirunut, ibu-ibu jaman dulu juga pasti belum kenal susu bumil kan, dan hasilnya generasi kita alhamdulillah sehat-sehat aja (yaa walopun dibanding anak-anak sekarang perkembangannya jauh banget)

Terlebih lagi, di negara-negara maju, susu ibu hamil gak banyak ditemukan,atau kalau boleh dibilang dilarang karena mungkin dengan standar kecukupan gizi penduduknya disana bisa berlebihan kalo ditambah minum susu bumil. Berhubung standar kecukupan gizi di Indonesia masih rendah, maka diperlukan pelengkap seperti susu bumil ini.

Perkara dalam susu tsb mengandung ini itu yang sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan janin, yah itu bisa-bisanya produsen aja membuat produknya berasa sangat penting :)

Kalau saya, ya tujuannya untuk melengkapi itu aja. Diminum 2x sehari, pas nyampe kantor sama pas sebelum pulang. kecuali hari sabtu, minggu dan hari libur, berhubung di kostan gak ada air panas :p

Jul 28, 2010

20w3d pregnancy....5 bulaaann!!

Minggu ke 21, alhamdulillah...dede bayi sehat, tumbuh dan berkembang dengan baik. Ibunya juga sehat, gak ada keluhan. Keluhan paling parah cuma satu: tambah kangen sama ayahnya dede, hehehe :p

Umur 20w3d kemarin, kita periksa lagi ke RSIA Hermina, ketemu lagi sama dr. Tina Dewi. Subhanallah...dede bayi sehat banget. Gerakannya aktif, detak jantungnya normal dan pertumbuhannya sesuai. Sekarang beratnya sudah 330gr, panjangnya sekitar 20.3cm. Dicek kelengkapan anggota tubuhnya satu persatu. Dokter Tina somehow really informative about this things, like this!

Menyusuri mulai jari-jari tangannya, baru keliatan 4, tetep dicari jari satunya..ukuran kepala masih besar, tapi aktif gerak-gerak juga kesana kemari. Jari kaki dan tangannya udah gak misah-misah dan bisa gerak mandiri satu sama lain. Mukanya juga diliatin, termasuk kedua mata, hidung, lidah dan bibir. Pada saat di-freeze, dede bayi lagi ngangkat satu tangannya keatas sambil mulutnya kebuka. Masya Allah, lucunya...gak berhenti amaze ngeliatinnya!!
Surprise yang lain lagi adalah, kelamin dede sudah kelihatan! Jelas! alhamdulillah...lega dan gak penasaran lagiiii.... ^_^

Jadwal kontrol kali ini paling bikin bahagia, soalnya menyusuri kelengkapan anggota tubuh dede satu persatu itu menyenangkan, plus bisa tanya-tanya banyak soal pertumbuhannya. Belum lagi ketauan kelaminnya yang selama ini kita tunggu-tunggu. Sampe saat ini masih tahan lah gak ember ke keluarga kita, biar didoain yang bagus-bagus aja, regardless of the sex. Cuman kalo sama temen-temen sih gak tahan yah, pinginnya ngobrol-ngobrol aja gitu..heee.

Oya, gerakan dede di dalem sini juga makin lincah aja. Tiap malem cari perhatian terus, sampe males turun kasur buat pipis. Huhuhu. Tapi alhamdulillah nafsu makan ibunya terjaga, tetap makan banyak, tapi gak rakus dan gak pilih-pilih juga. Kalo laper dede gerak-gerak, kalo kenyang juga tetep gerak..tapi abis itu bisa diem seharian, bobo :p

Love this healthy pregnancy and very happy being a mom ;)

Jul 26, 2010

Mukjizat Quran & Sunnah Penyusuan yang Sempurna: Antara Sains dan Alquran

Penyusuan yang Sempurna: Antara Sains dan Alquran
Jumat, 23/07/2010 08:26 WIB

Oleh: Abd-Alda'em Al-Kheel

Baru-baru ini, para ilmuwan menemukan bahwa makanan sempurna untuk bayi adalah air susu ibu, dan bahwa memberi makan tidak akan lengkap tanpa ibu menyusui bayinya selama dua tahun. Itulah yang dilaporkan Organisasi Kesehatan Dunia di awal abad 20. Sesuatu yang telah dikatakan Al-Qur'an empat belas abad yang lalu.

Para dokter berpikir menyusui bayi hanya hanya memberi dampak psikologis hubungan dengan ibunya dan tidak ada manfaat lebih jauh. Tetapi setelah melakukan riset selama setengah abad, manfaat besar lainnya untuk menyusui mulai muncul, bahkan dewasa ini para ilmuwan menemukan manfaat baru dari susu ibu. Kekebalan tubuh yang disebut imunoglobulin ditemukan pada susu ibu pada awalnya. Ia memberikan kekebalan tubuh terhadap berbagai bakteri dan virus. Bahkan para ilmuwan menemukan bahwa jumlah bakteri dalam usus bayi yang diberi susu sapi adalah sepuluh kali lipat lebih banyak daripada yang ada dalam usus bayi yang diberi susu ibu.

Keuntungan Bagi Anak:

Kekebalan tubuh "imunoglobulin" membantu bayi selama tiga bulan pertama untuk melindungi tubuh dari serangan kuman terus-menerus, bahkan membantunya untuk membentuk dan memperkuat sistem kekebalan sendiri. Apalagi beberapa penelitian menunjukkan bahwa sistem kekebalan bayi tumbuh lebih cepat ketika ia diberi susu ibu. Susu ibu juga mengandung unsur kekebalan yang disebut "mucins" yang mengandung banyak protein dan karbohidrat. Zat ini mengikuti bakteri dan virus dan sepenuhnya menghilangkan mereka dari tubuh tanpa efek samping, berbeda dengan obat-obatan kimia.

Susu ibu juga memberikan stabilitas psikologis bayi, membantu tidur dan tenang, ia bekerja sebagai analgesik alamiah terbaik bagi bayi. ASI melindungi bayi dari alergi. Bahaya gizi pada susu sapi, misalnya, hal itu meningkatkan kemungkinan serangan kanker delapan kali lipat.

Keuntungan Bagi Ibu

Banyak studi yang dilakukan di tiga puluh negara menunjukkan ibu yang menyusui bayinya kurang terkena kanker payudara.

Rahim melebar dua puluh kali selama kehamilan dan melahirkan. Penelitian menunjukkan menyusui bermanfaat untuk membantu rahim kembali ke ukuran normal. Sebaliknya ibu yang tidak menyusui bayinya ukuran rahimnya tetap lebih dari batas normal. Selain itu, menyusui juga melindungi dari kanker rahim.

Penyusuan alami membantu ibu untuk mengurangi berat badannya dan melindungi dirinya dari kegemukan. Bahkan ia juga bekerja sebagai analgesik alami rasa sakit bagi ibu juga. Penyusuan alami juga membantu ibu dan anak untuk tidur nyenyak.

Manfaat Bagi Masyarakat

Penyusuan alami tidak mahal sebaliknya buatan menyusu. Kita mungkin terkejut ketika kita tahu bahwa American Academy for Pediatric menekankan jika Amerika Serikat mengikuti cara menyusu alami itu akan menghemat 3600 juta dolar per tahun.

Penyusuan alami juga berdampak positif pada lingkungan, karena polusi terjadi akibat proses manufaktur, pengeringan susu botol susu sapi, dan sampah yang dihasilkan dari penggunaan susu dan botol.

Periode Ideal Untuk Menyusui

Organisasi Kesehatan Dunia dan Organisasi UNISAF melakukan banyak penelitian pada bayi, dan mendapat hasil dari penelitian ini bahwa periode yang ideal adalah dua tahun. Karena selama dua tahun pertama bayi memiliki kebutuhan mendesak terhadap susu steril seperti susu ibu, sebagai sistem kekebalan agar ia dapat menghadapi setiap kemungkinan penyakit sebelum dua tahun usianya.

Organisasi Kesehatan Dunia menyelenggarakan konferensi berjudul "Makanan Pendamping ASI" pada tahun 2001 dengan kesimpulan sebagai berikut:

Dua tahun pertama dari kehidupan bayi adalah jendela kritis di mana fondasi untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat dibangun. Menyusui bayi merupakan inti perawatan dalam periode ini.

Selain itu, dalam kesimpulan dari konferensi, periode ideal untuk menyusui adalah dua tahun, karena ada kebutuhan mendesak bagi bayi terhadap kekebalan tubuh untuk mengembangkan sistem kekebalan selama periode ini. ia tidak dapat menemukannya selain dalam susu ibu.

Dokter menekankan bahwa semua jenis makanan tidak bisa cukup bagi bayi selama dua tahun pertama usia bayi, karena bayi menghalami banyak faktor yang mengakibatkan banyak penyakit. Sehingga dua tahun pertama merupakan masa kritis dan sensitif untuk bayi di mana kita harus bergantung pada susu ibu untuk menghindari bahaya ini.

Jul 16, 2010

baby footprint on d'tummy


Lucu bangeeettt....ini beneran gak sih?? jejak kaki baby nya keliatan...ahahah...gemeessss.....

Jul 15, 2010

butterfly on my tummy!

Horee...dede bayi gerak-gerak!! 
Lupa gimana gerakan pertamanya, tapi itu kerasa pas minggu ke 17 gitu...entah tendangan ato bukan, gak berasa kaya tendangan sih...cuma berasa ada getar-getar gitu di dalem perut. Kaya handphone ato pager yang bergetar-getar, atau kaya kupu-kupu terbang tapi ketahan dinding perut.  

Huoooo...excited! Lucu! Nemenin ibu di kostan sendirian, nemenin begadang nonton bola, nemenin pas ngantuk-ngantuknya di kantor....hihihi.

Biasanya kalo di kantor gerakannya lebih banyak, mungkin karena duduk terus ya..ato bosen dibawa kerja, maunya jalan-jalan, belanja, tidur, hehe. Tapi kalo malem hari frekuensinya lebih dikit, paling gak bisa diem kalo lagi laper, atau lagi kontak-kontakan sama ayahnya. Get connected aja gitu. Mungkin karena perasaan ibunya juga seneng ya, jadi dede ikutan seneng :)

Ahhh iyaa...ini progress terakhir: perut udah bener-bener mbulet dan buncit! celana-celana biasa udah gak muat lagi...terpaksa pake celana hamil yang gombrengnya kaya badut itu. Fufufu...lupakan fashion deh.

Jul 13, 2010

krim anti selulit dan stretchmark

Seringnya, cerita ttg selulit dan stretchmark ini jadi horor buat para bumil, sama mengerikannya sama kulit perut yang jadi menggelambir pasca melahirkan, atau yah..badan semok yang jadi kebanggaan waktu gadis suddenly turn into badan ibu-ibu yang...tau lah, suka ketebak kan badannya ibu-ibu gimana.

Awalnya saya clueless banget soal perawatan kulit saat hamil. Tapi nyokap cerewet banget ngelarang garuk-garuk kulit kalo lagi mens ato hamil biar gak jadi stretchmark, denger sih mitos-mitosnya tapi ya udahlah, pasrahin aja kan wajar gitu namanya juga ibu hamil dan melahirkan. Tapi dari obrolan sama temen-temen bumil dan ibu-ibu lain, kayanya lumayan juga nih buat pencegahan biar gak makin banyak. Secara garis-garis putih di paha udah ada dari sebelum hamil, akibat pernah gendut kayanya :(

Sering juga denger krim ini itu, terutama dari merek-merek kosmetik cantik. Tapi gatau deh, kalo hamil berasa lebih percaya aja sama merek-merek kosmetik bayi ato bumil. Jadinya cuma ngelirik mothercare, pigeon atau cussons aja. Denger juga soal khasiat minyak zaitun buat kulit, pengalaman para bumil sih minyak zaitun itu dioles 2x sehari ke perut, paha, dan lengan atas, titik-titik rawan selulit. Tapi waktu Health Talk di kantor, dokter gizi nya bilang minyak zaitun itu kaya banget Omega 4 nya tapi paling baik dikonsumsi dengan cara diminum atau dijadiin salad dressing, bukan dioles ke kulit...eng.... -__-'

Eh iya, biar gak salah, ini bedanya antara stretchmark sama selulit ya. Selulit adalah penumpukan sel-sel lemak yang berlebihan pada jaringan kulit, sehingga membuat permukaan kulit tampak tidak rata. Penumpukan itu terjadi akibat peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron secara drastis. Sementara stretchmark, tanda berupa garis-garis memutih tak beraturan timbul akibat rusaknya jaringan pada lapisan dermis kulit yang mengalami peregangan secara drastis dan mendadak.

Selain kedua horor S di atas, pada ibu hamil juga terdapat warna kehitaman berupa garis kehamilan (linea nigra) sering terjadi di sekitar daerah perut, membujur vertikal mulai dari pusar hingga pubis. Tetapi sebenarnya setelah melahirkan, biasanya linea nigra yang berwarna gelap akan kembali menjadi garis yang berwarna lebih terang.

Akhirnya, setelah pikir-pikir, pencarian krim pencegahan ini berakhir sahaja pada Cussons Nourishing Stretchmark Cream, beli di Carrefour seharga 41rb. Sebenernya ini produk dari seri Cussons First Year New Mum, kalo mau beli paketan isinya sama bodywash, lactation oil, reviving gel sama body firming cream, harganya 89rb, tapi kalo mau beli satuan juga bisa.

*Fyi aja, krim stretchmarknya Mothercare itu harganya 119rb, sedangkan Pigeon 126rb.

Terus, setelah pikir-pikir lagi (banyak mikirnya nih) kayanya nyoba zaitun oke juga. Sempet mau ambil extra virgin olive oil asli dari Spanyol itu, tapi ragu-ragu, jadinya ambil body butter Zaitun-nya Mustika Ratu aja deh buat sehari-hari. 200g harganya 36rb. Ini juga berdasarkan pengalaman para bumil sama body butternya Body Shop yang Mango, Shea atau Coconut, katanya ampuh, tapi ya wallohua'lam deh.

Oh ya, buat ibu-ibu Asia jangan terlalu khawatir sama stretchmark ini, soalnya 90% stretchmark terjadi pada orang kulit putih (ras Kaukasia). Yes!! Lagipula, keluhan ini bersifat genetik kok, treatmentnya beda-beda pada setiap bumil, jadi tenang aja :) 

Basicly, kehamilan memang mengubah segalanya. Mindset, pola hidup, kedewasaan, bentuk badan, termasuk juga rasa percaya diri. Even sama suami sendiri suka gak pede, padahal kan kita 'begini' karena 'perbuatan' dia juga, harusnya sih pede-pede aja lagi. Cuman yah, sedikit gak nyaman aja wajarlah. Apalagi kalo lagi main bareng temen-temen yang masih pada single ladies, doh..ada emak-emak gendut ikut-ikutan nongkrong berasa gimana gitu, tapi yah..pede dan bangga aja, moms. We carry a life, a gift. Bukan suatu hal yang pantes ditakutin atau dibikin malu :)

Jul 8, 2010

Cooler bag: Allerhand Combi Cooler

Perburuan baby stuff dimulai dari perlengkapan breastfeeding dikarenakan dan disayangkan, dede bayi gak bakal bisa terus-terusan nyonyo dari gentongnya. Jadi, cooler bag ini fungsinya buat penyimpanan botol ASIP yang bisa dibawa kemana-mana dengan daya tahan sekitar 8-12 jam dengan blue ice nya. Berguna banget buat working mom yang sehari-harinya merah ASI di kantor, terus dibawa pulang ke rumah. Buat para FTM, gentong ASI emang lebih mantap jadi supplier, tapi cooler bag ini berguna juga kalau mau dipake buat bawa-bawa botol ASI atau MPASI pas traveling karena fungsinya menjaga suhu makanan. 

Barang pertama yang dibeli cooler bag jatuh ke Allerhand Combi Cooler. Naksir berat sama modelnya yang keren abis, terus berdasarkan pengalaman
Otty di TUM, kapasitasnya juga muat banyak dan bisa alih fungsi jadi diaper bag atau lunch bag. Dan emang bener, saku-sakunya di setiap sisi banyak banget. Depan belakang ada sleting buat penyimpanan ini itu, bahkan breastpump dan onderdilnya bisa muat di kantong depan. 




Combi cooler ini ada banyak pilihan warna, flamingo (pink-coklat), sunflower (merah-kuning), power (hijau-kuning), black, urban (biru-coklat) sama yang cool (hijau-coklat). Saya sengaja pilih urban soalnya lebih netral dan keren aja sih, biar ayah dede juga gak girly-girly amat makenya ;) 

Alhamdulillah tampilannya gak mengecewakan sih (secara belum dipake juga), tapi begitu barangnya sampe dari
sini, cukup puas karena sesuai sama yang di gembar-gemborin. Sempet jantungan juga sih, dari sekian lama nyari-nyari karena gak banyak yang jual dan stok terbatas, sekalinya dapet, ol shop nya gak selalu online dan cuma kontak2an via sms, itupun balesnya agak lama. Belum lagi abis order kepotong weekend, makin lama aja deg2annya tu barang bakal nyampe apa enggak. 

Harganya 550rb (no wonder kan kalo gw deg2an),
Intan beli di ol shop lain dapet harga 589rb. Mau kontak Mom's and I (distributor resmi Allerhand di Jakarta) juga harganya kurang lebih segituan. Ya sud, demi dede bayi, rela gak beli baju deh sebulan ini. 

Oh ya, naksir juga sama yang model backpack kaya gini, 
atau model Skip Hop yang satunya, tapi gak tau belinya dimana. Kalo yang backpack ini mereknya Hailey (nemu di ol shop malaysia) jadi clueless banget nyarinya dimana. 


Kalo yang Skip Hop di ol shop sini ada, harganya 280rb aja, modelnya backpack keren juga kok (cuma udah keburu jatuh cintrong sama Allerhand).  


   

Jul 5, 2010

16w pregnancy...


 Bulan ke-4 anda:

        * Morning sickness mulai berkurang, bahkan akan hilang sama sekali di akhir  trimester kedua.
        * Pinggang anda semakin melebar
        * Rasa mual menyebabkan produksi air ludah anda meningkat
        * Produksi keringat meningkat
        * Gerakan janin mulai terasa
Alhamdulillah udah masuk trimester kedua, bulan ke-4. Bye-bye morning sick, gak ada lagi makanan yang gak masuk, sekarang saya jadi makhluk omnivora, melahap segala jenis makanan, membasmi semua hidangan.

Hari Sabtu (2/7), jadwalnya ayah dede pulang, artinya jadwal dede kontrol lagiii.. Kali ini kita balik lagi ke dr. Tina Dewi *berharap hasil USG nya dikasih 2 lembar*. Kaget juga liat perkembangan dede yang pesat, beratnya udah 180gr aja bo! Dan umurnya kembali lebih tua dari sebelumnya..sekitar 17w, padahal perhitungan hari itu harusnya 16w3d.

Bentuk dede udah makin mirip bayi, kepalanya besar, tulang punggung, tangan, paha, kaki keliatan jelas banget. Tapi posisinya lagi gak bagus buat diukur maupun diintip kelaminnya. Huhuhu. Dede berposisi minggir, hampir jongkok sambil nundukin kepalanya, persis pose ala Aristoteles. Jadi kata dokternya, kalopun usg nya di print, hampir gak bakal keliatan apa2..cuma tulang-tulang doang. Huhuhu, cedihnyaa..padahal periksa kali ini ngarep udah bisa intip kelaminnya dede :(

Oh ya, sempet juga diadain pengajian 4 bulanan di rumah mertua, semuanya berdoa semoga dede sehat, lancar kehamilan dan persalinannya. Gpp deh di-keep dulu penasarannya, yang penting dede sehat. Amiin.

Hari Pertama

Ini puasa hari pertama kami. Dimulai dari sahur yang mepet karena tidur kemalaman dengan menu seadanya.  Puasa itu sederhana, nak. Menaha...