Posts

Showing posts from June, 2010

ngidam....

Mengidam biasanya indentik dengan keinginan makanan atau benda tertentu. Keinginan ini sebenarnya wajar saja asal tidak berlebihan. Para suami mungkin sedikit direpotkan karena sibuk memenuhi keinginan Ibu. Pastikan Ibu tetap mengkonsumsi makanan sehat walaupun sedang ngidam.Baru inget, belum pernah posting soal ngidam-ngidaman ini. Padahal hampir setiap ketemu ibu-ibu atau bapak-bapak pasti ditanyain ngidam apa, dan pasti saya bingung jawabnya. Karena ngidamnya beda-beda, eh atau itu bukan ngidam ya? abis macem-macem maunya, kalo ngidam kan maunya satu macem aja, yang aneh-aneh, kalo saya sih kayanya enggak ya....gak satu macem maksudnya.
Tanda-tanda ngidam adalah nafsu makan menurun, merasa mual, dan muntah, namun beberapa bulan kemudian nafsu makan membaik kembali.Ohhh...ini sih iyaa...terbukti waktu awal-awal kehamilan trimester pertama (disaat belum tau hamil). Beuh, bawaannya eneg dan gak doyan makan ini itu. Makan dikit langsung gak minat, siangnya pingin makan anu, malemnya…

Pemeriksaan Ultrasonografi (USG)

Image
*salah satu kegiatan paling favorit tiap berkunjung ke DSOG ;)

Pemeriksaan ultrasonografi

Ada dua scan utama yang ditawarkan kepada ibu hamil, yaitu:

1. Scan pada kehamilan 12 minggu .
2. Scan pada kehamilan 20 minggu ( anomaly scan) untuk mendeteksi kelainan.

Beberapa dokter akan menawarkan keduanya. Tapi melakukan scan pada kehamilan 20 minggu saja dianggap cukup. Selebihnya, Ibu dapat melakukan sejumlah scan sesuai keinginan Ibu.

Kebanyakan scan kehamilan  dilakukan dengan menggunakan ultrasound. Sejenis jeli dioleskan ke perut Ibu, kemudian sebuah alat kecil bernama transducer  digerakan  diatas kulit perut yang sudah diolesi jeli. Proses ini mengirimkan gambar bayi Ibu dalam rahim ke layar monitor.

Biasanya sebelum di scan, Ibu diminta minum untuk mengisi penuh kandung kemih. Cara ini membantu mendorong uterus Ibu kedepan sehingga menghasilkan gambar yang jelas.

Jenis USG

USG Awal Kehamilan

Pemeriksaan USG di awal kehamilan penting dilakukan bila Ibu mengalami nyeri,…

go shopping yet...?

Orang bilang saat ini terlalu dini buat belanja-belanji, pamali, roh-nya aja belum berwujud, gimana kalau ada apa-apa di tengah jalan nanti...?

Hmm...begitu tau saya hamil di umur 7 minggu, referensi yang paling banyak dibaca di internet adalah soal kehamilan, kelahiran dan tentunya..all-those-complicated-complete-baby stuff. 
Selewat 3 bulan, saya mulai join forum ibu-ibu sana sini, tanya-tanya keperluan baby pasca lahiran atopun persiapan buat melahirkan. Ngumpulin baby-needs-list, browsing2 harga produk, breastpump, botol ASI, baby box, stroller, somehow jadi makin tertarik dan lama-lama jadi hobi, bahkan udah jadi bookmark setiap hari buat di browse.

Bukan apa-apa sih, bukan juga mo mendahului takdir, tapi berhubung hasil browsing menunjukkan bahwa barang-barang bayi itu gak murah sama sekali dan produk KW tidak se-aman produk ori macam tas LV palsu saya, mulailah terobsesi buat nge-list semuanya dari sekarang, termasuk cari penawaran yang paling murah dan hunting sodara ato teme…

we're walking 6 months....

Image
I love being married... It's so great to find that one special person you want to annoy for the rest of your life....
I love my spouse. I love my marriage. I love my life. Everything's wonderful since you have a special person in your whole days of your life. I miss the day we felt the love in the air. I miss the day when he said "will you be my wife?". I miss the day when we bound each other, saying "yes i do and i believe my life in you".
I love you. With all the love we made. Here's the baby bump, to complete our life. To be the one, one that you love, one that i love, and one that love us. 
Happy 6 mos anniversary..... 

13w3d pregnancy...

Image
Horeee...ketemu lagi dede bayi!! Periksa kali ini gak dianter ayah dede, soalnya baru 2 minggu yang lalu pulang...ongkos bulan ini menggila...jadi cukup ketemu sama ibu aja ya, nak...bulan depan ketemu lagi sama ayah ;)
Udah 2x periksa, tapi tiap kali periksa selalu dengan perasaan excited tapi deg-degan. Dede bayi kondisinya gmn ya, apa dia sehat-sehat aja, gimana kalo tiba-tiba rahimnya kosong, dede ilang...blablabla...Begitu juga dengan periksa kali ini, tambah mellow karena duduk sendirian di waiting room Hermina sementara kiri-kanan berpasang-pasangan, huhuhu... Tapi yang gak bikin bosen nunggu disitu adalah pemandangan anak2 kecil lari-larian, aura bahagia newly parents yang gendong anaknya, macem-macem muka bayi, macem-macem kelakukan anak kecil jadi hiburan lucu selagi gelisah nunggu.
Di depan saya, ada pemandangan menarik. Dua orang bapak baru yang lagi gendong bayinya. Agak canggung sih, tapi keliatan sayang banget. Yang satu lagi melet-meletin lidah ngajak main anaknya, yang …

Kehamilan Minggu 12

Ini adalah minggu terakhir dari trimester 1, tidak terasa 3 bulan kehamilan telah terlewati. 6 more months to go!
by Adhiatma Gunawan
Panjang janin pada minggu ini telah mencapai sekitar 5,5 cm, dengan berat sekitar 15 gram. Hampir semua sistem baik sistem pencernaan maupun sistem pernapasan, sudah makin terbentuk menuju kesempurnaan.

Janin sudah mengalami kontraksi pada pencernaannya dan janin sudah dapat memperoleh makanan dari ibunya lewat placenta. Tulang janin telah memiliki sumsum yang berfungsi untuk memproduksi sel-sel darah pada janin. Minggu ini, sel darah putih yang berfungsi untuk kekebalan tubuh bayi, mulai diproduksi oleh sumsum tulang.

Yang tetap penting diingat adalah apa yang ibu hamil konsumsi akan mempengaruhi nutrisi janin. Jadi kalau nutrisi dari makanan tidak cukup, maka perkembangan sistem kekebalan bayi tentunya tak akan maksimal. Lagipula keluhan mual muntah seharusnya sudah berkurang drastis atau bahkan sudah tidak mengganggu lagi, jadi calon moms bisa lebi…

15 Boleh & Tidak Bagi Ibu Hamil

Banyak sekali yang ingin diketahui seorang ibu berkaitan dengan kehamilannya. Untuk itu, simak penjelasan dr. Andon Hestiantoro, Sp.OG dari RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta, tentang apa saja yang boleh dan tak boleh dilakukan selama kehamilan.

1. MEMAKAI SEPATU HAK TINGGI
Sebaiknya ibu hamil tidak menggunakan sepatu hak tinggi terutama setelah kehamilan melewati usia 7 bulan. Sepatu hak tinggi dapat menimbulkan gangguan keseimbangan tubuh. Harus diketahui, beban kehamilan yang terjadi di daerah perut ditambah dengan peng-gunaan sepatu hak tinggi dapat meningkatkan risiko terjatuh. Akibat terjatuh ini adalah meningkatnya trauma dalam kehamilan.

Penggunaan sepatu hak tinggi juga dapat menyebabkan peregangan pada otot-otot di daerah pinggang. Wanita hamil akan lebih sering mengeluhkan rasa sakit dan pegal pada daerah pinggang (low-back pain). Bahkan jika kehamilan semakin membesar, bisa terjadi trauma pada otot-otot di daerah pinggang tersebut. Selain itu, perubahan sumbu tubuh pun terj…