Posts

Showing posts from May, 2010

Kehamilan Minggu 11

mom(me)world - it's all about mom and me Kehamilan Minggu 11

Selain perkembangan organ tubuh semakin sempurna, pembentukan organ reproduksi janin juga dimulai pada minggu ini
by Adhiatma Gunawan

Kurang lebih panjang janin mencapai sekitar 4-6 cm, dengan berat sekitar 7-9 gram. Folikel-folikel rambut terbentuk, akar kuku pada kaki dan tangan mulai terbentuk. Kuku kaki dan tangan dalam beberapa minggu ke depan akan terbentuk.

Nah minggu ini bentuk janin sudah semakin seperti manusia, tidak lagi mirip kecebong. Tangan dan kaki posisinya sudah di depan anggota tubuh, bentuk telinga sudah mulai sempurna, saluran hidung sudah mulai terlihat, serta terlihatnya lidah dan langit-langit mulut. Perkembangan organ reproduksinya juga sudah mulai terbentuk, walaupun pada minggu ini kita belom bisa melihat dan memastikan jenis kelamin janin melalui pemeriksaan USG.

Ohya, menurut beberapa ahli, janin sudah mulai mengalami fase tidur-bangun, walaupun hanya sebentar saja.

Tips of the week: saa…

Merangsang Tumbuh Kembang Bayi Sejak Dalam Kandungan

Informasi menarik dari MP nih...penting juga buat dibaca.

Setiap orang tua selalu mengharapkan anaknya cerdik, pandai dan arif melebihi anak lain.
Para pakar menyatakan, sekalipun kearifan seorang anak sangat erat hubungannya dengan
genetika bawaan, namun banyak sekali penelitian ilmiah menunjukkan bahwa pembinaan setelah lahir juga merupakan faktor sangat penting yang tidak boleh diabaikan.

Merangsang Pertumbuhan dengan Pendidikan dalam Kandungan
Para dokter menyatakan, bayi dalam kandungan usia tiga bulan sudah mempunyai perasaan, empat bulan sudah mampu merasakan suara dari luar. Suara dari luar ini akan terus merangsang organ indera anak dalam kandungan dan mendorong pertumbuhannya, mempunyai peran yang penting bagi pertumbuhan intelegensi. Pada dasarnya cerebral cortex (bagian otak yang penting untuk mengingat, memperhatikan, menyadari, berpikir, mengerti bahasa dan lain sebagainya) bayi dalam kandungan sudah terbentuk pada usia 5 – 6 bulan, bila pada masa ini diperdeng…

9w5d pregnancy...

Image
Dua minggu setelah kontrol kehamilan yang pertama, kita mutusin buat ke RSIA Hermina lagi, tapi dengan dokter lain (mau coba-coba mumpung masih bisa ganti-ganti). Tadinya mau ke dokter Anna, tapi katanya lagi tugas, jadinya pake dokter Tina Dewi Judistiani, SPOG. Mudah-mudahan dokter yang ini lebih informatif daripada dokter sebelumnya. 

Di kontrol kedua ini, ditemukan perubahan pada umur bebi. Yang tadinya dari hitung2an sebelumnya 9w2d ternyata jadi 9w5d, otomatis due-date nya juga maju jadi 13 Desember 2010. 

Alhamdulillah ya Allah, meskipun mules-mulesnya masih ada...dan ibunya masih belum bisa makan banyak, pertumbuhan bebi kuat dan sesuai dengan umurnya. Sekarang panjangnya udah 2.83cm. Detak jantungnya makin jelas. Bentuknya juga makin keliatan kaya bayi, dan tali ari-arinya mulai keliatan. Tumbuh juga jari-jari tangan dan kaki berselaput, bisa dadah-dadah dari dalem ;) 




Subhanallah...itu anak gw ya? *terharu banget liatnya*

Alhamdulillah, dokter Tina juga lebih informatif dan ram…

Kehamilan Minggu 7

Image
Diambil dari mom(me)world, berikut artikel yang bagus buat pengetahuan moms ;) 
Kehamilan Minggu 7
Minggu ini organ-organ tubuhnya mulai berkembang lebih kompleks
by  Adhiatma Gunawan


Pada minggu ini, pertumbuhan jaringan dan sel saraf begitu cepat. Janin Anda masih berupa suatu embrio (masih tampak memiliki ekor -yang akan segera menghilang), berbentuk seperti tanda koma.

Panjang si embrio ini hanyalah sekitar 1 cm. Mulai minggu ini hingga minggu-minggu ke depan pertumbuhan organ janin (terutama otak, sistem saraf dan jantung) akan meningkat dengan cepat.

Anda mungkin akan mengalami gejala mual muntah (akibat pengaruh hormon kehamilan), tapi tidak perlu kuatir, karena asalkan keluhan morning sickness tidak parah, maka gejala itu hanya akan berlangsung hingga 4-6 minggu ke depan, setelah itu akan berkurang dengan sendirinya.

7 weeks, 2 days....

Image
Emang susah nyembunyiin sesuatu dari suami, ditahan-tahan biar gak keceplosan, akhirnya sabtu subuh langsung testpack lagi. Syukurlah hasilnya masih positif (kebayang deh kalo jadi beda.. :p)

Setelah dua kali testpack hasilnya positif, tanggal 1 Mei kemarin, kita langsung periksa kandungan ke RSIA Hermina Pasteur. Waktu itu gak milih-milih mau ke dokter siapa, dokter perempuan mana ajalah, yang penting mau mastiin dulu keadaan dede bayi di dalem sini.

Kebetulan dapetnya dr.Tita Husniawati SpOG, tapi masih ada antrian sekitar 3 orang lagi. Duduk di ruang tunggu bareng ibu-ibu berperut gendut itu suasananya emang intimidating ya..untuk menghindari nervous, saya ajak hubby ngobrol aja kesana kemari sambil ngemil Tao Kae Noi rumput laut..trus hubby minta izin mo beli Aqua dulu ke luar. Taunya gak berapa lama saya dipanggil suster, panik karena ransel hubby masih disini dan gak mau diperiksa tanpa suami, saya lari ke depan nyari-nyari gak ketemu. Saya minta susternya lewatin satu nomer dul…