May 24, 2010

Kehamilan Minggu 11

mom(me)world - it's all about mom and me Kehamilan Minggu 11

Selain perkembangan organ tubuh semakin sempurna, pembentukan organ reproduksi janin juga dimulai pada minggu ini
by Adhiatma Gunawan

Kurang lebih panjang janin mencapai sekitar 4-6 cm, dengan berat sekitar 7-9 gram. Folikel-folikel rambut terbentuk, akar kuku pada kaki dan tangan mulai terbentuk. Kuku kaki dan tangan dalam beberapa minggu ke depan akan terbentuk.

Nah minggu ini bentuk janin sudah semakin seperti manusia, tidak lagi mirip kecebong. Tangan dan kaki posisinya sudah di depan anggota tubuh, bentuk telinga sudah mulai sempurna, saluran hidung sudah mulai terlihat, serta terlihatnya lidah dan langit-langit mulut. Perkembangan organ reproduksinya juga sudah mulai terbentuk, walaupun pada minggu ini kita belom bisa melihat dan memastikan jenis kelamin janin melalui pemeriksaan USG.

Ohya, menurut beberapa ahli, janin sudah mulai mengalami fase tidur-bangun, walaupun hanya sebentar saja.

Tips of the week: saat Anda melakukan kunjungan rutin ke dokter kandungan, coba dengarkan aliran darah di jantungnya melalui alat doppler atau USG."

May 21, 2010

Merangsang Tumbuh Kembang Bayi Sejak Dalam Kandungan

Informasi menarik dari MP nih...penting juga buat dibaca.

Setiap orang tua selalu mengharapkan anaknya cerdik, pandai dan arif melebihi anak lain.
Para pakar menyatakan, sekalipun kearifan seorang anak sangat erat hubungannya dengan
genetika bawaan, namun banyak sekali penelitian ilmiah menunjukkan bahwa pembinaan setelah lahir juga merupakan faktor sangat penting yang tidak boleh diabaikan.

Merangsang Pertumbuhan dengan Pendidikan dalam Kandungan
Para dokter menyatakan, bayi dalam kandungan usia tiga bulan sudah mempunyai perasaan, empat bulan sudah mampu merasakan suara dari luar. Suara dari luar ini akan terus merangsang organ indera anak dalam kandungan dan mendorong pertumbuhannya, mempunyai peran yang penting bagi pertumbuhan intelegensi. Pada dasarnya cerebral cortex (bagian otak yang penting untuk mengingat, memperhatikan, menyadari, berpikir, mengerti bahasa dan lain sebagainya) bayi dalam kandungan sudah terbentuk pada usia 5 – 6 bulan, bila pada masa ini diperdengarkan musik ataupun dilakukan pemijatan lembut pada bagian perut akan dapat meningkatkan pertumbuhan intelegensi sang anak.

Fondasi Perkembangan Intelegensi Ditentukan pada Masa Anak-Anak

Sejak bayi dilahirkan, ayah-bunda sudah mempunyai peran penting untuk mengajarkan
pengetahuan dasar kepadanya. Kalau saja ayah bunda pada tahap ini dapat membimbing sang anak dengan murah hati, hormat dan penuh kasih sayang, maka bukan saja dapat meletakkan dasar kepribadian yang unik bagi sang anak, bahkan dapat membuat anak memiliki kemampuan belajar dan sikap bergaul yang baik. Dengan demikian, peran ayah bunda bukan hanya membesarkan, bahkan juga memikul tanggung jawab besar sebagai “guru pribadi”.

Para pakar menyatakan, “Anak-anak pada rentang usia 4 sampai dengan 13 tahun, karena belum banyak mengecap asam garam dunia, hatinya masih murni, merupakan masa dengan daya ingat yang paling kuat selama hidupnya. Jika pada masa keemasan ingatan ini memperoleh pendidikan yang baik, akan sangat bermanfaat bagi sepanjang hidupnya".

Penulis rubik khusus pendidikan, Korey Capozza, menyarankan sembilan cara untuk membina dan meningkatkan IQ (intelligence quotient ) anak. Diantaranya adalah:

1. Belajar Musik

Ini merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan pembelajaran otak kanan dengan santai dan mudah. Menurut hasil penelitian Universitas Toronto, pelajaran musik dapat meningkatkan intelligence quotient dan prestasi sekolah seorang anak. Bahkan semakin lama dipelajari,
hasilnya semakin jelas.

2. Beri minum Air Susu Ibu

Banyak penelitian ilmiah membuktikan bahwa air susu ibu (ASI) selain menyediakan berbagai macam zat gizi, juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan intelegensi bayi. Seorang bayi yang mengonsumsi ASI selama sembilan bulan secara nyata lebih pandai dari pada seorang bayi yang hanya mengonsumsi ASI selama satu bulan.

3. Tingkatkan kesehatan

Tim peneliti dari University of Illinois telah membuktikan hubungan antara kesehatan dan pelajaran anak di sekolah. Penelitian dari Oppenheimer Funds malah menunjukkan bahwa olah raga berkelompok bukan saja meningkatkan rasa percaya diri, membangun spirit kebersamaan, bahkan dapat memupuk kecakapan memimpin. Delapan puluh satu persen dari para direktris perusahaan pada saat masih kecil, semuanya pernah bergabung dalam suatu kegiatan organisasi.

4. Permainan

Memang ada banyak games yang bisa membuat pemainnya menjadi brutal, nyentrik ataupun malas berpikir. Namun juga ada sejumlah games yang dapat meningkatkan spirit bersosial,
kreativitas dan inspirasi, bahkan ada yang dapat melatih anak untuk berpikir dengan
bijaksana serta melatih kemampuan membuat rencana. Penelitian di University of Rochester
juga menemukan bahwa anak kecil yang bermain games lebih berkemampuan dalam menemukan petunjuk rasa visual dalam belajar.

5. Menolak junk food

Kurangi mengonsumsi makanan berkadar gula tinggi, berpantang berbagai makanan berlemak tinggi dan junk food yang lain. Sebaliknya, banyaklah mengonsumsi makanan sehat bergizi
tinggi, ini akan meningkatkan perkembangan intelegensi dan motorik anak, terutama bagi bayi yang belum genap dua tahun, hal ini sangat penting. Misalnya, seorang anak harus mengonsumsi sejumlah zat besi untuk membantu pertumbuhan otak. Kalau kurang jumlahnya, penghantaran impuls syaraf akan melemah.

6. Memupuk rasa ingin tahu

Para pakar mengungkap, ketika orang tua mendorong anak untuk mempunyai pemikiran sendiri, sesungguhnya adalah sedang meng-arahkan mereka pada pentingnya menuntut pengetahuan. Menaruh perhatian yang besar terhadap minat anak, mengenalkan dan mengajarkan ketrampilan baru kepada mereka pada setiap ada kesempatan mendidik di luar rumah, semua ini merupakan cara yang baik sekali guna memupuk dambaan anak untuk menuntut pengetahuan.

7. Membaca

Sejalan dengan kemajuan teknologi, banyak orang yang mengabaikan pentingnya membaca. Membaca merupakan cara meningkatkan intelligence quotient seseorang yang paling langsung dan efektif. Membacakan cerita untuk anak, menjadi anggota perpustakaan dan menambah koleksi buku bacaan semuanya merupakan cara yang baik untuk memupuk minat membaca seorang anak.

8. Makan pagi

Pepatah yang mengatakan burung yang bangun pagi akan mendapatkan makanan bukanlah tanpa dasar. Jauh sejak 1970, penelitian ilmiah menemukan seorang anak yang sarapan pada pagi hari memiliki ingatan yang lebih baik, lebih mampu berkonsentrasi dan juga mampu belajar lebih cepat. Dari pada sama sekali tidak makan pagi, makanlah sepotong kue atau minum segelas susu, hal ini akan sangat membantu dalam belajar.

9. Bermain permainan pengasah otak

Bermain catur, teka-teki silang atau permainan lain dapat merangsang intelegensi. Games Sudoku malah dapat memupuk cara berpikir yang bijaksana dan memupuk kemampuan memecahkan masalah.

Selain hal-hal di atas, pada saat seorang anak masih sangat muda harus sering diajak
bercengkrama, mintalah anak mengingat perbendaharaan kata yang sering dipakai dalam
kehidupan sehari-hari ataupun mintalah anak menghafal, semua ini merupakan jurus piawai
untuk membantu anak memupuk intelligence quotient.

Para pakar menyatakan, “Matikan tv, mintalah anak keluar rumah, mendekatkan diri dengan alam dan mengolah tubuh, merupakan salah satu metode terbaik untuk melatih anak menjadi pandai cekatan dan bertubuh sehat.”

May 18, 2010

9w5d pregnancy...

Dua minggu setelah kontrol kehamilan yang pertama, kita mutusin buat ke RSIA Hermina lagi, tapi dengan dokter lain (mau coba-coba mumpung masih bisa ganti-ganti). Tadinya mau ke dokter Anna, tapi katanya lagi tugas, jadinya pake dokter Tina Dewi Judistiani, SPOG. Mudah-mudahan dokter yang ini lebih informatif daripada dokter sebelumnya. 

Di kontrol kedua ini, ditemukan perubahan pada umur bebi. Yang tadinya dari hitung2an sebelumnya 9w2d ternyata jadi 9w5d, otomatis due-date nya juga maju jadi 13 Desember 2010. 

Alhamdulillah ya Allah, meskipun mules-mulesnya masih ada...dan ibunya masih belum bisa makan banyak, pertumbuhan bebi kuat dan sesuai dengan umurnya. Sekarang panjangnya udah 2.83cm. Detak jantungnya makin jelas. Bentuknya juga makin keliatan kaya bayi, dan tali ari-arinya mulai keliatan. Tumbuh juga jari-jari tangan dan kaki berselaput, bisa dadah-dadah dari dalem ;) 




Subhanallah...itu anak gw ya? *terharu banget liatnya*

Alhamdulillah, dokter Tina juga lebih informatif dan ramah. Pas USG nya dijelasin lebih lama, diameter kepala bebi juga diukur trus diliatin yang mana tangan dan kakinya bebi. Pinginnya sama dokter ini sampe nanti, tapi coba liat dulu dokter yang lain deh. 

Nggak ditemukan keganjilan apapun sih, termasuk keluhan flek di awal-awal juga sudah berhenti pelan-pelan, sekarang cuma cairan v biasa aja, hormonal. Selain disuruh abisin folavitnya, dikasih multivitamin lagi begitu ntar nginjek 3 bulan (yang artinya trimester 1 terlewatiii...hihiiy). Obatnya cuma dua, Imuno *** sama Cavit.



Biaya kontrol rutin ini lebih murah dari yang pertama, harga dokter 100.000 + USG 2d 55.000 + obat 75.000 = 230.000.  

Oh ya, sekarang juga perut saya udah agak melendung (enggak kaya gendut lagi). Celana kerja udah gak bisa dikancingin, dan pake jeans juga udah mule sesek. Kemarin baru sempet beli satu jeans hamil yang pinggangnya pake karet, belum bisa pake celana hamil beneran soalnya potongannya pada gede dan gombrang banget kaya badut.   

Rencananya awal bulan ke 3 pingin USG 3d dan mulai foto-foto..hehe.

May 3, 2010

Kehamilan Minggu 7

Diambil dari mom(me)world, berikut artikel yang bagus buat pengetahuan moms ;) 

Kehamilan Minggu 7
Minggu ini organ-organ tubuhnya mulai berkembang lebih kompleks
by  Adhiatma Gunawan
 


Pada minggu ini, pertumbuhan jaringan dan sel saraf begitu cepat. Janin Anda masih berupa suatu embrio (masih tampak memiliki ekor -yang akan segera menghilang), berbentuk seperti tanda koma.

Panjang si embrio ini hanyalah sekitar 1 cm. Mulai minggu ini hingga minggu-minggu ke depan pertumbuhan organ janin (terutama otak, sistem saraf dan jantung) akan meningkat dengan cepat.

Anda mungkin akan mengalami gejala mual muntah (akibat pengaruh hormon kehamilan), tapi tidak perlu kuatir, karena asalkan keluhan morning sickness tidak parah, maka gejala itu hanya akan berlangsung hingga 4-6 minggu ke depan, setelah itu akan berkurang dengan sendirinya.

7 weeks, 2 days....

Emang susah nyembunyiin sesuatu dari suami, ditahan-tahan biar gak keceplosan, akhirnya sabtu subuh langsung testpack lagi. Syukurlah hasilnya masih positif (kebayang deh kalo jadi beda.. :p)

Setelah dua kali testpack hasilnya positif, tanggal 1 Mei kemarin, kita langsung periksa kandungan ke RSIA Hermina Pasteur. Waktu itu gak milih-milih mau ke dokter siapa, dokter perempuan mana ajalah, yang penting mau mastiin dulu keadaan dede bayi di dalem sini.

Kebetulan dapetnya dr.Tita Husniawati SpOG, tapi masih ada antrian sekitar 3 orang lagi. Duduk di ruang tunggu bareng ibu-ibu berperut gendut itu suasananya emang intimidating ya..untuk menghindari nervous, saya ajak hubby ngobrol aja kesana kemari sambil ngemil Tao Kae Noi rumput laut..trus hubby minta izin mo beli Aqua dulu ke luar. Taunya gak berapa lama saya dipanggil suster, panik karena ransel hubby masih disini dan gak mau diperiksa tanpa suami, saya lari ke depan nyari-nyari gak ketemu. Saya minta susternya lewatin satu nomer dulu aja berhubung udah curiga kalo Roby beli Aqua ke Griya, bukan ke warung depan. Bener aja dong, saya nunggu di depan gerbang Hermina, nelepon-nelepon baru diangkat pas dia udah mo nyampe Hermina lagi. Gak tau kenapa tapi belakangan ini saya memang over sensi, gampang kesel dan gak sabaran, jadi gara-gara itu aja udah marah-marah besar sama hubby.

So, masuklah kami ke ruang periksa. Ngasih tau gejala-gejalanya, dll. Standar sih, ditanya kapan HPHT, trus soal flek-flek itu apa masih ada sampe sekarang. Dokter Tita somehow baik, tapi penjelasannya seolah-olah kita udah ngerti betul soal kehamilan, terlalu cepet, padahal kan namanya pasangan muda dan anak pertama, segala-galanya masih oon banget sampe-sampe kita gak bisa senyum saking tegangnya.

Dokternya juga sempet melarang campur sama suami dulu, dikiranya flek-flek gara-gara itu. Ini lagi, udah ambil kesimpulan aja, belum denger dulu penjelasan saya. Padahal kan gak mungkin banget gara-gara itu..flek-fleknya baru dua minggu, sedangkan gak ketemu hubby udah sebulan. Jadi saya dikasih obat penguat merek Preabor dan multivitamin Folavit. Buat mual-mual yang semakin menjadi, dikasih obat Troversis supaya makanan bisa masuk ke dalem perut.

Worst thing adalah, flek-flek ini merupakan ancaman abortus iminens atau terancam keguguran. Penyebabnya most likely adalah kecapean sih, soalnya penyebab lain kayanya gak dialami. Disuruh istirahat sih selama 3 hari, tapi errr...susah nih kalo pegawai baru, gak enak mau minta izin gak masuk..ini juga udah gak enak benerrrr, baru setahun kerja udah mo minta cuti hamil :D

Daann...beginilah penampakan dede bayi waktu di USG....

Diperkirakan usianya 7 minggu, 2 hari (7w2d), panjangnya 1.13 cm 
Jadi, menurut hitung-hitungan medis, waktu "kejadiannya" sekitar bulan Maret dan diperkirakan lahir bulan Desember tahun ini. Alhamdulillah posisi dede bayi di kantung yang tepat, dan detak jantungnya udah ada. Sumpah saya mah shock, cuma bisa liat di layar depan aja..gak berani liat monitor di sebelah yang lagi ditunjuk-tunjuk sama dokter sambil dijelasin ke suami. Jadi gak liat gimana detak jantungnya dede bayi berdenyut-denyut di monitor. Sumpaaaahhh.....tegang abeeesssshhh!!!

Dan sampe pulang kerumah pun, saya masih speechlessssss....selain hubby juga kerjanya cuma peluk-peluk dan senyam senyum doang. Gak banyak kata-kata yang bisa kita keluarin buat mengekspresikan senang atau terharu. Bahkan mama mertua pun baru tau pas beliau tanya, dan mama saya pun baru tau lewat sms...huhuuu, speechleeesss.

Hari Pertama

Ini puasa hari pertama kami. Dimulai dari sahur yang mepet karena tidur kemalaman dengan menu seadanya.  Puasa itu sederhana, nak. Menaha...