Pages

Booked myself at RSIA Hermina Pasteur

Tepat pas pemeriksaan 34w, memberanikan diri buat booking kamar buat lahiran nanti di RSIA Hermina Pasteur, Bandung dengan dokter Tina Dewi Judistiani, SpOG.

Cukup nekat sih, karena lokasi Hermina ini nun jauh di mato dari rumah..perjalanannya ngabisin 1.5jam belum kalo lagi macet bisa terjebak dari Pasupati, paling parah kalo minggu pagi atau lagi ada acara musik lewat Gasibu. Duh, mudah-mudahan sih gak lahiran pas minggu pagi ya, de.. *elus-elus hipnotis dede*

Beberapa alasan kenapa "berani-beraninya" memilih Hermina, adalah:
1. Lebih percaya sama Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) dibanding Rumah Sakit Bersalin (RSB) atau Rumah Sakit Umum (RSU) karena di RSIA, jumlah obgyn dan DSA nya relatif lebih banyak, di samping poli-poli lain sesuai kebutuhan ibu dan anak.

2. Fasilitas RSIA juga cenderung lebih lengkap, kalau periksa ibu bisa sekalian periksa anak di satu tempat, butuh lab ada, butuh konselor laktasi atau klinik tumbuh kembang juga ada. Bahkan klinik perawatan kewanitaan juga ada.

3. Dokter Tina cuma ada di RSIA Hermina Pasteur :D Saya maunya memang sama dokter yang sama, di RS yang sama, semata-mata lebih tenang aja dan udah kenal medan. Bismillah, semoga saya gak salah ngasih kepercayaan.

4. Hermina itu pro asix dan pro IMD. Ini bisa diyakinkan karena di lembar booking-an kamar, di cap "asi eksklusif" jadi harusnya semua pelayanan mendukung proses itu seperti rooming in dan tidak dikasih susu formula tanpa persetujuan orang tua bayi.

5. Tempatnya juga cukup nyaman, bersih dan gak kaku kaya rumah sakit lainnya. Mm, Hermina Arcamanik mungkin lebih bagus ya karena masih baru, tapi berhubung belum pernah denger pengalaman yang melahirkan disitu, belum berani juga jadi pioneer, hehe.

Di Bandung ini, banyak juga RS tempat melahirkan kaya Melinda Hospital (kabarnya disini disponsorin Sufor, coret), RSB Limijati (bagus sih, cuma gak ada pengalaman) dan RSU Santosa Hospital (males lewatin poli-poli lain yang gak ada hubungannya sama ibu dan anak).

Oh iya, ini tarif persalinan buat tahun 2010 di RSIA Hermina Pasteur:
Persalinan normal dengan Dokter (3hr)
VIP 12-16jt
Utama 11-14jt
Kelas I 9-11jt
Kelas II 7-10jt
Kelas III 6-8jt

Persalinan SC dengan Dokter (4hr)
VIP 21-27jt
Utama 19-24jt
Kelas I 15-19jt
Kelas II 13-17jt
Kelas III 11-14jt

Persalinan dengan bidan
Utama 7.5jt
Kelas I 5.7jt
Kelas II 4.7jt
Kelas III 3.7jt

Biaya ini adalah biaya standar, termasuk harga kamar+jasa dokter+obat-obatan+penunjang medis+paramedis. Kalau ada tindakan khusus lainnya dan obat-obatan yang dibawa pulang, ada tambahan biaya lagi tapi gak bisa diperkirakan berapa persen nambahnya.

Proses bookingnya sih nggak sulit, tinggal dateng ke meja booking di poli ibu. Pilih-pilih kamar mana yang mau dipesan terus konfirmasi apakah pembayaran pake pribadi atau asuransi. Nanti dikasih lembaran yang isinya data suami istri dan data tempat kerja sekaligus contact person-nya.

Berhubung dari kantor saya sistemnya pake guarantee letter, jadi begitu nanti masuk RS, pihak RS (atau kita sendiri juga bisa) akan menghubungi kantor untuk minta dikirimkan guarantee letter. Guarantee letter ini surat yang menjaminkan bahwa saya adalah karyawan kantor tsb dimana seluruh biaya persalinannya akan ditanggung oleh si penanggung (kantor dan asuransi). Surat ini harus diterima RS paling lambat 2x24 jam, kalo suratnya belum nyampe maka biaya akan ditagihkan ke pasien sebanyak 75% di awal, dan 25% sisanya dibayar pas pulang.

Deg-degan juga sih kalo sampe kantor gak bisa ngasih guarantee letternya secepet itu, secara 75% biaya persalinan kan lumayan juga ya, tapi insya allah deh sepengalaman ibu-ibu di kantor gak pernah ada masalah apa-apa.

Di lembar booking-an juga ditulis kok terms and condition-nya, jadi pastikan buat memahami betul semuanya termasuk kalo ada pertanyaan yang masih belum jelas. Booking fee-nya cuma 15rb. Dapet fasilitas member kaya gratis senam hamil, gratis exercise fisioterapi dan gratis creambath post partum 1x. Dapet juga diskon usg 3D 50% jadi 180rb-an tapi cuma bisa sama dr Hari, tapi berhubung udah pernah 3d ya sudahlah..gak diambil juga gapapa.

14 comments:

  1. Semoga lancar sampe tempat tujuan ya..
    dhan cita2 kita buat tetanggaan di malang kesampaian..
    Semangaaaaaaaaaat

    ReplyDelete
  2. *hugs intaaannn*
    huhuhu...nervous to the max, doain aku ya T_T

    ReplyDelete
  3. moms..mau nanya nih.. waktu di hermina ambil kamar yang mana? aq udh booking sih yang kelas 1 cuma suami mikir2 lagi pengen yang Utama (masih plinplan)..cuma lumayan yee nambahnya kalo utama,,secara kalo kelas 1 sih udh dicover asuransi.ya tambah2 dikitlah he

    ReplyDelete
  4. hai Lia,
    aku waktu itu ambil kelas Utama, alhamdulillah lahiran normal dan cuma 3hr jadi gak berat2 amat, hehe. Pertimbanganku sih pingin rawat sendirian n gak banyak gangguan dari yang besuk, dsb :)

    ReplyDelete
  5. Mau tanya mbak...
    Secara lengkap mbak punya perinciannya gak biaya segitu dapat apa saja? misalnya, makan untuk yang nemenin juga atau nggak? dapat popok gratis selam 3 hari? akte kelahiran bayi? dsb...

    Mbak bisa ambil contoh, waktu mbak sendiri yang ambil kelas Utama.

    ReplyDelete
  6. hai Harga Hotel, err.. (masih melongo).

    Anywy, di kelas Utama, makan 3x sehari boleh pilih sendiri dari menu, plus cemilan spt teh manis atau sup daun katuk. Tapi yang nemenin gak dicover makanannya.

    Di Hermina pake popok kain selama di RS, saya gak tau apa popok2 itu jadi hak milik pasien atau enggak, waktu pulang saya gak ambil, ditinggal di RS.

    Dari RS dikasih surat keterangan lahir gratis. Bisa sih sekalian diurus bikin akta, waktunya sekitar 1 bulan, biayanya saya kurang tahu.

    ReplyDelete
  7. Oh ya, sudah pasti harga itu termasuk jasa dokter kandungan, jasa dokter anak dan obat-obatan standar yang dibutuhkan.

    Apabila ada tindakan di luar prosedur standar, misal waktu saya kemarin itu harus divakum, maka ada tambahan biaya jasa dokter dan vakum-nya itu sendiri (kalo gak salah 0.5% dari jasa dokter standar)

    ReplyDelete
  8. Oh gitu ya mbak hehehe.. makasih ya penjelasannya....
    Saya juga lagi bingung nih mau di Hermina atau nggak, soalnya gak punya asuransi jadi terlalu mahal kalo di sana....
    Selain di sana, apa mbak punya referensi lain?

    * Semoga mbak nggak melongo lagi ya... hehe...

    ReplyDelete
  9. mbak admin Harga Hotel (ini loh yg masih bikin saya melongo), saya sih kalo mau rekomen mending di RSIA aja. Ada Limijati yang cukup dipercaya pro asi, kyny harganya gak terlalu mahal deh (bisa mampir ke front officenya buat tanya2 harga).

    Sebenernya tergantung kriteria mbak juga sih, maunya di tempat yg gimana..c-sectio/gak, asi eksklusif/gak, dsb.

    ReplyDelete
  10. salam kenal mba.. dulu di hermina lahirannya normal yah?? dngr2 dari tmn2 yg lahiran di hermina pasteur banyak dokter yg ga sabaran main suruh sesar (sc) aja. selain dr tina mba ada recomended dr lain ga dsni? soalnya saya juga lagi kontrol kehamilan di hermina pasteur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal. Iya dulu saya normal.
      Kalo dokter-dokter yang gak sabaran kurang tahu juga mungkin gak dapet yang kaya gitu :D

      Ada dr.Anna, dr.Indri, dr.Widyastuti yang saya pernah coba. Enak dan cukup trusted, semoga bantu ya.

      Delete
  11. Halo teh, salam kenal :)
    Pas lagi cari-cari rekomen ttg dokter Tina nemuin blog ini, hehe..
    Kebetulan skr jg lagi konsul sama dokter Tina, baik ya dokternya hehe..
    Teh mau nanya, dulu waktu lahiran ama dokter Tina sempet imd jg ga teh?
    makasih yaa infonyaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal juga.
      Sempet IMD, tapi nggak lama..mungkin sekitar 30 menit aja.
      Lebih ditekankan aja ke suster-susternya biar ngasih waktu lebih lama lagi.

      Delete

 

Blog Template by BloggerCandy.com