Pages

36-37w pregnancy...

Report pemeriksaan 36-37w selama dua minggu berturut2;
36w
Saatnya periksa seminggu sekali, tapi selang dua minggu setelah periksa terakhir kemajuan BB dede maupun BB ibu naik tipis aja. BB ibu naik 60gr jadi 51.9kg, begitupun BB dede cuma naik 20gr aja jadi 2470gr. Dietnya berhasil, soalnya waktu 34w di 2.4kg kok rasanya agak kegedean ya..tapi pas 36w masih segini-gini juga ya agak khawatir, tapi kata dokternya masih normal. Syukurlah.

Dan untuk pertama kalinya seumur hidup, kali ini diperiksa dalem (USG dalem). Udah tanya-tanya sebelumnya ke ibu2 lain,bahwa nanti dokter akan memasukkan 2 jarinya ke dalem v buat cari jalan lahir. Ngebayanginnya udah ngilu, dan kenyataannya? Yes,indeed! Awalnya udah bilang ke ayah kalo kemungkinan minggu ini bakal diperiksa dalem, makannya minta ditemenin. Huu, pas disuruh buka celana aja udah tegang bukan main, apalagi pas dokternya masukin jari ke dalem, refleks aja gitu defensif nahan taunya kata dokter kalo dikepit malah makin sakit, jadi kuncinya rileks dan pasrahkan aja (toh kalo melahirkan juga bakal diuwek-uwek lebih lama lagi, hehe).

Minggu ini belum ada bukaan, tapi katanya insya Allah masih bisa lahiran normal walo badannya mungil. Trus dr Tina ngasih tau cara mendeteksi kontraksi yaitu neken daerah sekitar udel, kalo kerasnya sama dengan dagu maka itu lagi kontraksi, baru pergi ke RS kalau kejadiannya udah 15 menit sekali dalam 1 jam.

Pulangnya langsung lemes dan berasa rontok daerah panggul. Perih. Setengah jam mah adalah mukanya pucat dan jalan tergopoh-gopoh. Tapi kalo dipaksain banyak jalan sih lama-lama bisa berdiri tegak lagi, disini fungsinya pendamping, walaupun gak membantu pas prosesnya tapi dimana kita masih tertatih-tatih, ada orang yang megangin dan jadi sandaran :)

37w
Hwow..excited. Karena mau tau gimana kabar baby Rolla di minggu ini, hasilnya, BB dede naik pesat sekitar 300gr jadi 2769gr. Gila, cuma dalam seminggu aja *langsung mikir-mikir makan apaan aja seminggu ini*. BB ibu juga ikutan naik jadi 52.5kg. Kalo posisinya tetep bagus kepala di bawah dan air ketubannya Alhamdulillah cukup juga.

Dan USG dalem lagi. Hep, ternyata kalo yang kedua emang lebih kebal sih hehe artinya ya bisa lebih rileks dan siap gitu. Agak lama dikodok-kodok, kepala dede udah kepegang sama dokter tapi tetep masih belum ada bukaan. So sad bahwa tulang panggul saya gak selebar keliatannya, soalnya pas diukur luasnya mentok ke tulang ekor. Hmmpfh, jadi kata dokter ini masih percobaan, kita liat nanti posisinya gimana, mudah-mudahan dede gak ngegedein terlalu besar lagi supaya bisa masuk panggul. Amiin (please ya, de..bantu ibu, kita sama-sama berjuang).

Sedikit gangguan di minggu ini gara-gara batuk pilek yang merembet ke munculnya asma. Jadi dikasih beberapa obat pengencer dahak kaya Fluimucil dan buat nafas yang mulai bunyi grok-grok gini pake Dextamin.

Oh ya, selama 36-37w ini, braxton-hicks mulai menjadi-jadi dan bikin parno. Mulesnya kaya sensasi ada yang mau jatoh dari panggul dan berasa turun banget. Kadang mau nyerah dan ngerasa udah waktunya ke rumah sakit, tapi diboongin alias 10 menit istirahat sambil elus-elus perut ternyata cukup membantu meredakan nyerinya dan bisa balik beraktivitas kaya biasa. Beberapa jam kemudian begitu lagi, berhenti lagi. Jadi yah, walaupun memang umur segini disarankan buat banyak bergerak dan jalan-jalan, saran saya sih jangan pergi jauh-jauh dari rumah lah, apalagi sendirian soalnya mana tau kala si kontraksi beneran muncul, gak ada persiapan sama sekali atau pas lagi gak dirumah (ini mah selfnote beneerrr...)

1 comment:

  1. ihiiiy... ternyata kita cuman beda 2 minggu ajah :p... Semangat yaaa.... dah tinggal menghitung hari nih... Semoga selamat dan sehat Ibu sama baby nya ;)

    ReplyDelete

 

Blog Template by BloggerCandy.com