31w3d pregnancy...

Minggu kemarin (9/10), adalah kali pertama dede periksa 2 minggu sekali. Excited sekaligus deg-degan karena artinya kehamilan ini udah masuk masa-masa sensitif, dimana dede sudah sempurna berbentuk manusia kecil yang siap dilahirkan dan kelahiran bisa terjadi kapan aja, dimana aja.

Sabtu kemarin kebetulan dr Tina lagi berhalangan praktek, jadi kontrol ke dr Ifa Siti Fasihah, katanya dokter ini baik, dan ternyata memang baik, sabar dan sedikit pendiam. Periksanya cuma sebentar, soalnya hampir gak ada keluhan dan perkembangan dede juga udah bagus. Eh iya, pas kemarin itu adik saya lagi ikut seminar guru sama mama di hotel Grand Aquila pas depannya Hermina banget, jadi dia sempet mampir ikutan masuk ke ruang periksa. Syukurlah dokternya gak nyangka dia kakaknya si dede, tapi langsung nanya 'ini tantenya ya?' hehehe *secara gak muncin lah ya pasangan muda kaya kita anaknya udah 9 taun* #pedebanget.

Berat dede sekarang PAS! gak kegedean kaya kemarin. Umurnya udah 31w*d. Wiw..gak kerasa ya, tinggal 9 minggu lagi(itupun kalo nyampe 40w). Tulang punggung sama tulang lehernya nampak udah solid gitu, Alhamdulillah gak ada yang kelilit plasenta seperti yang saya khawatirkan gara-gara si dede gerakannya suka over-lincah gitu.



Summary perkembangan dede sampe saat ini adalah:
BPD (lingkar kepala) 8.33 cm
GA (usia janin) 30w3d - 31w1d
EDD (due date) 10/12 - 15/12
EFW (berat janin) 1536g

Kalo berat ibunya sih naik tipis aja 3gr dari 50.2kg jadi 50.5kg selama dua minggu. Total kenaikan dari awal hamil sebenernya gak gede-gede amat, kalo dikurangi berat dede yang 1.5kg, naiknya baru 7kg. Worth enough soalnya dari BB dasar saya yang kecil, range kenaikannya cuma boleh 8-12kg aja. Ya suka denger sih ibu-ibu lain cerita kalo waktu hamil kenaikan dia bisa sampe 15-20kg, makanya begitu tau saya cuma naik segini doang sering dibilang kurang gizilah, kurang makanlah, which in a way offend me a bit.

Ya mo gimana, basicnya aja udah kecil, masa kenaikannya mo dipukul rata, bisa-bisa kaya karung beras dong gue..gak kuat aktivitas sana sini. Justru saya bersyukur gak perlu mengalami kegendutan drastis selama hamil, pastinya kemudahan kaya gini bikin saya lebih dinamis, gak bermasalah naik-turun tangga 3 lantai di kantor dan kostan, keliling belanja keperluan baby atau grocery shopping sendirian. Thx God meskipun sering sebel karena sampe 5 bulan pun, orang-orang suka gak nyadar saya hamil dan masih membiarkan berdiri gelantungan di kopaja, saya masih kuat berdiri gak pake masang muka melas minta dikasih duduk, naik pesawat antar propinsi, pp bandung-jakarta in periodical time...buat semuanya saya luar biasa bersyukur sama Allah.

Meskipun memang susah ngontrol asupan makanan setiap hari, saya usahain ada penyeimbang gizi entah itu dari buah-buahan atau sumber gizi lainnya, dan yang pasti mendisiplinkan diri. Memang gak ada yang ngawasin ato ngasih tau saya harus gimana, tapi dari situlah saya jadi bisa nge-handle masalah sendiri dengan cari informasi sebanyak-banyaknya. Saya jadi tau kapasitas dan proporsi diri. Orang lain boleh mengukur saya dengan standar pengalaman dirinya, but it's conditionally unwise. Ngeliat perkembangan dede yang sehat dan normal, bikin saya cukup percaya diri sama kehamilan saya. #ehkokjadicurcol
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url