Memilih Dokter Kandungan yang Mana?

Kalau mau cari opini tentang beberapa dokter kandungan di Bandung, testimonialnya bisa lihat di sini. Beberapa dokter yang disebut di situ memang kesohor, karena keseniorannya atau memang kualitasnya yang bagus nanganin kehamilan. 

Entah ya, kalau denger kata obgyn atau dokter kandungan, yang terlintas pasiennya semua ibu-ibu hamil, padahal nggak juga ya...segala hal yang berhubungan dengan obstetri dan ginekologi (sesuai namanya), bisa dikonsultasikan sama dokter kandungan entah itu tentang masalah reproduksi, keputihan, kesuburan atau penyakit kelamin (eh kalo ini apa ke spesialis kulit dan kelamin ya?). 

Okey, mungkin bisa di sum-up kalau dokter kandungan yang dimaksud disini adalah yang oke nanganin kehamilan dan persalinan. 


memilih dokter kandungan
self.com/Getty Images

Buat saya, memilih dokter kandungan tetap ini nggak terlalu menyulitkan. Selain karena dokter juga sifatnya cocok-cocokan, yang sukses sama beberapa orang bukan berarti sukses juga buat saya. Tetep mesti ada sreg di hati.

Syarat khusus ngak ada, saya cuma mau dokter yang informatif dan nggak terlalu menggurui. Secara ini kehamilan pertama, wajar kalo masih pelanga-pelongo, that's why dokter yang mau menjelaskan detail sejelas-jelasnya pasti saya pilih...juga kalau diajak diskusi dia mau mendengarkan even itu keluhan selebay apapun. 

Syarat dari suami cuma bilang asal dokternya cewek, muslim...bukan apa-apa, ini cuma buat kenyamanan aja berhubung saya pake jilbab jadi gak risih kalau 'diliat-liat' sama cewek lagi. Walau banyak yang bilang kalau obgyn bagus banyakan cowok karena lebih sabar dan lebih rasional...sedangkan obgyn cewek biasanya lebih galak karena ngerasa punya pengalaman udah pernah hamil juga jadi kadang suka menganggap remeh suatu keluhan lebay bumil. 

Ya gapapalah, seenggaknya kalo sama dokter cewe gak kagok tiap periksa *masa sih depan dokter masih malu-malu juga*. 

Memilih dokter kandungan di Bandung

Waktu pertama kali tau hamil, saya langsung periksa ke Hermina Pasteur dengan pertimbangan obgyn di sini ada banyak jadi bisa pilih-pilih, tapi ujungnya nggak milih-milih juga, siapa aja yang ada pada saat itu. 

Pertama kali ketemu dengan dr. Tita Husniawati, SpOG, ceritanya begini... kesan pertama agak kurang pas di hati.

Kurang memuaskan sama dokter yang pertama, kontrol selanjutnya ngincer dr. Anna Fachruriah karena denger banyak rekomendasi dari bumil-bumil lain, tapi dr. Anna lagi bertugas ke luar kota, saat itu adanya dr .Tina Dewi Judistiani, SpOG. 

Dr. Tina ini masih muda, dosen FK Unpad juga dan jauuuhhh lebih informatif dan komunikatif dibanding dr. Tita. Baru ngeh seudahnya, kalo dr Tina ini juga dokternya teh Dinni *pantesan berasa familiar pas disebut namanya*. Sebenernya sih udah cukup puas sama dr Tina, tapi tetep mau coba dulu dokter lain mumpung masih bisa ganti-ganti. 

Dr.Anna Fachruriyah, SpOG

Kontrol ketiga, akhirnya berjodoh sama dr. Anna Fachruriyah, SpOG. Bener kata orang-orang, ibu dokter ini udah agak berumur tapi ramahnya luar biasa. Beliau juga humoris jadi kitanya santai, nggak deg-degan. Sayangnya, jadwal praktek dr.Anna nggak matching...sama-sama hari Sabtu, tapi sore-sore setelah dr.Tina. Sedangkan setiap suami pulang, Sabtu pagi ingin cepet-cepet nengok bayi, sementara sorenya bisa dipake jalan-jalan.

Ya udah, masuk bulan ke-empat, nggak ganti-ganti dokter lagi sampe sekarang kita putusin dr.Tina jadi dokter tetap. Insya Allah recommended doctor karena dari beberapa referensi, beliau pro asix, IMD dan encourage buat lahiran normal. 

Dr.Tina Dewi Judistiani, SpOG

Dr.Tina ini sebenernya agak judes sama perawat-perawatnya, terutama kalo perawatnya agak lelet atau telmi gitu dia suka grumpy sendiri...bukan tipe yang banyak senyum gitu. Tapi kalo ke pasien sih enggak, dia tetep baik dan suka ngajak ngobrol kesana kemari sampe waktu kontrol bisa lebih lama dari biasanya. Dr. Tina cuma praktek di Hermina Pasteur doang, even Hermina Arcamanik pun dia nggak praktek, macetnya nggak keburu katanya. 

Ya mungkin karena kesehariannya dia juga ngajar ya, jadi nggak punya banyak waktu buat praktek disana-sini. Oh ya, jackpotnya lagi..dr Tina ngasih hasil USG nya 2 lembar..berasa seneng aja bisa ngumpulin hasil USG dede banyak-banyak, horee!! 

Dr.Widyastuti, SpOG

Obgyn lain yang pernah saya coba itu dr Widyastuti di Kimia Farma dan Melinda Hospital (juga praktek di Hermina). Ini juga recommended doctor dari saya, keliatannya udah pengalaman banget. Walaupun agak cepet sih, tapi dr.Wied ini clear banget ngejelasin apa-apanya. Cuma saya nggak lanjut karena ogah ngantri lama di KF dan ogah bayar mahal di Melinda :p 

Dr. Wied saya dijadiin dokter rujukan buat second opinion jikalau dr.Tina lagi nggak bisa.

Dr. Ridwan, SpOG

Sebenarnya saya juga pernah kontrol sama dokter kandungan cowok. Sempat periksa dan USG 3D sama dr. Ridwan, SpOG di Kemang Medical Care. Recommended banget!

Beliau RUM banget dan luar biasa informatif, juga friendly abis (ngalah-ngalahin para obgyn cewe di atas). Andaikan saya nggak prefer dokter cewek, saya pasti jadiin beliau dokter tetap. Berhubung dia cowok dan prakteknya di Jakarta ya ngga ada alesan juga harus periksa ke dia lagi. Palingan kalau urgent perlu ke obgyn, ya dokter ini jadi tujuan pertama secara tempat praktiknya juga depan kantor  saya persis.

Itu cuman beberapa dokter yang saya coba aja ya, pilihan ada di tangan masing-masing bumil. Happy pregnancy! 
Next Post Previous Post
8 Comments
  • Anonim
    Anonim 4 Januari 2011 pukul 20.54

    hai sis.. makasi loh sharing2nya. skrg aku baru masuk usia awal kehamilan dan lagi nyari2 dokter spog yang oke ni. kebetulan aku juga sama2 di bdg. ehya kalo yang di KF itu di KF sblah mana ya? yang perempatan merdeka bukan?

  • Rella Sha
    Rella Sha 5 Januari 2011 pukul 21.50

    yup, KF yang di perempatan merdeka. have a healthy pregnancy ya! :)

  • Unknown
    Unknown 14 September 2013 pukul 13.51

    senang sekali kalo dr. Tina Dewi Pro terhadap ASI dan pro untuk lahiran Normal. alhamdulillah dong ya ketemu beliau yang direkomendasikan ga langsung sama Customer Service nya ;)

  • Unknown
    Unknown 14 September 2013 pukul 13.54

    waaahhhh senangnya dapat informasi bahwa dr. Tina Pro terhadap ASI dan Pro untuk lahiran NORMAL. itu yang saya cari. terimaksih untuk informasinya.

  • Unknown
    Unknown 18 Oktober 2015 pukul 20.58

    Klo saya sech dl selama dari kontrol kehamilan sampai melahirkan cessar.. Sama Dr. Tita alhamdulillah baik bgt malah dia selalu memperhatikan perkembangan pasiennya.. Dan tidak pernah menakuti2 apa2... Malah bikin saya nyaman.. Dan yg bagusnya lagi pasca operaso cesaar tdk ada kerasa sakit malah jahitanya cepat kering.. Takjubnya baru beberapa hari blm seminggu saya udah bisa aktivitas.. Menurut saya juga Dr. Tita ramah bgt kok :)

  • Unknown
    Unknown 18 Oktober 2015 pukul 21.05

    Klo menurut saya Dr. Tita ramah bgt kok... Dan bagus, selama saya hamil di periksa sama dia care bgt sampai suka sms memberikan ilmunya tentang kehamilan. Bahkan klo kita tanya apa yg kita rasakan selalu memberikan solusi.. Dan tidak pernah nakut2in malah membuat kita jadi rilex... Bagusnya lagi wkt saya si op cessar...pasca operasinya g kerasa sakit sama sekali cmn pegal aja itu pengaruh efect dari obat bius.. Malah jahitanya cpt bgt kering dan blm seminggu saya udah aktivitas kyk org yg g hbs di operasi cessar...

    • Rella Sha
      Rella Sha 16 Desember 2015 pukul 08.16

      iya mbak, syukurlah kalo begitu ya. tiap orang beda-beda pengalamannya.

    • Rella Sha
      Rella Sha 16 Desember 2015 pukul 08.16

      Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Add Comment
comment url