Pages

bacaan ibu-ibu

Ibu hamil wajib membaca. Membaca itu bagian dari mencari tahu. Ingin tahu itu suatu bentuk kepedulian dan rasa sayang sama anak kita. Manusia dititipi amanah mulia berupa seorang anak, salah satu tugasnya dengan mencari tau gimana menjaga amanah itu. Jadi, walaupun segimana malesnya baca, baca soal kehamilan, kelahiran dan baby care itu WAJIB banget!!

Inilah list bacaan saya selama hamil yang cukup rutin dikunjungi:

Internet
http://theurbanmama.com/
Very berry useful source buat mama mama muda yang blanki soal kehamilan, kelahiran dan all baby things. Disini tuh jadi self-posting gitu, setiap membernya bisa posting artikel, tips, resep, product review dan foto sendiri. Tujuannya satu: sharing! dan sharing ini penting banget di jaman informasi serba terbuka kaya begini, supaya kita gak salah-salah kaprah, bisa compare ilmu dan yang pasti baca-baca pengalaman setiap mama dalam membesarkan anak-anaknya patut dibaca buat pengetahuan kita.

Forum disini juga rapiii banget, setiap thread tersusun dalam topik-topik khusus, gak campur-campur, gak ada yang double posting, double thread, atau yang tiba-tiba jualan ditengah-tengah diskusi. Topiknya juga gak cuma tentang ibu, bayi dan anak, tapi juga soal keluarga, financial matters, ada flea marketnya juga. Thumbs up buat mama-mama moderatornya. Oh ya, disini juga banyak banget ketemu mama-mama hebat dari berbagai negara (maksudnya, orang indo yang tinggal di berbagai belahan dunia lain), dari situ kita bisa banyak belajar dari budaya, cerita dan pengalamannya. Sumpah, keren banget ini website!! Twitter: @theurbanmama

http://www.ayahbunda.co.id/
Banyak banget yang bisa dibaca dari sini, terutama artikel-artikelnya. Informasinya juga disajikan menarik, rasional, bahasanya juga ringan dan populer. Kalau mau beli-beli buku terbitan Ayahbunda juga bisa beli online dari sini. Saya sih gak baca dari homepage nya, tapi biasanya googling dulu topik tertentu, dan kalo keluar artikel dari archive dari Ayahbunda ini pasti duluan di klik. Twitter: @Ayahbundaonline


http://www.mommeworld.com 

Nama website ini asalnya iwannabemom.com, nemunya juga emang pas mau merencanakan kehamilan. Website ini diisi sama Dr. Adhiatma Gunawan, SPOG. Artikelnya gaul banget lah, dan cukup lengkap buat newlyweds yang merencanakan kehamilan (pra konsepsi), kehamilan (konsepsi), dan kelahiran. Lucunya, disini juga ada aplikasi ovulation calendar, due date calculator. Twitter: @mommeworld

asiforbaby@yahoogroups.com
Ini satu-satunya daily milis yang saya subscribe, penting banget buat pengetahuan per-ASI-an. Rada-rada berantakan sih, soalnya unmoderated posting dan seringkali ibu-ibu sini males cari arsip milis jadinya double posting atau double thread, yang udah ditanyain ditanya lagi atau pertanyaan printilan yang bisa gugling sendiri tapi karena males, dilempar ke milis. Milis ini diprakarsai sama AIMI, worth to read sih...cuma kudu sabar aja sama banjirnya postingan :D

Berbagai blog ibu-ibu muda
Ini beneran deh, sejak rajin gerilya di internet, rajin pula blogwalking ke blognya ibu-ibu muda yang baru punya anak, yang lagi hamil, ataupun yang punya anak kecil. Really helped by this activity. Kalau dulu pas mo nikah, sebanyak-banyaknya gabung di forum wedding cari temen bride-to-be, sekarang cari temenannya emak-emak dan senangnya temen-temen bride-to-be dulu berlanjut sampe sekarang jadi mom-to-be.

Website-website lainnya, dikunjungi kalau ada topik tertentu yang saya mau tau. (www.infobunda.com, www.infoibu.com, www.mommiesdaily.com)

Majalah
Ayahbunda
Majalahnya buat saya lebih menyenangkan daripada websitenya, soalnya suka ada bonus barang atau majalah Bocil, hehe. Dari majalah beginian pula, suka liat iklan-iklannya, jadi tau produk-produk bayi dan tau ada event mom&baby juga. Kelebihan baca majalah adalah, informasinya bisa di-keep dan dibaca lagi kapan aja, online juga bisa sih, lebih praktis..tapi kelimpungan harus buka komputer dulu. Baca majalah lebih menarik karena gambar jelas dan bisa dibolak-balik sampe sobek :D

Mother&Baby
Majalah ini Indonesian license nya Mother&Baby versi bule yah. Informasinya juga bagus-bagus, beberapa bulan lalu sempet dapet bonus nursing cover (iih lumayaaann) dan tau event Mother&Baby Fair. Saya menolak langganan satu majalah khusus, mending ganti-gantian aja, kalau ada info yang penting, baru beli majalahnya.

Fit Pregnancy
Err..sebenernya gak terlalu sering sih beli majalahnya, tapi kalau baca mah bisa nebeng di Gramed, hehe. Sesuai judulnya juga, majalahnya khusus buat ibu-ibu hamil, soal perawatan kulit selama hamil, prakonsepsi, perkembangan janin, gaya ibu hamil, dsb. Ini juga majalah luar versi Indonesia.

Buku
Hmmm, gak terlalu banyak baca dari buku sih, soalnya suka udah keburu bosen dan tertarik informasi dari sumber lain. Yak, buat saya sih baca various sources bisa lebih berkembang daripada berpegang pada satu sumber.

Satu-satunya buku pegangan dari awal hamil sampe sekarang adalah buku "9 Bulan Yang Menakjubkan" keluaran Ayahbunda. Ini bukan buku karangan siapa berdasarkan ilmu siapa gitu, tapi isinya juga berupa kumpulan informasi tentang kehamilan bulan ke bulan. Setiap kali habis kontrol, cocokin hasilnya sama panduan di buku ini, perkembangan janin dari minggu ke minggu juga dijelasin. Saya cintaaaaa banget sama buku ini, mesen ke sirkulasi Femina mesti nunggu 2 minggu, keliling Gramedia mana-mana gak dapet..akhirnya dapet di Times Bookstore, PV, 100rb.

4 comments:

  1. setujuh mbak..
    yg website theurbanmama emang keren abiss, informatif banget bwt para mommies ^^

    trus kepingin ikutan milis asiforbaby, tapi musti punya akun email di yahoo yah? secara punyanya cuma di gmail doang, hehe...

    ReplyDelete
  2. ohh..enggak kok mbak, aku juga subscribenya pake gmail. caranya sama aja kaya mau subscribe milis yahoogroups, tinggal masukin alamat gmailnya aja.

    enakan pake gmail kok, kalo ada milis yg kepanjangan dan ekornya kepotong, threadnya gak akan putus2 di email kita :)

    ReplyDelete
  3. gimana mbak caranya?
    saya klik join this group koq diarahinnya ke sign in yahoo ya???
    -gaptekdotcom- hehe

    ReplyDelete
  4. err..kok dulu saya bisa ya? dulu tuh tinggal pilih email mana yg mau subscribe hehe.

    dicoba kirim email kosong aja ke asiforbaby-subscribe@yahoogroups.com, nanti kan dibales tuh langkah2nya. good luck ;)

    ReplyDelete

 

Blog Template by BloggerCandy.com